Koktail Labu Siam

Resep sehat berikut dapat menjadi salah satu ide membuat menu segar untuk berbuka puasa. Sedikit tentang labu siam.
Koktail-labu-siam
Labu siam (Sechium edule) atau dikenal juga dengan sebutan chayote atau pear squash adalah tanaman berbuah yang berasal dari Meksiko. Selain di Meksiko, tanaman ini banyak ditanam di Brazil dan Kostarika. Buah labu siam yang berbentuk mirip buah pir ini umumnya dikonsumsi setelah dimasak terlebih dahulu.

Setelah dimasak buah ini memiliki tekstur yang renyah. Labu siam mentah yang memiliki tekstur yang lebih keras sering juga ditambahkan pada salad atau salsa dengan direndam terlebih dalam air perasan lemon atau jeruk nipis. Selain bagian buahnya, akar, batang, biji dan daun labu siam pun dapat dikonsumsi.

Labu siam memiliki citarasa yang ringan, sehingga dalam penyajiannya sering dikombinasi dengan beberapa jenis bahan makanan dan bumbu untuk meningkatkan citarasanya. Labu siam dapat direbus, dibuat mashed (puree), dipanggang, digoreng, dibuat pikel atau sebagai bahan isian.

Dari nilai gizinya, labu siam memiliki nilai kalori dan sodium yang rendah. Dalam 100 g labu siam mengandung hanya 19 kkal dan 2 mg sodium. Labu siam juga merupakan sumber yang baik dari serat pangan, vitamin C, vitami K, folat, seng, tembaga, mangan, niasin, vitamin B6, asam pantotenat, magnesium dan kalium.

Mungkin kita sudah sering merasakan gurihnya labu siam sebagai sayuran. Nah, kali ini kita dapat mencoba segarnya labu siam sebagai campuran koktail.

Untuk 10 porsi

Bahan
700 g labu siam (cetak menggunakan sendok cetak berbentuk bulat)
140 g buah kaleng yang sudah dipisahkan airnya.
1000 ml air matang
200 g gula pasir
1 sdt asam sitrat
1 sdm kapur sirih

Cara membuat

1. Kupas labu siam. Cetak bulat menggunakan sendok cetak. Jika anda tidak memiliki cetakan bulat untuk koktail, anda dapat memotong labu siam berbentuk dadu.
2. Bagian buah yang tidak tercetak bulat dapat dipotong-potong untuk digunakan sebagai bahan sayur.
3. Cuci dan rendam labu siam berbentuk bulat didalam 1 L air kapur sirih (1 L air + 1 sdm kapur sirih), selama kurang lebih 2,5-3 jam. Kemudian bilas dan tiriskan.
4. Rebus 1000 ml air, gula dan asam sitrat. Masukkan buah labu siam. Masak hingga matang.
5. Angkat. Diamkan dan dinginkan suhu ruang.
6. Tambahkan buah koktail kalengan. Aduk rata. Sajikan atau simpan terlebih dulu dalam lemari es.

Nilai gizi per porsi

Kalori: 92,6 kkal
Lemak: 0 g
Karbohidrat: 23,4 g
Serat: 1,3 g
Protein: 0,6 g

Tips dan saran

1. Anda dapat menambahkan jenis buah yang lain sebagai campuran koktail.
2. Jika anda tidak memiliki asam sitrat maka dapat digantikan dengan perasan air jeruk nipis.

BACA JUGA : BAKED CHICKEN FILLET WITH YOGURT SAUCE

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes