manfaat kafein sebagai stimulan

Kafein, Stimulan Alami Paling Dicari di Dunia

Tahukah Anda stimulan alami nomor wahid yang paling disukai semua kalangan? Dialah kafein! Nutrisi ini sangat akrab di kalangan para bodybuilder, atlet, dan pecinta olahraga, karena kemampuannya dalam meningkatkan kewaspadaan, energi, fokus yang lebih tajam, hingga membakar lemak.

manfaat kafein sebagai stimulan

Saat ini, 90 persen masyarakat Amerika Utara secara rutin mengasup kafein (dari kopi) sebagai stimulan psikoaktif untuk membantu aktivitas mereka sehari-hari. Dan setidaknya 70 persen penduduk dunia pun melakukan hal yang sama.

Terlepas dari Anda mengasup kafein atau tidak, berikut ini pandangan para ilmuwan mengapa kafein bisa menjadi stimulan alami paling populer di dunia, terutama dalam bidang kesehatan dan olahraga.

Dari Mana Kafein Berasal?

Secara alami, kafein merupakan insektisida ampuh yang dihasilkan tanaman untuk membunuh hama perusak. Kafein telah dikonsumsi sejak masa awal sejarah manusia, termasuk legenda China kuno di masa Kaisar Shennong pada 3000 SM. Ia mempopulerkan teh setelah melihat daun teh terjatuh ke dalam wadah air mendidih yang berubah warna dan menjadi harum.

Bahkan salah satu filosofi China yang ditulis Lao-Tzu menyebutkan bahwa teh adalah obat mujarab kehidupan,  meski pada jaman itu mereka belum mengetahui kandungan kafein yang terdapat dalam teh.

Sedangkan kopi memiliki sejarah yang berbeda. Tanaman ini sudah dikenal pada abad ke-9. Pada awalnya tanaman ini hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia di dataran tinggi.

Ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya dan menemukan kopi di wilayah ini, mereka menggunakannya minuman ini sebagai ‘minuman begadang’ agar mata mereka tetap terjaga karena sebagian besar bangsa Arab kerap berdoa di malam hari.

Biji kopi pun meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Bagaimana Kafein Meningkatkan Performa Latihan?

Kafein bekerja pada sistem saraf pusat dengan mempromosikan rangsangan saraf tulang belakang dan perekrutan serat otot, sekaligus mengurangi penyebab kelelahan dan nyeri otot. Proses ini memiliki dampak positif terhadap peningkatan kinerja fisik dalam segala bidang olahraga, dan juga menunda kelelahan mental.

Berikut beberapa manfaat utama kafein dalam bidang olahraga:

  • Meningkatkan kekuatan atlet lari hingga 6,5 persen
  • Meningkatkan kekuatan angkatan atlet angkat besi hingga 9,5 persen
  • Mengurangi kelelahan saat berolahraga hingga 7 persen

Efek Samping Penggunaan Kafein

Mengasup terlalu banyak kafein dapat mengakibatkan kegelisahan, dehidrasi, gangguan pada lambung dan gangguan tidur. Pada kondisi tertentu minuman berkafein dapat mengakibatkan kecanduan.

Sumber Kafein

Berikut ini adalah sumber kafein dari bahan alami yang bisa Anda konsumsi dalam batas yang sehat.

Kopi
Kandungan kafein dalam secangkir kopi mencapai 125 – 128 miligram. Kopi adalah penghasil kafein terbesar di antara minuman lainnya. Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic, kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migrain ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat.

Teh
Sedangkan kandungan kafein dalam secangkir teh hanya sekitar 55 miligram. Penelitian menunjukkan mengonsumsi teh dalam jumlah yang tepat dapat membantu melawan kanker, penyakit kardiovaskular, dan membantu menurunkan berat badan.

Cokelat
Kafein ditemukan secara alami dalam biji kakao, sehingga coklat apapun memiliki kandungan kafein. Permen cokelat umumnya mengandung kafein kurang dari 10 miligram, tetapi semakin gelap cokelat, semakin tinggi kandungan kafeinnya.

Produk cokelat diperkaya dengan kafein tambahan yang memiliki kandungan kafein sampai 60 miligram, hampir sama dengan kafein dalam secangkir teh.

Kuaci
Kuaci dari biji bunga matahari mengandung folat, vitamin B6, dan vitamin E. Tapi satu porsi kuaci mengandung 100 miligram kafein, kurang lebih sama dengan empat kaleng minuman bersoda.

Waktu Tepat Konsumsi Kafein

Kalau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak ada waktu khusus yang dianjurkan. Akan tetapi jika Anda menggunakannya sebagai pembangkit stamina saat berolahraga, asuplah kafein 60-90 menit sebelum berolahraga. (dan)

Kopi Diet di Duniafitnes Store –> Java Prime Coffee

BACA JUGA : BAKAR LEMAK HINGGA KE AKARNYA DENGAN PEMBAKAR LEMAK REVOLUSIONER

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes