Kacang Mete; Gurih, Lezat, Kaya Nutrisi

Kacang mete sangat digemari semua kalangan, terutama merekayang gemar nyemil sambil menunggu waktu makan tiba. Kacang mete sangat populer karena rasanya yang lezat dan membuat orang keasyikan saat menyantapnya, selain itu juga mengandung berbagai nutrisi makro dan mikro yang baik bagi tubuh.

manfaat-jambu-mete

Kacang mete dikenal hampir di semua negara topis. Kacang mete merupakan biji tunggal dari buah jambu mete atau biasa disebut juga jambu monyet. Biji tunggal ini dipisahkan dari gelondong buahnya lalu diambil isi dalam bijinya sehingga didapatkanlah kacang mete.

Kacang mete sering diolah menjadi berbagai makanan, tidak jarang pula ditambahkan ke dalam berbagai produk makanan seperti es krim, cokelat batangan, dan aneka kue. Penambahan ini memiliki manfaat baik bagi peningkatan kadar nutrisi produk makanan tersebut.

Kandungan Nutrisi Kacang Mete

Kaya Asam Lemak Esensial
Sebagian orang takut mengonsumsi kacang mete karena kada lemak yang tinggi. Tapi apakah benar lemak kacang mete sejahat itu?

Kadar lemak kacang mete memang tinggi yakni sekitar 46 gr/100 gr. Tetapi 82 persen terdiri dari asam lemak tak jenuh sedangkan sisanya adalah asam lemak jenuh. Jadi, lebih banyak lemak sehatnya daripada lemak jahatnya sehingga kacang mete aman dikonsumsi saat diet.

Jenis asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam kacang mete adalah Omega 3 dan Omega 6. Beberapa penelitian membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh ini berperan penting dalam meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) sehingga sangat baik untuk menekan terjadinya penyakit jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Kaya Protein & Asam Amino
Kacang mete juga mengandung protein yang cukup tinggi. Kadar protein pada kacang mete matang disangrai tanpa garam sekitar 15,3gram/100gram. Kandungan protein ini mencukupi kebutuhan protein harian sekitar 31%.
Asamamino yang ada pada kacang mete adalah leusin, valin, arginin, asam aspartat,asam glutamat, dan serin
Asam glutamat dan asamaspartat sangat berkontribusi penting terhadap timbulnya rasa gurih. Itulah yang antara lain menyebabkan mengapa kacang mete terasa gurih, walau tidak diberi bumbu apa pun.

Kaya Vitamin
Mengandung banyak vitamin seperti vitamin K, E, C, vitamin B6, riasin, riboflavin, folat, dan asam pantotenat. Kandungan multivitamin ini berfungsi mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Kaya Mineral
Kadar mineral yang terkandung adalah kalsum, besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, tembaga, mangandan selenium. Mineral-mineral ini termasuk yang dibutuhkan dan mudah diserap oleh tubuh.

Manfaat Kacang Mete
Dengan berbagai kandungan nutrisi yang lengkap, tak heran bila kacang mete memiliki banyak manfaat kesehatan. Antara lain:

  • Meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat
  • Sumber protein alternatif bagi Anda yang vegetarian dan intoleransi laktosa
  • Sangat cocok sebagai makanan pemulih tenaga dan stamina usai latihan karena mengandung karbohidrat dan vitamin B6
  • Kaya akan asam amino seperti; valin, leusin, senin, glutamat, aspartat, dan arginin. Arginin berperan penting sebagai asam amino yang menunjang pemebntukan NO (Nittic Oxide) dalam darah. NO membuat otot terlihat pump usai latihan.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terutama bagi penderita lupus, rematik, dan asma.

 

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes