L-Citrulline: Jarang Terdengar Gaungnya, Otot Makin Besar Dibuatnya

L-Citrulline, nutrisi yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. L-Citrulline merupakan salah satu dari asam amino yang dihasilkan tubuh selain L-Arginine and L-Ornithine.

L-Citrulline-Jarang-Terdengar-Gaungnya-Otot-Makin-Besar-Dibuatnya

Asam amino adalah bahan penyusun protein. Seperti kita ketahui bahwa protein adalah bahan baku pembentuk otot. Jadi untuk membangun massa otot asam amino mutlak dibutuhkan.

Fungsi utama citrulline adalah menghilangkan limbah beracun (amonia) yang berada di hati (liver). Limbah yang dihasilkan dari proses oksidasi tersebut akan dikeluarkan dari hati diteruskan melalui saluran pembuangan dan dikeluarkan dari tubuh baik berupa cairan atau gas.

Citrulline juga dketahui berfungsi membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi. Bahkan asam amino ini kerap dimasukkan ke dalam suplemen peningkat massa otot yang diperlukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, produksi energi dan massa otot secara signifikan.

L-Citrulline juga dibutuhkan dalam mendukung kinerja asam amino lainnya yaitu, Arginine. Arginine membantu meningkatkan sintesa protein dalam tubuh sehingga meningkatkan pertumbuhan otot. Metabolisme Arginine juga akan menghasilkan nitric oxide (NO) untuk menjaga pembuluh darah tetap rileks dan membesar (vasodilatasi), sehingga pasokan oksigen dan nutrisi bagi otot memadai dan hasil latihan Anda pun meningkat.

Sumber L-Citrulline dari Makanan

Tubuh memproduksi L-Citrulline dalam jumlah terbatas. Dan jumlah ini akan menurun seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu jika Anda bertujuan membangun massa otot, alangkah baiknya jika Anda tetap mencukupi kebutuhan L-Citrulline tubuh baik dari makanan ataupun suplementasi.

Sumber makanan yang kaya akan L-Citrulline antara lain; semangka, yang banyak mengandung L-Citrulline terutama di bagian kulitnya. Labu, melon, dan ketimun juga merupakan sumber L-Citrulline yang baik bagi tubuh Anda.

Selain sumber makanan nabati, L-Citrulline juga bisa didapatkan dari makanan hewani seperti ikan, daging, putih telur, dan susu.

Jika Anda kesulitan mendapatkan makanan tersebut, maka mengonsumsi suplemen dengan kandungan L-Citrulline merupakan langkah yang praktis dan tidak merepotkan.

Manfaat L-Citrulline bagi Kesehatan

L-Citrulline sering diresepkan untuk pasien yang terlalu sering buang air kecil. Penyumbatan arteri pada pasien sakit jantung juga bisa dikurangi dengan asam amino ini, karena fungsinya yang mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah kembali lancar.

Ekstrak kulit semangka yang kaya akan kandungan Citrulline juga diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita stroke dan hipertensi.

Studi yang dilakukan di University of Pittsburg pada 2006 meneliti kelompok usia 50-60 tahun yang diketahui menderita pra-gejala tekanan darah tinggi. Mereka diminta mengonsumsi ekstrak semangka selama lebih kurang 40 hari.

Hasilnya, terjadi peningkatan aliran darah di arteri sehingga membantu mengurangi tekanan darah pada aorta.
Peneliti juga melaporkan bahwa suplementasi citrulline dapat membantu mengurangi sensitivitas tubuh terhadap suhu dingin dengan melancarkan aliran darah menuju permukaan kulit, sehingga permukaan kulit menjadi lebih hangat.

Bagi Anda yang gemar latihan beban, suplementasi citrulline juga patut menjadi sumber nutrisi yang perlu diperhitungkan karena dapat meningkatkan kinerja aerobik, meningkatkan ukuran sel otot, dan mengurangi produksi asam laktat penyebab kelelahan otot.

Efek Samping Citrulline

Sejauh ini tidak ada laporan mengenai efek samping dari penggunaan suplementasi citrulline sesuai petunjuk penggunaan.
Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan suplemen ini. (dan)

BACA JUGA : ALA, Optimalkan Hasil Latihan hingga Cegah Risiko Penyakit

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes