Enaknya Makanan Siap Saji, Tapi Dampaknya?

Saat ini ritme kehidupan menuntut segala sesuatu yang serba cepat. Dengan waktu yang terbatas dan kemajuan ilmu teknologi yang semakin canggih berpengaruh pada pola kehidupan masyarakat sekarang.

JUNK FOOD

Sehingga, penyajian yang cepat saat ini lebih cocok untuk era globalisasi. Makanan siap saji, sepertinya tak pernah lepas dari santapan masyarakat. Hal ini menjadi jalan pintas bagi mereka untuk aktivitas yang padat dan terbatas. Dengan alasan kesibukan, sehingga banyak orang tak mau ribet dalam mempersiapkan makanan.

Makanan Siap Saji Memang Menggoda

Menu makanan siap saji yang saat ini lebih bervariatif dan banyak pilihan rasa. Seperti halnya, mie instan yang hampir semua kalangan menikmatinya. Padahal makanan ini memiliki kandungan zat-zat yang membahayakan kesehatan tubuh dan keadaan zat itulah yang tidak kita sadari keberadaannya. Racikan bumbunya yang menjadi nikmat dan gurih karena mengandung pernyedap rasa ini lah yang menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Era modern ini, memunculkan berbagai variatif menu instan yang tersebar hampir di seluruh tempat. Di kota-kota besar bahkan di perkampungan. Di antaranya menu siap saji yang banyak tersedia di restoran ala barat yang diperkenalkan ke Indonesia. Seperti piza, hot dog, dan lainnya. Selain itu, dari industri pabrik juga lebih banyak menyediakan menu instan dengan berbagai kemasan menarik yang berasal dari plastik, kaleng, kaca, atau lainnya. Produknya pun bermacam, berupa lauk pauk, mie instan, santan, nuget, sosis, dan masih banyak lainnya.

Tak jauh berbeda dari kota-kota besar, di pedesaan juga banyak beredar makanan instan yang berupa jajanan atau pedagang kaki lima. Makanan seperti ini lah yang perlu diwaspadai. Dilihat dari sisi cara pembuatan, alat yang digunakan, tempat untuk mengelola makanan, dan pastinya tak jauh dari polusi udara yang bertebaran. Dengan kata lain, makin banyak makanan cepat saji yang dikonsumsi maka makin sedikit makanan mentahnya.

Bahayanya Makanan Siap Saji

Tentunya, hal ini tak terlepas dari dampak negatif yang berbahaya ini sifatnya jangka panjang bagi orang yang mengonsumsi secara berlebihan. Adanya zat adiktif, pengawet, dan pewarna menjadi pemicu adanya dampak negatif. Di antaranya memicu diabetes, meningkatkan risiko serangan jantung, berat badan, risiko terkena kanker, memicu tekanan darah tinggi, dan masih banyak deretan negatif lainnya. Zat adiktif yang dikonsumsi secara terus menerus mengakibatkan kerusakan hati.

Perbaiki Menu Makanan yang Anda Konsumsi

Begitu lah fenomena makanan siap saji yang sudah meluas di kalangan masyarakat. Padahal, sebenarnya hidup sehat itu gampang dan murah, tak perlu menganggarkan dana yang terlalu besar untuk mencapai hidup yang sehat. Hal itu akan didapat mana kala mampu mengatur pola istirahat yang cukup dan makanan yang alami.

Oleh sebab itu, sebelum hujan, sediakan lah payung sebelum menyesal jika sudah basah terguyur hujan. Mulailah belajar sehat dari sekarang. Hidup sehat sebenarnya bisa diakses oleh siapapun dari berbagai kalangan. Tinggal bagaimana mengatur pola makan dan istirahat yang cukup. Ketersediaan makanan siap saji ini akan memberikan kemudahan pemilihan jenis makanan, kualitas makanan dan praktis. Inilah dampak positif dari adanya makanan siap saji.

Siapapun pasti ingin menyantap lezatnya makanan siap saji yang menggiurkan aroma rasanya, namun hal itu tidak terletak pada orang yang mengalami ketagihan dan mengonsumsi secara terus menerus. Makanan yang terlihat ringan namun berat sekali dampaknya. (gie)

BACA JUGA: 4 Latihan Cegah Kembalinya Lemak dalam Tubuh

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes