Makanan Kaya Potasium

Potasium - Pisang

Semua orang perlu banyak potasium dalam makanannya. Potasium atau kalium merupakan salah satu mineral yang paling penting bagi kesehatan dan efisiensi tubuh kita. Hal ini penting untuk fungsi neuron di otak dan saraf Anda, dan juga diperlukan untuk aktivitas lain dan kontraksi otot. Untuk alasan ini, makan makanan kaya potasium menjadi sangat penting bagi para atlet dan orang-orang yang melakukan banyak pekerjaan fisik sehari-hari.

Menurut peneliti dari Itali, makan banyak makanan kaya kalium seperti sayuran hijau, kentang dan pisang dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan stroke. Makanan kaya kalium lainnya termasuk kedelai, aprikot, pepaya, melon, mangga, labu, tomat, alpukat, wortel, bayam, yogurt tanpa lemak, jus prune, kacang kering, kacang polong, salmon, tuna dan masih banyak lagi.

Dari hasil sebuah studi yang dilakukan terhadap hampir 44.000 orang dewasa, dengan mengonsumsi 9 saji makanan kaya potasium setiap hari selama setahun, memiliki resiko menderita stroke 38% lebih kecil dibanding dengan yang hanya mengonsumsi 4 saji. Potasium berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga menurunkan resiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan stroke. Beberapa hasil studi juga menunjukkan, mendapatkan angka gizi yang cukup secara teratur untuk potasium dapat menurunkan resiko batu ginjal sampai separuhnya.

Berdasarkan studi 2004, penduduk Amerika mengkonsumsi potasium hanya setengah dari porsi seharusnya untuk menjaga tubuh mereka tetap beroperasi pada kapasitas penuh. Kurangnya asupan makanan yang kaya kalium dapat menyebabkan banyak masalah seperti kelelahan, kram dan bahkan masalah kecil pada jantung. Gangguan yang terjadi apabila kekurangan kalium dikenal sebagai hipokalemia, hal ini akan menjadi masalah karena membawa banyak efek samping berbahaya. Dan jika kadar potasium Anda drop maka stroke dan penyakit jantung juga mungkin terjadi. Jadi berhati-hatilah. Perhatikan kebiasaan makan harian Anda dan lihat apakah Anda mendapatkan cukup potasium dalam diet Anda.

Vegetable Green

Makanan yang kaya akan potasium :

  • Kentang, 1 buah mengandung sekitar 900mg potassium. Sebaiknya dikonsumsi dengan cara dimasak dengan kulitnya
  • Prune, ½ cup mengandung sekitar 630 mg potassium
  • Kismis, ½ cup mengandung sekitar 600 mg potassium
  • Jus jeruk, 1 gelas sedang (180ml) – 450 mg potassium
  • Bayam, ½ cup matang – 420 mg potassium
  • Tomat, 1 buah – 290 mg potassium
  • Pisang, 1 buah – 420 mg potassium
  • Biji bunga matahari, 1 ons – 241 mg potassium
  • Almond, 1 ons – 200 mg potassium

Porsi di atas untuk memenuhi angka kecukupan gizi 4.700 mg potassium. Mencegah lebih murah dan mudah dari pada mengobati. Cegah resiko penyakit jantung dan stroke sejak dini dengan mengonsumsi makanan kaya akan potassium.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes