makanan untuk otot

Makanan yang Didambakan Otot Anda

Membentuk otot tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Ada 3 kunci penting yang harus Anda jalankan, yaitu latihan cukup, nutrisi cukup dan istirahat cukup.

makanan untuk otot

Nah, kali ini kita akan membahas makanan bernutrisi apa yang sangat diinginkan otot Anda agar ia mau berkembang.

Dada Ayam

Sejatinya semua jenis daging memiliki kadar protein yang tinggi, namun kelebihan daging ayam adalah; ia mudah didapat dan harganya cukup bersahabat. 100 gram dada ayam dapat memberi kontribusi protein sebanyak 26-30 gram untuk Anda.

Berapa gram protein yang dibutuhkan untuk membentuk otot? Masing-masing individu memiliki kebutuhan berbeda. Kondisi tersebut dapat dilihat dari berbagai faktor seperti, usia, jenis kelamin, berat badan dan aktivitas fisik setiap hari, sehingga tidak ada patokan khusus untuk menentukan kadar asupan protein seseorang.

Namun satu hal, untuk membentuk otot diperlukan protein dengan kadar asam amino yang tinggi. Ibarat rumah, protein itu adalah keseluruhan bangunan, dan asam amino adalah batu bata yang menyusun bangunan tersebut.

Di antara dua pilihan , protein hewani atau nabati, protein hewani memiliki kadar asam amino paling tinggi, dan salah satunya ada pada dada ayam. Mengapa harus di bagian dada? Karena di bagian inilah sumber protein terbanyak dengan sedikit lemak. Lemak pada ayam banyak terdapat pada bagian sayap, paha dan punggung.

Ikan

Terbukti ampuh membentuk otot, plus melindungi otak dan jantung dari berbagai penyakit. Jika orang tua sejak kecil menasehati kita agar lebih banyak makan ikan, itu ada benarnya. Sebab ikan dikenal sebagai makanan untuk power yang sehat dengan kadar Omega 3 yang baik untuk otak dan jantung.

Beberapa jenis ikan memang harganya lebih mahal dari sumber protein lainnya. Namun untuk mengakalinya, Anda bisa membelinya secara potongan, dan cukup dikonsumsi 2-3 kali seminggu. Ikan dengan kadar protein yang tinggi adalah ikan tuna dan salmon.

Tiap 100 gram ikan tuna mengandung 24 gram protein sedangkan salmon mengandung 20 gram protein per 100 gram.
Hewan laut lain yang memiliki kadar protein tinggi adalah, lobster, ikan haddock, mullet dan saithe. Namun hati-hati ketika makan ikan, sebaiknya jangan ambil lapisan dalam perutnya, karena di bagian tersebut lemak ikan berkumpul. Terutama pada ikan air tawar seperti bandeng.

Telur

Selain mengandung protein yang tinggi (3 gram protein dalam 1 butir telur, terutama di bagian putih telurnya), telur juga mengandung vitamin B-12 yang diperlukan tubuh untuk menghancurkan lemak.

Antara telur ayam kampung dan telur ayam negeri, keduanya sama-sama sumber protein yang baik. Hanya saja telur ayam negeri bagian putihnya lebih besar, sedangkan telur ayam kampung bagian kuningnya lebih banyak. Anda bisa memilih sesuai dengan selera.

Tahu dan Tempe

100 gram tahu atau tempe mengandung 8 gram protein. Ini sumber protein nabati yang cocok dikonsumsi bagi Anda yang tidak mengonsumsi daging alias vegetarian. Bicara tentang tahu berati kita bicara tentang kedelai. Kelebihan kedelai dari sumber protein hewani adalah, kandungan zat gizi lain seperti vitamin dan mineral penting yang bersifat antioksidan, yang mampu melindungi tubuh dari serang penyakit.

Tahu dan tempe juga mengandung kalsium yang tinggi yang diperlukan untuk mempertahankan kepadatan tulang dan membantu kontraksi otot saat latihan.

Kacang-Kacangan

Satu lagi sumber makanan nabati yang baik dikonsumsi bagi vegetarian, yaitu kacang-kacangan. Makanan ini efekteif untuk mengurangi napsu makan (membuat perut kenyang lebih lama). Selain kandungan protein yang baik untuk membangun otot, telur juga mengandung lemak sehat, vitamin E, asam folat, serat, magnesium dan fosfor. Semua nutrisi penting tersebut dapat membantu menjaga kesehatan fungsi organ tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Silakan tentukan sendiri, sumber protein manakah pilhan Anda? (dan)

BACA JUGA : MENGAPA ANDA PERLU BIJI-BIJIAN SAAT DIET? INI JAWABANNYA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes