masalah pencernaan

Makanan Ini Bantu Anda Atasi Masalah Pencernaan

Sering kali ketika kita dihadapkan dengan makanan-makanan lezat, maka siapapun tidak akan bisa menolaknya. Itulah sebabnya, dengan sigap Anda segera melancarkan aksi untuk melahap semuanya tanpa terkecuali. Bukan hanya diet Anda yang gagal, melainkan Anda pun juga akan mengalami gangguan pencernaan akibat makan dengan tergesa-gesa. Jika Anda merasa telah mengonsumsi makanan secara berlebihan, cobalah beberapa makanan yang dapat menenangkan perut Anda dan membuat pencernaan Anda lebih mudah mencernanya. Apa saja itu?

Headline makanan

Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah untuk dicerna dan tidak akan memaksa perut Anda bekerja terlalu keras, walaupun Anda telah melahap makanan dengan porsi yang banyak. Secara khusus, kalium yang terkandung di dalam pisang dapat membantu pencernaan agar dapat berjalan dengan lancar. Pisang juga kaya dengan serat larut yang dapat membantu Anda mengatasi diare.

Jeruk

Gangguan pencernaan memang terkadang disebabkan oleh kurangnya keasaman lambung. Itulah mengapa asam alami pada jeruk dapat memperbaikinya. Jika Anda minum jus jeruk, maka hal tersebut dapat menenangkan perut Anda dari rasa nyeri ataupun sakit lainnya. Meminum jus jeruk pada saat sebelum atau setelah makan yang dibarengi dengan karbohidrat dapat mengakibatkan lebih banyak gas dan semakin membuat perut Anda tak nyaman.

Menambahkan Sedikit Bumbu

Meskipun Anda tak begitu menyukai hidangan dengan rasa dan aroma yang kuat, namun menambahkan sedikit rempah-rempah ke piring Anda justru akan membantu menenangkan perut Anda. Misalnya, seperti jintan yang telah terbukti untuk merangsang hati agar mengeluarkan lebih banyak empedu, yang membantu tubuh agar dapat mencerna dengan lebih baik lagi.

Jangan Menghindari Garam

Garam menyebabkan perut Anda menyerap air. Sehingga hal tersebut akan memperlancar proses pencernaan Anda. Bahkan fungsi garam untuk menenangkan perut telah kita kenal sejak lama. Itulah mengapa ketika kita sedang diare kita dianjurkan untuk menggunakan oralit sebagai obat yang paling manjur.

Makan Nasi Putih

Plihlah untuk mengonsumsi nasi putih yang mempunyai rasa hambar dan rendah serat. Sehingga, perut Anda tak harus bekerja keras untuk mencernanya. Makanan sejenis yang sama, misalnya seperti roti bakar dan kentang rebus akan membantu menenangkan perut Anda yang sensitif sekaligus membantu Anda untuk mengatasi diare.

Minum Teh Peppermint

Inilah mengapa ibu Anda selalu memberikan kepada Anda teh ketika Anda mengeluhkan sakit pada perut Anda. Dengan menyeruput secangkir teh peppermint dapat membantu Anda untuk mengatasi kembung, kram perut, dan mual.

Nah, sudah tau ‘kan apa saja makanan yang berguna untuk menenangkan perut Anda. Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Diantara Set, Berapa Waktu Ideal Untuk Berhenti Beristirahat?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes