Ini Alternatif Sehat untuk Pengganti Nasi Putih Anda

Ya, jelas bahwa masyarakat Indonesia tak bisa dipisahkan dengan yang namanya nasi putih. Bertahun-tahun nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Pernah mendengar kutipan “Gak kenyang kalau gak makan nasi putih?” Ya, seolah nasi putih telah mendarah daging dalam hal pemenuhan makanan bagi masyarakat Indonesia.

Headline Pengganti Nasi Putih

Namun, ketika mengonsumsi nasi putih tentunya Anda harus membatasinya dan mengimbanginya dengan banyak makanan pendamping lainnya. Misalnya sayuran, lauk pauk, dan buah. Dan semuanya itu harus mengandung sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut demi terpenuhinya protein, vitamin, dan mineral. Namun bagi penderita diabetes, nasi putih termasuk makanan pantangan. Hal ini dikarenakan, kandungan karbohidrat yang tinggi pada nasi putih. Lalu, apa alternatif untuk menggantikan nasi putih? Berikut informasinya untuk Anda!

Quinoa

Ya, mungkin nama ini terdengar cukup asing di telinga Anda. Quinoa adalah sejenis biji-bijian sama halnya dengan beras namun kandungan yang terdapat di dalamnya lebih sehat dibandingkan dengan beras putih. Kandungan protein yang komplit dan riboflavin dapat menangkal radikal bebas, dan asam folat, zinc, serta zat besi.

Beras Cokelat

Beras cokelat atau yang dikenal dengan brown rice termasuk jenis gandum utuh yang memiliki banyak nutrisi dan serat dibandingkan dengan beras putih biasa. Kandungan di dalamnya seperti halnya selenium yang baik bagi kesehatan jantung, dan vitamin B3 yang baik untuk produksi hormone. Beras jenis ini juga memiliki beberapa varian, misalnya seperti beras cokelat panjang, beras cokelat sedang, beras basmati cokelat, serta beras merah. Khusus untuk beras merah, ternyata lebih banyak mengandung zinc dan zat besi.

Barley

Barley juga termasuk jenis gandum utuh yang sehat dan kaya serat, mineral, fosfor, dan tembaga. Serat yang terdapat pada barley lebih banyak dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Bahkan, ketika Anda mengonsumsi barley dengan kulitnya yang masih utuh akan lebih mengandung banyak nutrisi dibandingkan dengan barley yang telah dikupas. Memang, memasak barley lebih banyak memakan waktu, namun sebanding dengan manfaatnya untuk tubuh yang lebih sehat.

Beras Kembang Kol

Berbeda dengan jenis beras lainnya. Jenis beras ini sama sekali tak mengandung benih gandum, bebas gluten, dan memiliki nutrisi yang dapat membantu mencegah kanker, membersihkan racun dari tubuh, mengandung vitamin C, dan mineral lainnya yang bekerja sebagai antioksidian. Bukan hanya itu, beras jenis ini juga mengandung vitamin K yang bekerja sebagai anti radang serta menyehatkan pencernaan, karena kaya akan serat. Cara membuat beras ini adalah dengan menghaluskan kembang kol dengan bantuan food processor.

Nah, hal tersebut adalah pengganti beras putih Anda. Semoga bermanfaat (gie)

BACA JUGA: Kebiasaan Ini Buat Polisi Peroleh Cengkraman Tangan Kuat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes