Kurma

Kurma, Rasa Lezat Punya Banyak Manfaat

Buah yang satu ini banyak Anda temukan di supermarket maupun pasar tradisional saat bulan puasa seperti ini. Buah kurma yang mempunyai rasa sangat manis ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi tubuh Anda.
Kurma

Buah kurma yang mempunyai nama latin phoenix dactylifera diyakini berasal dari daerah di tepi sungai Nil dan sungai Efrat. Kurma sekarang dibudidayakan secara luas di daerah yang beriklim hangat di semua benua dan juga mempunyai banyak varietas untuk dikonsumsi.

Dengan rasa yang lezat, kurma adalah salah satu buah yang penuh dengan nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, kurma juga rendah akan lemak, bebas kolesterol dan kaya akan serat.

Kurma juga mengandung antioksidan seperti seperti B-karoten, lutein, dan zea-xanthin. Antioksidan tersebut memiliki kemampuan untuk mempertahankan sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas.

Karena penuh dengan nutrisi penting yang baik untuk tubuh, secara otomatis kurma mempunyai manfaat yang baik juga ketika Anda konsumsi. Anda bisa mengonsumsi Kurma saat bulan puasa seperti ini terutama saat berbuka puasa.

Kurma sangat dianjurkan sebagai menu berbuka puasa karena kurma merupakan buah yang paling kaya akan kandungan glukosa alami. Dengan sangat cepat, glukosa dalam kurma yang disantap saat berbuka akan berubah menjadi fruktosa, lalu langsung diserap melalui sistem pencernaan dan siap diubah menjadi energi.

Selain sangat bermanfaat ketika dikonsumsi saat berbuka puasa, kurma juga mempunyai manfaat yang lain bagi kesehatan. Berikut manfaat-manfaat mengonsumsi kurma bagi tubuh Anda.

Cocok dikonsumsi saat diet

Kurma mengandung kalori seperti karbohidrat dan protein, sehingga ketika dikonsumsi, kurma dapat mencegah rasa lapar lebih lama. Kurma aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, karena kurma rendah lemak dan bebas kolesterol. Namun untuk memilih kurma sebagai makanan pendamping untuk diet Anda, pilihlah buah kurma yang tidak berbau dan mengandung gula berlebih. Anda bisa melihat dari warna kulitnya yang mengkristal.

Melancarkan pencernaan

Kurma mengandung serat makanan larut yang bertindak untuk membantu pencernaan dan merangsang buang air besar. Oleh karena itu, kurma direkomendasikan bagi orang-orang yang mempunyai masalah gangguan pencernaan seperti sembelit , mual dan wasir.

Untuk mencegah kanker

Buah kurma mengandung anthocyanin, yang bertindak sebagai antioksidan kuat dan anti kanker atau anti tumor. Selain itu, kurma bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan bermanfaat bagi semua kelompok umur. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kurma dengan jumlah banyak setiap hari, terutama pada perut kosong, dapat mengurangi resiko terserang kanker. Sebuah studi yang dilakukan oleh The Adventist Health Study Research Team dari Loma Linda University California, menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi kurma hanya mempunyai 0,4 persen risiko terkena kanker pankreas dibandingkan dengan yang jarang ataupun tidak mengonsumsi sama sekali.

Menjaga kesehatan sistem saraf

Kurma mempunyai kandungan kalium yang penting untuk sistem saraf. Kalium dalam kurma adalah elemen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung serta tingkat tekanan darah, sehingga dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung koroner. Selain itu, sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa risiko stroke berkurang 9 persen bila mengonsumsi 100 miligram magnesium per hari. Dalam 100 gram kurma terdapat 54 gram magnesium, jadi mengonsumsi 200 gram kurma per hari dapat menurunkan risiko stroke sebesar 9 persen.

Anda sudah mengetahui banyak manfaat buah kurma bagi kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi kurma apalagi saat bulan puasa ketika banyak kurma dijual di pasaran.

Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih kurma. Anda bisa memilih kurma yang baik melalui warnanya yang agak berwarna merah tua dan kuning, hati-hati dengan warna kurma yang sudah menjadi hitam dan coklat karena sudah difragmentasi ataupu diberi zat perwarna. Selanjutnnya, pilih kurma yang kulit luarnya nampak masih bagus karena bila kulit luarnya sudah tidak bagus atau rusak dapat mempengaruhi rasa dari kurma tersebut.

Selamat berpuasa, tetap sehat dan semoga bermanfaat.(pin)

Baca Juga: Tempeh & Tomato Oatmeal Porridge

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes