Low Fat Fudge Brownies

Low Fat Fudge Brownies

Resep masak sehat kali ini yaitu mengenai low fat fudge brownies. Tentunya berdasarkan namanya memang kandungan lemak dalam satu potong brownies ini cukup rendah.

Low Fat Fudge Brownies

Sebelum kita membuatnya, yuk kita tinjau sedikit mengenai coklat yang merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan brownies.

Coklat (chocolate) diolah dari biji buah kakao (Theobroma cacao). Tanaman ini meskipun telah dibudidayakan di berbagai lokasi, akan tetapi selama 3 milenium telah dibudidayakan di Meksiko dan Amerika Tengah.

Kata chocolate itu sendiri berasal dari bahasa Nahuatl yang merupakan bahasa bangsa Aztec, chocolati yang diturunkan dari kata xocolati, xococ memiliki arti asam atau pahit sedangkan atl berarti air atau minuman. Selain itu, bukti awal tentang coklat berasal dari Mokaya (Meksiko) dengan ditemukannya minuman coklat yang bertanggal 1900 SM.

Biji kakao merupakan salah satu sumber yang melimpah dari antioksidan flavanol. Kelompok antioksidan ini mengandung sejumah senyawa alkaloid seperti theobromine, phenethylamine, dan kafein. Ketiga senyawa alkaloid ini memiliki pengaruh fisiologi terhadap tubuh manusia dan dihubungkan dengan produksi serotonin pada otak manusia.

Beberapa hasil penelitian menemukan bahwa coklat (terutama kandungan theobromine-nya) yang dikonsumsi dalam jumlah tertentu (moderate) dapat menurunkan tekanan darah.

Theobromine adalah senyawa alkaloid yang banyak ditemukan pada kakao dan coklat. Bubuk coklat mengandung theobromine yang bervariasi dari 2-10%. Kandungan theobromine lebih tinggi kandungannya pada dark chocolate dibandingkan dengan milk chocolate. Tabel berikut memperlihatkan kandungan theobromine dalam beberapa produk kakao dan coklat.

Tabel 1. Kandungan theobromine pada beberapa produk kakao dan coklat.

Produk Rata-rata kandungan theobromine
Kakao 20,3 mg/g
Sereal coklat 0,695 mg/g
Produk coklat bakery 1,47 mg/g
Topping coklat 1,95 mg/g
Minuman coklat 2,66 mg/g
Es krim coklat 0,621 mg/g
Susu coklat 0,226 mg/g
Puding coklat 74,8 mg/sajian

Sumber: Craig, Winston J.; Nguyen, Thuy T. (1984). “Caffeine and theobromine levels in cocoa and carob products”. Journal of Food Science 49 (1): 302–303. doi:10.1111/j.1365-2621.1984.tb13737.x

Meskipun bermanfaat bagi manusia, akan tetapi theobromine merupakan racun terhadap hewan terutama anjing dan kucing. Pada hewan-hewan ini, throbromine dicerna lebih lambat sehingga menimbulkan efek racun. Contohnya anjing yang berukuran kecil akan mengalami keracunan thebromine jika mengkonsumsi sebanyak 50 g coklat biasa.

Sedangkan anjing yang berukuran rata-rata dapat mengalami keracunan jika mengkonsumsi coklat biasa sebanyak 400 g. Perlu diperhatikan bahwa kandungan theobromine pada dark chocolate adalah 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan pada coklat susu, sehingga dark chocolate jauh lebih beracun dibandingkan dengan coklat susu (milk chocolate).

Efek racun yang sama juga diaporkan terjadi pada kucing. Komplikasi yang terjadi termasuk gangguan pada pencernaan, dehidrasi, excitability (mudah terangsang), dan detak jantung melemah. Komplikasi lebih lanjut dapat berupa gejala seperti serangan epilepsi dan kematian. Keracunan theobromine dapat diatasi jika diketahui lebih awal. Meskipun tidak biasa, efek keracunan theobromine dapat menjadi fatal.

Nah, jadi tahu kan mengapa kucing atau anjing sebaiknya jangan diberi makan coklat atau produk coklat yang mengandung theobromine. Yuk, sekarang kita membuat low fat fudge brownies dan tentunya sebaiknya jangan dibagi dengan anjing atau kucing anda.

Untuk 12 potong

Bahan
100 g coklat masak (pilih dark chocolate)
100 g pisang (haluskan)
3 butir putih telur
100 g gula palem
1 sdt garam
50 g tepung terigu protein rendah
15 g oatmeal untuk topping
Buah cherry untuk topping

Cara membuat:

  1. Cairkan coklat masak dengan cara di-tim. Sisihkan dan dinginkan suhu ruang.
  2. Campur rata putih telur, pisang, gula palem, garam dan coklat masak menggunakan mixer kecepatan tinggi sekitar 3 menit.
  3. Masukkan terigu dan kocok dengan mixer kecepatan rendah sampai tercampur rata.
  4. Tuang adonan dalam cetakan brownies berukuran 22 cm.
  5. Taburi bagian atas adonan dengan oatmeal dan potongan buah cherry.
  6. Panggang pada suhu 180oC sekitar 30 menit.
  7. Angkat. Potong dan sajikan.

Nilai gizi per potong

Lemak: 4,5 g
Karbohidrat: 14,8 g
Serat: 1,8 g
Protein: 2,8 g

Tips dan saran

  1. Anda dapat menggantikan buah cherry dengan buah yang lain seperti potongan buah nangka, kismis atau buah kering lainnya.
  2. Anda dapat bereksperimen menggantikan buah pisang dengan pepaya untuk mendapatkan citarasa yang berbeda.
  3. Jenis oatmeal yang dapat anda gunakans sebagai topping yaitu oatmeal instan, quick cooking oatmeal, atau rolled oat.

BACA JUGA : BABY CORN SAUTE WITH SHIITAKE PICKLES

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes