Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh Anda

Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh kita adalah vitamin C. Fungsi vitamin C bagi kesehatan telah dikenal luas di seluruh penjuru dunia. Hal ini menjadikan vitamin C sebagai vitamin yang paling sering dikonsumsi saat tubuh terserang penyakit.


Peran Vitamin C Bagi Kesehatan
Menelusuri fungsi vitamin C bagi kesehatan tubuh seakan tidak ada habisnya. Vitamin C dalam tubuh diperlukan untuk sintesis kolagen, komponen struktural penting dari pembuluh darah, tendon, ligamen, dan tulang. Vitamin C juga berperan penting dalam sintesis neurotransmitter, norepinefrin.

Neurotransmiter sangat penting untuk fungsi otak dan diketahui mempengaruhi suasana hati. Selain itu, vitamin C diperlukan untuk sintesis carnitine, sebuah molekul kecil yang sangat penting untuk transportasi lemak untuk konversi menjadi energi.

Fungsi Vitamin C selanjutnya adalah, membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Bahkan dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi.

Dosis Harian Vitamin C
Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin dan usia. Untuk mendapatkan fungsi vitamin C bagi kesehatan, orang dewasa pria setidaknya membutuhkan 90 mg vitamin C/ hari, sedangkan untuk wanita membutuhkan 75 mg/hari. Untuk anak laki-laki usia 14-18 tahun membutuhkan 65 mg vitamin C dan anak perempuan membutuhkan 65 mg vitamin C.

Sumber Makanan Vitamin C
Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan asupan vitamin C dari luar agar fungsi vitamin C dalam tubuh berjalan optimal. Sumber makanan yang mengandung vitamin C antara lain, jeruk, stroberi, tomat, buah kiwi, raspberi, adas, melon, dan masih banyak lagi.

Dampak Kekurangan Vitamin C
Saat tubuh kekurangan vitamin C dan fungsi vitamin C tidak berjalan optimal dalam tubuh, maka tubuh akan mengalami beberapa gejala seperti, radang gusi, kulit kering, mimisan, nyeri sendi, anemia, dan penurunan kemampuan tubuh melawan penyakit.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda selalu mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda agar tubuh senantiasa sehat dan bugar.

BACA JUGA : Transplantasi Paru Berhasil Berkat Vitamin D

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes