Green Tea. What Makes It So Special?

Green tea atau teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang sudah sangat terkenal, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Sejauh ini, konsumsi green tea diyakini mampu memberikan efek menyehatkan bagi tubuh karena kandungan antioksidannya.

Berdasarkan berbagai penelitian klinis yang dilakukan, begitu banyak manfaat green tea bagi kesehatan kita. Manfaat tersebut antara lain mencegah dan mengobati berbagai macam kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes, menjaga kesehatan arteri (pembuluh darah), menurunkan tekanan darah yang tinggi, melindungi paru-paru dari efek buruk rokok, melindungi hati dari efek buruk alkohol, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi stress, menenangkan pikiran, dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam diet, green tea ini juga sangat berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Ekstrak green tea ini akan meningkatkan oksidasi lemak di dalam tubuh, sehingga metabolisme tubuh meningkat dan tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Green tea juga mampu membantu pembakaran lemak melalui kandungan kafeinnya.

Namun, tak cukup sampai di situ manfaat yang diberikan oleh teh yang satu ini. Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan melalui Journal of Agricultural and Food Chemistry, menemukan bahwa Epigallocatechin, salah satu kandungan utama green tea mampu meminimalisir kerapuhan tulang dan osteoporosis. Melalui kandungan zat ini, green tea mampu menaikan aktivitas enzim yang mampu merangsang pertumbuhan tulang hingga 79%. Green tea membantu peningkatan proses pembentukan tulang (osteroblast) dan penurunan pada proses pengapuran tulang (osteoclast).

Dengan begitu banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh green tea, tidak heran kalau banyak orang yang mengkonsumsi green tea ini untuk berdiet sekaligus untuk mendapat manfaatnya bagi kesehatan. Namun bukan berarti dengan konsumsi green tea saja sudah mampu menurunkan berat badan. Baik diet maupun usaha menjaga kesehatan tubuh merupakan suatu proses yang membutuhkan pengaturan pola makan disertai peningkatan aktivitas fisik dan olahraga teratur.

Tim Sportindo
www.sportindo.com

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes