mafaat sarang burung walet

Ini Rahasia Dibalik Mahalnya Sarang Burung Walet

Indonesia memang dikaruniai alamnya yang memesona beserta keanekaragaman flora dan faunanya yang sangat beragam. Namun, kali ini DuniaFitnes.com tidak akan membahas secara keseluruhan kenampakkan alam, baik itu flora dan faunanya. Benar, kali ini DuniaFitnes.com akan sedikit membahas tentang salah satu fauna di Indonesia. Anda tahu Burung Walet? Tentunya Anda pasti tahu, karena pada pagi dan sore hari burung ini sering beterbangan di atas langit di kota Anda.

Swallow Jendela

Jika dilihat, Burung Walet hampir sama dengan kebanyakan burung lainnya. Bahkan, anggota famili Apodiae ini bukanlah burung yang pintar dalam hal berkicau. Namun, mengapa burung ini begitu diistimewakan? Bahkan, namanya tersohor hingga keseluruh penjuru dunia, terutama kawasan Asia dan khususnya China.

Apa yang Menjadikan Burung Walet Istimewa?

Bukan, bukan jenis burungnya yang menjadi incaran banyak orang. Melainkan, justru sarangnya lah yang banyak diburu oleh masyarakat di Indonesia. Sarang walet dipercayai punya banyak khasiat. Seperti halnya menjaga performa tubuh, meningkatkan vitalitas, obat awet muda, memelihara kecantikan, bahkan sebagai penghambat kanker.

Bagaimana Bisa Sebuah Sarang Burung Bisa Menjadi Sumber Nutrisi?

Memang, burung walet begitu istimewa. Berbeda dengan kebanyakan jenis burung lainnya. Air liur dari walet yang berasal dari kelenjar glandula sub lingualis dapat meningkatkan sistem imun Anda. Hal ini dikarenakan, sarang burung walet akan menstimulus kinerja organ tubuh menjadi lebih baik. Bukan hanya itu, menurut penelitian, sarang walet juga mengandung protein mencapai 50 persen yang berbentuk glikoprotein dan hal tersebut merupakan komponen terbesar selain karbohidrat, lemak, dan air. Bahkan, trend yang sedang berkembang saat ini adalah dengan menggunakan sarang walet sebagai food supplement.

sRANG

Istimewanya lagi, sarang walet sumber asam amino yang lengkap. Tercatat sekitar 17 asam amino esensial, semi esensial dan non-esensial yang dimiliki. Salah satunya kini dikembangkan oleh peneliti-peneliti di barat sebagai pelawan stroke dan kanker.

Mineral-mineral sarang walet tak kalah manjurnya untuk mendukung aktivitas tubuh. Ada 6 mineral yang sudah diketahui seperti kalsium, besi, phospor, kalium dan natrium.

Harga Fantastis untuk Ukuran Sarang Burung

Anda jangan salah menyangka, walaupun sarang burung walet nampak seperti sarang burung pada umumnya, namun khasiatnya untuk tubuh Anda begitu besar. Bahkan, di negara tirai bambu, untuk satu mangkok olahan sup sarang walet, dihargai begitu mahal. Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. Bayangkan, untuk harga tertinggi sarang walet dengan kualitas terbaik saja dipatok harga sebesar 6,7 juta rupiah. Sungguh nilai yang fantastis untuk ukuran satu kilogram sarang walet.

Sedapnya Sup Sarang Burung Walet

Karena manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan, sarang burung walet biasa diolah dengan dijadikan sup maupun minuman yang lezat dan bernutrisi tinggi. Namun, musim hujan seperti sekarang membuat sarang burung walet biasa dijadikan sebagai sup yang berguna untuk memelihara kekebalan tubuh Anda. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara mengolahnya.

sUP SARANG WALET

Bahan:
20g Sarang burung Walet kering
10g Scallop kering
300g Jamur enokitake
65g Putih telur, di kocok rata
1 liter Kaldu ayam
8g Kaldu ayam bubuk
10g Tepung tapioka, dilarutkan dengan sedikit air
3g Gula pasir
5g Garam

Cara Mengolah:
Kukus sarang burung walet selama 30 menit. Angkat.
Kukus scallop dan jamur enokitake selama 2 jam secara terpisah. Angkat.
Atur sarang burung, scallop dan jamur dalam panci sup.
Tuangi kaldu cair, lalu bumbui dengan kaldu bubuk, gula dan garam. Aduk rata, didihkan.
Masukkan larutan tapioka, aduk rata, masak hingga mulai mengental.
Tambahkan putih telur kocok, aduk rata hingga berserabut. Angkat.
Tuang sup ke mangkuk, sajikan.

Nah, sambil menunggu hujan reda, sangat cocok untuk menyantap sup sarang burung walet. Perut kenyang, tubuh pun juga mendapatkan banyak asupan nutrisi. (gie)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes