lobster

Ini Dia Fakta Seputar Lobster Yang Perlu Anda Ketahui!

Siapa yang tidak kenal kelezatan jenis makanan laut ini? Setiap orang yang hobi wisata kuliner pasti ingin menjajal makan lobster bukan? Memang benar lobster merupakan salah satu makanan laut yang paling diincar saat ini. Sebelum mencoba memakannya sebaiknya Anda ketahui fakta seputar lobster ini.
Lobster

Kolesterol merupakan zat berlemak yang Anda butuhkan dalam tubuh yang memiliki beberapa fungsi. Hati akan mengatur semua kolesterol yang Anda butuhkan. Kolesterol memiliki beberapa fungsi dalam tubuh Anda seperti membentuk struktur dinding sel, vena, dan arteri, membantu menghasilkan enzim yang diperlukan untuk pencernaan. Kolesterol turut membantu produksi hormon-hormon tertentu. Beberapa makanan yang mengandung kolesterol seperti lobster yang Anda makan di malam hari akan terbuang melalui kotoran Anda, akan tetapi akan ada beberapa kolesterol yang menempel pada dinding arteri.

Kolesterol kebanyakan berasal dari makanan laut, telur, dan susu. Makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian tidak menyediakan kolesterol. Dalam 4 ons lobster rebus dapat memberikan 170 miligram kolesterol. Dan apabila Anda memasaknya dengan mentega, maka bisa dipastikan kandungan kolesterolnya bertambah karena dalam 2 sendok makan mentega cair mengandung lebih dari 60 miligram kolesterol.

Dengan memakan terlalu banyak lobster mungkin meningkatkan low-density lipoprotein (LDL) kolesterol Anda. Kadar LDL yang meningkat ini akan mengeras dan bisa menyumbat arteri. Hal tersebut dapat mengakibatkan penyakit jantung. Menurut Dietary GuideLines For Americans pada tahun 2010, bagi Anda yang sehat dalam sehari sebaiknya membatasi asupan kolesterol kurang dari 300 mg per hari. Dan bagi Anda yang memiliki riwayat jantung batasi asupan kolesterol kurang dari 200 mg per hari.

Solusinya:

Anda tidak perlu khawatir dengan kandungan kolesterol dalam lobster ini. Anda bisa menyiasatinya dengan memakan salad atau lalapan sebelum makan lobster. Serat yang diperoleh dari sayuran ini akan menetap di usus, dan membuat Anda merasa kenyang. Selain itu Anda bisa menambahkan potongan-potangan seledri saat menyantap lobster lezat ini. Serat yang terkandung dalam sayuran ini dapat mengurangi lemak dan kolesterol, serta menjaga kesehatan usus Anda.

Lobster memang secara alami mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Jika Anda termasuk pencinta sea food, boleh-boleh saja memakannya asal jangan mengonsumsinya setiap hari karena kolesterol tinggi akan membahayakan jantung Anda. (mee)

BACA JUGA: Sudah Pakai Pembakar Lemak, Berat Badan Tak Mau Turun?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes