Jauhkan Anda dari Penyakit Kardiovaskuler dengan Vitamin B Kompleks

Apa saja manfaat dari vitamin B kompleks?

Gejala apa yang ditimbulkan jika kekurangan asupan vitamin ini?

Penyakit kardiovaskuler merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa berujung pada kematian, salah satunya adalah penyakit jantung. Nah, menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga teratur dan pola makan yang sehat adalah cara tepat untuk menghindarkan kita dari berbagai penyakit berbahaya.

Selain itu, menjaga asupan vitamin juga dapat membantu tubuh Anda tetap sehat. Setiap vitamin memiliki peranan penting bagi tubuh agar dapat berfungsi secara optimal. Asupan vitamin sendiri bisa didapatkan dari makanan maupun suplementasi. Salah satunya adalah vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks adalah sekelompok vitamin B yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh Anda. 8 Vitamin B tersebut antara lain B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin B kompleks ini memiliki peran penting agar tubuh kita berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Sering Kram Otot atau Bibir Pecah-Pecah Bisa Jadi Anda Sedang Kekurangan Vitamin

Apa Saja yang Termasuk dalam Vitamin B Kompleks?

VitB2

1. Tiamin (B1)
Vitamin ini berfungsi untuk memastikan bahwa tubuh dapat memproduksi sel-sel baru yang sehat. Vitamin B1 juga memiliki sifat anti stres, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin B1 juga memiliki peranan untuk memecah karbohidrat sederhana.

Makanan apa yang menjadi sumber vitamin B1? Yaitu biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, atau kale (kangkung).

2. Riboflavin (B2)
Vitamin B2 dapat membantu mengusir partikel dalam tubuh yang dapat merusak sel. michael kors abbey backpack access review Vitamin ini juga dapat mencegah penuaan dini, hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, vitamin B2 juga sangat penting untuk memproduksi sel darah merah dan hemoglobin untuk memastikan sel tubuh Anda mendapatkan oksigen yang cukup. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin ini juga dapat membantu mengatasi migrain.

Sumber makanan yang mengandung vitamin B2 antara lain kacang almond, nasi, telur, susu, yogurt, bayam, kedelai, atau kecambah.

3. Niacin (B3)
Salah satu fungsi utama dari Niacin adalah membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau High Density Lipoproteins (HDL) dalam darah. Semakin tinggi tingkat HDL, maka semakin rendah kadar kolesterol Anda secara keseluruhan. Tentunya, ini akan dapat mengurangi risiko pada penyakit kardiovaskuler.

Selain itu, beberapa studi juga menyebutkan bahwa vitamin B3 dapat membantu mengatasi masalah kulit, salah satunya seperti jerawat. Makanan yang mengandung vitamin B3 antara lain susu, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan daging merah.

4. Asam Pantotenat (B5)
Vitamin B5 dapat ditemukan hampir di banyak makanan meskipun dalam jumlah yang relatif kecil. Asam pantotenat fungsi utamanya adalah untuk membantu mengubah lemak dan karbohidrat menjadi energi, dan memproduksi hormon pertumbuhan seperti testosteron.

Sejumlah penelitian juga mengatakan bahwa vitamin B5 dapat memiliki efek positif pada kulit Anda, mengurangi tanda-tanda penuaan seperti menyamarkan noda.

5. Pyridoxine (B6)
Vitamin B6 dapat membantu mengatur kadar homosistein (asam amino yang berkaitan dengan jantung). Selain itu, vitamin ini juga membantu tubuh memproduksi hormon seperti serotonin, monster beats amazon australia melatonin, dan norepinefrin, yang merupakan hormon tidur dan stres sehingga dapat mengubah tingkat mood dan energi Anda.

Makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain biji-bijian, nasi, ikan salmon, ikan tuna, dan ayam.

6. Biotin (B7)
Vitamin B7 juga dikenal sebagai vitamin kecantikan. Beberapa manfaat dari vitamin ini memang dapat mempengaruhi penampilan Anda. Terutama penampilan pada kulit, rambut, dan kuku Anda.

Vitamin B7 juga dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami diabetes. Makanan yang mengandung Biotin antara lain daging, ayam, kuning telur, kentang, dan kacang-kacangan.

7. Folat (B9)
Vitamin B9 memiliki beberapa manfaat utama seperti mengurangi risiko penurunan memori, menurunkan tingkat depresi, serta pertumbuhan bayi.

Makanan yang mengandung vitamin B9 antara lain sayuran hijau, asparagus, sayuran akar, susu, gandum, kacang-kacangan, dan ikan salmon.

B9 juga dapat ditemukan dalam bentuk sintetis, asam folat, yang sering ditambahkan dalam makanan seperti sereal, atau juga bisa didapat melalui suplemen.

8. Cobalamin (B12)
Fungsi utama vitamin B12 adalah membantu vitamin B lain agar dapat melakukan ‘tugasnya’. nfl jerseys ranked custom Vitamin ini dapat membantu folat untuk menghasilkan sel darah merah dan hemoglobin.

Vitamin B12 hanya ditemukan pada produk hewani seperti ikan, daging sapi, susu, dan telur. Karena itu, orang yang termasuk vegan dan vegetarian kemungkinan akan kekurangan vitamin ini.

>> Manfaat Lengkap dari Vitamin B Kompleks <<

Gejala Seperti Apa Ketika Kekurangan Vitamin B Kompleks?

VitB3

• Kekurangan vitamin B, terutama vitamin B12 berpotensi menyebabkan anemia (kekurangan seldarah merah). Dan gejalanya antara lain letih dan lelah, sesak napas, sakit kepala, pusing, kulit pucat, nafsu makan berkurang, hingga penurunan berat badan.
• Gejala lainnya akibat kekurangan vitamin B12 adalah lidah terasa sakit, sariawan, parestesia, mudah marah, dan depresi.
• Gejala lebih lanjut pada orang yang anemia akibat kurang folat antara lain mati rasa, otot lemah, dan depresi.
• Kekurangan vitamin B9 dapat ditunjukkan seperti diare, atau pertumbuhan bayi yang tersendat.
• Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan gangguan pada kulit seperti iritasi atau ruam, dan risiko infeksi semakin meningkat.

Kekurangan vitamin, seperti vitamin B1 dan B2 biasanya tidak menunjukkan gejala. Karena itulah, selalu cukupi kebutuhan vitamin Anda baik melalui makanan maupun suplementasi. Tentunya, nfl jerseys reddit for sale near me 2

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes