Lebih Bertenaga dengan Tambahan Lemak dalam Protein Shake Anda

Mengonsumsi protein shake kerap dilakukan fitnes mania, mungkin termasuk Anda, baik sebelum, saat, maupun setelah latihan. Lalu apa protein saja yang dibutuhkan otot? Bagaimana dengan lemak?

Ya, lemak lebih sering identikan sebagai sesuatu yang dapat memberi dampak negatif pada tubuh. Misalnya, dapat menambah berat badan secara signifikan meskipun tidak selalu demikian pada kenyatannya.

Lemak merupakan satu diantara tiga makronutrisi yang dibutuhkan tubuh selain karbohidrat dan protein. Makronutrisi sendiri adalah nutrisi yang memberikan energi bagi tubuh dan diperlukan oleh tubuh. Jadi , peran lemak masih sangat penting bagi pertumbuhan otot maupun program penurunan berat badan yang Anda lakukan.

#Tambahan Lemak dalam Protein Shake Anda

ProteinHL

Protein sendiri adalah makanan utama bagi otot Anda. Ketika otot di rusak saat latihan, praktis otot memerlukan nutrisi untuk membentuk sekaligus meningkatkan massa dan kekuatan otot. Karena itu, apabila Anda berniat melakukan program pembentukan otot maupun menurunkan berat badan, maka konsumsi protein adalah wajib hukumnya.

Dalam mengonsumsi protein ini bisa dalam bentuk shake. Protein shake sendiri bertujuan untuk memberikan protein (asam amino) pada otot Anda atau yang dikenal dengan istilah Muscle Protein Synthesis (MPS) untuk membangun kembali sel otot yang rusak karena latihan.

>> Kapan Saat yang Tepat untuk Minum Protein Shake? <<

Lalu apakah sudah cukup hanya dengan protein? Bagaimana jika ditambahkan dengan nutrisi penting lain seperti lemak? Berikut beberapa alasan sederhana mengapa Anda harus mempertimbangkan penambahan lemak baik dalam protein shake Anda.

1. Menjadi Tambahan Energi Anda

Protein3

Semua fitnes mania, termasuk Anda, mungkin sudah mengetahui bahwa makronutrisi karbohidrat dapat menjadikan Anda lebih berenergi. Memang benar, karbohidrat (dan juga protein dalam jumlah tertentu) dapat meningkatkan energi.

Sementara itu, lemak yang baik tidak menyebabkan peningkatan insulin secara drastis serta dapat mengontrol respon insulin terhadap karbohidrat dan protein sehingga dapat menjaga tubuh Anda tetap berenergi. Lemak yang baik akan memberikan tubuh Anda pasokan energi yang cukup baik saat latihan maupun aktivitas harian Anda.

2. Melancarkan Produksi Hormon Pertumbuhan Anda

HindariHL

Dan hormon yang paling penting untuk membantu pembentukan massa otot adalah hormon testosteron. Mengonsumsi lemak akan dapat membantu meningkatkan produksi hormon testosteron Anda.

So, tambahan lemak dalam protein shake akan membuat keseimbangan hormon tubuh Anda tetap terjaga.

Baca Juga: Sumber ‘Lemak Baik’ untuk Bentuk Tubuh Lebih Baik

3. Dapat Menyehatkan Usus Anda

Satu hal lagi yang sangat baik dengan menambahkan lemak pada protein shake Anda adalah karena lemak baik mengandung asam yang disebut butirat.

Butirat ini memiliki sifat yang dapat menyembuhkan lapisan dalam usus Anda. Tentu, lapisan usus yang baik akan sangat membantu proses penyerapan nutrisi dan dapat mengurangi peradangan usus.

4. Lemak untuk Membakar Lemak

sit up untuk sixpack

Jika Anda ingin membakar timbunan lemak berlebih dalam tubuh, maka sebaiknya jangan selalu menghindari lemak. Ya, lemak kerap diidentikan dengan nutrisi yang dapat membuat gemuk atau berat badan bertambah. Yang perlu diingat adalah, lemak juga merupakan salah satu makronutrisi.

Dengan mengonsumsi lemak yang baik yang dapat Anda tambahkan dalam protein shake, maka akan membantu pasokan energi tubuh Anda tetap terjaga sehingga membuat tubuh Anda lebih mudah untuk membakar lemak atau olahraga.

Baca Juga: 6 Sumber Lemak yang Bantu Turunkan Berat Badan

5. Meningkatkan Performa Anda

Protein6

Selain dapat memasok dan menambah energi, konsumsi lemak dalam protein shake Anda juga dapat mental Anda. Ini karena pasokan energi dari lemak dapat merangsang keton di hati yang selanjutnya dapat merangsang otak.

Dengan menambahkan lemak pada protein shake Anda akan dapat membuat cara berpikir Anda lebih jernih dan tajam. Sehingga sangat baik pula untuk latihan Anda karena dapat meningkatkan fokus Anda.

6. Menjaga Kesehatan Hati Anda

Lemak hati dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, salah satunya adalah diabetes. Namun dengan mengonsumsi lemak baik akan dapat membuat hati Anda melepaskan lemak dan mencegah sindrom lemak hati. Sekali lagi, ini adalah salah satu manfaat besar bagi kesehatan tubuh Anda yang diberikan oleh lemak.

Menambahkan lemak dalam protein shake Anda memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh Anda seperti meningkatkan energi, fokus, dan lebih sehat. So, jangan takut untuk konsumsi lemak!

BACA JUGA: Penuhi Nutrisi Wajib Ini Agar Tubuh Tidak Loyo Saat Latihan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes