foods for beauty

Foods For Beauty, Cantik dengan Makanan Sehat

Kecantikan adalah salah satu hal yang diidamkan setiap wanita. Keinginan untuk tampil cantik di setiap tahapan usia membuat wanita melakukan berbagai usaha agar keinginan tersebut tercapai. Tidak sedikit yang merelakan bersakit-sakit dahulu untuk mencapai tujuan tersebut.

foods for beauty

You are what you eat. Inilah peribahasa yang sering kita dengar. Peribahasa ini berkembang dari kalimat seorang penulis buku asal Prancis (1826) yang dalam bahasa Inggrisnya berarti: Tell me what you eat and I will tell you what you are. Artinya, untuk jadi cantik dan sehat, Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan berkualitas. Makanan sehat tidak hanya berarti harus bergizi tapi juga harus aman dan higienis.

Seiring dengan perkembangan ilmu pangan dan gizi, ternyata kesehatan dan kecantikan dapat dipelihara dengan mengkonsumsi makanan dan zat gizi tertentu. Akhir-akhir ini konsep Foods for Beauty mulai mendapat perhatian yang lebih, menyusul tren healthy food yang mulai merambah pasar makanan sekitar 5 tahun yang lalu.

Berbagai penelitian melaporkan perubahan kualitas kulit, rambut, dan kesehatan secara umum menjadi lebih baik dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat-zat gizi tertentu. Selain itu ternyata 90% penyakit pada manusia disebabkan karena konsumsi makanan yang tidak sehat dan berkualitas buruk. Nah, zat-zat gizi seperti apakah yang dimaksud yang memberikan manfaat kecantikan?

Air

Adalah zat yang tanpa kita sadari ternyata sangat berperan dalam kecantikan kulit. Tubuh manusia mengandung 65-70% air dan merupakan komponen terbanyak pada tubuh manusia. Air membuat kulit lebih halus, lembut dan tidak kering. Selain itu tubuh terhindar dari bahaya dehidrasi. Agar selalu sehat dengan air, minum 8 gelas atau lebih per hari untuk menjaga keindahan kulit.

Tips minum air agar tercukupi kebutuhan harian yaitu 1 gelas di pagi hari, 1 gelas lagi 2 jam kemudian, gelas ketiga pada makan siang, dan seterusnya sampai tercukupi 8 gelas. Teh dan kopi atau minuman lain tidak dimasukkan dalam tips tadi. Selain manfaat buat kulit, air juga bermanfaat untuk mencegah konstipasi, membakar lemak lebih efisien, mengurangi resiko infeksi kandung kemih, mengurangi resiko batu ginjal dan mencegah sakit pada otot setelah berolahraga.

Beta Carotene

Beta carotene adalah salah satu senyawa fitokimia dari kelompok karotenoid. Ciri-ciri bahan makanan yang mengandung banyak senyawa ini yaitu berwarna kuning, orange sampai merah seperti wortel, mangga dan pepaya. Beta carotene melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang merusak dengan cara mencegah kerja enzim perusak kolagen, di mana sinar UV mengaktifkan kerja enzim perusak kolagen yang merupakan komponen utama kulit.

Selain itu, radikal bebas, polutan dan zat kimia lain membawa pengaruh buruk pada kulit. Beta carotene melindungi kulit dari pengaruh buruk bahan-bahan pencemar tersebut dan juga secara aktif memelihara fungsi kulit normal. Sebagai pro-vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata, beta carotene menstabilkan membran sel lensa dan mempertahankan glutation tereduksi dalam lensa sehingga mata menjadi lebih sehat.

Lycopene

Termasuk salah satu jenis karotenoid juga dan banyak terdapat pada tomat. Lycopene pada tomat merupakan salah satu antioksidan terkuat. Lycopene mampu melindungi sel dan bagian lain dalam tubuh dari bahaya akibat sifat reaktif oksigen. Lycopene mempunyai keaktifan 10 kali dibandingkan vitamin E. Selain itu lycopene berfungsi sebagai anti kanker, yang mana lycopene dapat melindungi jaringan tubuh dari pertumbuhan sel kanker termasuk kanker usus, prostat, payudara, endometrial, paru-paru, dan pankreas. Lycopene juga ternyata efektif melawan penuaan dini, membuat kulit lebih muda dan rambut lebih bercahaya.

Vitamin (A, C, dan E)

Sejak zaman dahulu kala, kemampuan vitamin sebagai zat yang vital bagi tubuh sudah terbukti. Vitamin memiliki kemampuan menetralisis radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini, seperti kulit cepat keriput. Vitamin A berperan penting untuk kesehatan mata dan kulit.

Vitamin C berperan menjaga kelembutan kulit, karena terlibat dalam sintesis kolagen. Selain itu, mencegah timbulnya senyawa-senyawa bersifat oksidatif penyebab stres. Konsumsi vitamin C dan asam linoleat dalam jumlah yang cukup dan teratur serta mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana dan lemak jenuh pada wanita umur 40-75 mempunyai hubungan yang kuat dengan kualitas kulit khususnya mencegah kekeringan dan keriput. Vitamin E berfungsi melindungi kulit dari bahaya akibat sinar UV.

Lutein dan Zeaxanthin

Senyawa karotenoid ini dapat ditemukan antara lain di telur, bayam, dan brokoli. Fungsi senyawa ini yaitu memperlambat terjadinya penurunan fungsi mata karena faktor usia, sehingga mata menjadi lebih sehat dan cantik. Senyawa ini dapat mencegah reaksi oksidasi lipid pada membran sel lensa mata sehingga terhindar dari katarak. Lutein dikenal juga sebagai beauty booster.

Asam ferulat

Antioksidan ini dapat menghambat proses melanogenesis. Melanogenesis yaitu proses terbentuknya melanin yang merupakan pigmen warna coklat pada kulit. Terbentuknya melanin pada kulit merupakan salah satu tanda-tanda penuaan. Asam ferulat dapat mencegah proses ini. Asam ferulat bertahan dalam darah lebih lama dibandingkan dengan vitamin C. Selain dari supplemen, asam ferulat dapat diperoleh dari tomat, jagung manis, beras coklat, beras merah, dan bekatul.

Colagen dan Elastin

Colagen dan elastin adalah dua komponen penting pada jaringan kulit. Pemberian secara oral dilaporkan menunjukkan efek sinergis sebagai anti kerut, menstimulasi kulit menjadi lebih kencang, dan meminimalkan garis-garis dan kerutan. Colagen bisa diperoleh dari ikan, ayam, dan talas jepang.

PUFA (Poly Unsaturated Fatty Acid)

PUFA, khususnya Omega-3 dan Omega-6, selalu dihubungkan dengan penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) dan resiko penyakit kardiovaskuler. PUFA dapat melembutkan kulit karena meminimalkan terjadinya kekeringan pada kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV). Manfaat PUFA bagi tubuh yaitu kulit menjadi lebih elastis dengan sedikit kerutan, rambut lebih berkilau, kuku menjadi lebih kuat tidak mudah patah, selain itu dapat mencegah kekeringan pada mata, sakit kepala, asma dan arthritis (radang sendi). Omega 3 baik untuk jantung, otak, mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah ke otak dan seluruh tubuh.

Orang yang diberi diet kurang lemak (khususnya lemak esensial) ternyata akan mengalami kulit kering dan berkerak, rambut rontok dan meningkatkan efek penuaan. Omega 3 berfungsi sebagai penghalang zat-zat berbahaya seperti radikal bebas selain itu bertindak sebagai pintu gerbang masuk keluarnya zat gizi dalam sel. Membran sel berfungsi sebagai penahan air. Semakin kuat penahan ini maka semakin lembab sel tersebut. Dan ini membuat kulit terlihat lebih muda.

EGCG (Epigallo Catechin Gallate)

Salah satu komponen pada teh (green tea) selain epikatekin, epigalokatekin, dan epikatekin galat. EGCG memiliki daya antioksidan terkuat dibanding ketiga jenis senyawa katekin tadi. Sebagai antioksida yang kuat senyawa ini dapat mencegah penuaan dini dan menurunkan kerja aktifitas enzim perusak kolagen. Tiga sampai empat gelas teh hijau sehari dilaporkan memberikan perlindungan dari bahaya kanker dalam berbagai penelitian.

Serat

Serat adalah komponen yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan tubuh yang langsing. Komponen ini bisa bertahan lama dalam saluran pencernaan sehingga menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Serat dalam pencernan menopang hidup bakteri yang baik, sehingga kesehatan pencernaan lebih baik dan penyerapan nutrisi makin bagus dan melindungi mukosa dari infeksi patogen.

Bakteri-bakteri yang baik ini membantu mengurangi toksin dan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menimbulkan proses penuaan. Jumlah serat yang dibutuhkan tergantung pada umur dan jenis kelamin. Pria usia <50 tahun memerlukan 38 g/hari, sedangkan bila >50 tahun membutuhkan serat 30 g /hari. Wanita usia <50 tahun memerlukan 25 g/hari, sedangkan bila >50 tahun membutuhkan serat 21 g/hari.

Itulah beberapa jenis komponen pada makanan yang mampu memelihara kecantikan dan menghambat terjadinya penuaan dini, menghambat kerusakan kulit akibat sinar UV, radikal bebas, polutan, pestisida, dan bahan kimia berbahaya lainnya, menjaga kesehatan mata serta kecantikan rambut. Foods for Beauty memberikan kepuasan sebagai makanan dan menyumbangkan manfaatnya untuk menjaga kecantikan.

BACA JUGA : MENGAPA ANDA PERLU BIJI-BIJIAN SAAT DIET? INI JAWABANNYA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes