bugar saat berpuasa

Ini Caranya Agar Tetap Bugar di Bulan Puasa

Tahun lalu, mungkin Anda merasa mengantuk, kurang bergairah dan lemas di jam-jam aktif ketika berpuasa. Tapi puasa tahun ini, jangan sampai hal itu terulang lagi.

bugar saat berpuasa

Kami akan beritahukan kepada Anda strategi terbaik untuk mendistribusikan pasokan nutrisi selama berpuasa. Harapannya, ibadah Anda tidak terganggu, tubuh Anda tetap bugar dan aktivitas seharian jalan terus tanpa kendala berarti.

Perubahan waktu makan yang radikal di bulan puasa secara otomatis menimbulkan pengaruh terhadap proses metabolisme tubuh. Perlu strategi jitu untuk mendistribusikan nutrisi agar Anda tak kehilangan daya ketika pasokan makanan ke dalam tubuh terhenti di rentang waktu imsak hingga waktu berbuka.

Strategi ini meliputi pembagian waktu dan pengaturan pola makan. Kuncinya, ada pada sahur, waktu makan terakhir sebelum Anda menghentikan pasokan nutrisi untuk 13-14 jam ke depan.

Strategi Jitu Saat Sahur

Ketika sahur, sebaiknya tubuh dipasok dengan 40-45 persen dari kebutuhan kalori harian agar Anda bisa beraktivitas seperti biasa. Artinya, jika kebutuhan kalori harian Anda 2.000-3.000 kalori, ketika sahur Anda harus mengonsumsi makanan lengkap yang bernilai 800-1.350 kalori. moncler armoise albizia 2

Dengan bigini, Anda memiliki cadangan energi untuk beraktivitas di jam-jam aktif, yaitu antara jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

Ketika sahur kegiatan makan dapat dilakukan dengan menu lengkap. Tapi usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Karbohidrat sederhana pada makanan-makanan manis terlalu mudah dicerna sehingga Anda akan merasa cepat lapar.

Saat sahur sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang memiliki sumber karbohidrat kompleks. Makanan jenis ini proses pencernaannya butuh waktu lebih lambat. Sehingga rasa kenyang Anda bisa tertahan lebih lama.

Jangan lupakan kehadiran sumber lemak nabati atau hewani dan serat pangan dari sayuran dan buah-buahan di meja makan Anda. Asupan-asupan ini bermanfaat memberikan perasaan kenyang lebih lama.

Selain itu, sayur dan buah juga dibutuhkan tubuh sebagai sumber vitamin, mineral dan antioksidan. Jika dirasa masih kurang, Anda bisa menambahkan suplemen multivitamin dan multimineral.

Naikkan Kadar Glukosa Darah

Mengapa? Selama berpuasa, kadar glukosa dalam darah menurun drastis hingga mencapai batas minimal pada saat berbuka. Makanan atau minuman yang manis, lebih mudah diproses tubuh menjadi glukosa.

Glukosa yang terbentuk ini akan didistribusikan melalui aliran darah ke berbagai jaringan tubuh yang membutuhkan, termasuk otak. moncler jacket acorus 2 Glukosa kemudian dioksidasi menjadi energi yang akan mengembalikan kesegaran tubuh setelah berjam-jam berpuasa.

Dan perlu diingat, saat berbuka puasa hindari melakukan ‘balas dendam’ setelah seharian menahan lapar. Dalam keadaan terlalu kenyang, energi tubuh akan terkuras ke perut untuk mencerna makanan yang masuk. Akibatnya aliran darah ke otak berkurang. Dampaknya, Anda akan mengantuk dan lemas setelah berbuka.

Tak hanya itu, gangguan perut juga bisa Anda alami, karena perut yang semula kosong langsung diisi dengan muatan padat berlebihan.

Jangan Buru-buru Makan Besar

Meski perut Anda sedang lapar dan ingin menyantap semua hidangan berbuka, sebaiknya persiapkan dulu perut Anda sebelum menyantap menu utama berbuka. Itulah sebabnya muncul istilah ‘takjil’, yaitu hidangan pembuka saat berbuka sebelum menyantap hidangan utama.

Fungsinya adalah untuk mempersiapkan perut sebelum melakukan kerja yang lebih berat, yakni mencerna menu makan utama Anda. Seperti halnya olahraga, perut Anda juga butuh pemanasan setelah seharian tidak bekerja. Jika Anda langsung menyantap makanan besar, bisa jadi sistem pencernaan Anda akan ‘kaget’ dan memicu gangguan pencernaan seperti perut kembung, mual dan sebah.

Asupan Pengantar Tidur

Untuk menjaga agar tetap menyala sepanjang malam, nfl jerseys reddit for sale near me api unggun butuh ranting-ranting sebagai bahan bakar tambahan. Demikian pula dengan tubuh Anda. Agar tubuh Anda tetap berenergi, Anda boleh mengonsumsi makanan atau minuman di malam hari.

Tidak perlu makanan yang berat, cukup berbagai camilan sehat seperti, kacang-kacangan, buah-buahan segar, segelas susu protein atau makanan ringan sehat lainnya. Tidak perlu mengonsumsinya seacara berlebihan, karena asupan ini berfungsi sebagai pelengkap saja.

Well, semoga puasa tahun ini Anda lebih bertenaga, lebih nyaman dan menjadi pribadi yang tahan banting. (dan)

BACA JUGA : PUASA HASILKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH BARU

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes