Meal Plan For A Bigger Chest

Meal Plan For A Bigger Chest

Latihan otot dada seperti benchpress, push up, dan latihan lain yang Anda lakukan tidak akan memberikan hasil maksimal jika tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang tepat.

Meal Plan For A Bigger Chest

Peran nutrisi sama pentingnya dengan latihan yang Anda lakukan. Kedua faktor ini harus berjalan beriringan jika Anda ingin mendapatkan massa otot yang lebih besar, terutama untuk otot membentuk dada Anda. Tanpa nutrisi yang tepat, besar kemungkinan latihan Anda akan sia-sia.

Untuk merangsang pertumbuhan otot dada, Anda akan membutuhkan lebih banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein dan lemak. Tak hanya itu, menentukan kapan waktu yang tepat mengasup nutrisi tersebut juga menjadi faktor penting untuk perkembangan otot Anda, seperti yang pernah kita bahas dalam artikel “Nutrition Timing for Cardio Exercise”.

Feed Your Muscle

Pertama yang perlu Anda ketahui jika ingin membentuk otot dada adalah, Anda harus makan lebih sering, yakni 5-6 kali per hari. Ini diperlukan agar metabolisme tubuh Anda tetap terjaga dan tidak sampai kelaparan.

Namun bukan berarti Anda boleh makan sembarangan. Meski kebutuhan nutrisi seperti karbohidrat juga turut meningkat, konsumsi karbohidrat dari makanan-makanan olahan tetap tidak dianjurkan. Pilihlah sumber karbohidrat kompleks dari makanan sehat seperti beras merah, oatmeal atau bubur gandum. Selain baik untuk mengendalikan gula darah, makanan tersebut dapat memberi Anda energi berkala saat latihan.

Jika tubuh Anda tidak mendapatkan asupan karbohidrat dalam jumlah cukup, maka energi Anda akan cepat terkuras, dan tidak mendapatkan hasil maksimal dari latihan. Makanlah 1-2 jam sebelum latihan dengan makanan yang mengandung karbohidrat untuk mengisi ‘bahan bakar’ tubuh Anda selama  latihan.

Selain karbohidrat, tubuh Anda juga membutuhkan nutrisi lain untuk otot Anda, yaitu protein.  Protein adalah makanan yang dibutuhkan otot Anda untuk berkembang. Asuplah protein sebesar 1 gram per kilogram berat badan Anda. Kebutuhan protein setiap orang berbeda  tergantung dari usia dan tingkat aktivitas seseorang.

Anda bisa mendapatkan protein dari makanan Anda sehari-hari seperti dada ayam, daging bebas lemak atau putih telur. Bagi Anda yang vegetarian, kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan olahannya juga bisa mencukupi kebutuhan protein Anda, meski kadar proteinnya tidak sebesar sumber protein hewani.

Berikut contoh menu makan yang bisa Anda terapkan di hari latihan untuk menunjang pembentukan otot dada Anda.

Sarapan

3 putih telur

2 iris roti gandum

1 sdm selai kacang

1 cup stroberi/anggur

Snack

1 buah pisang

1 cup yoghurt

3 sdm selai kacang

Makan Siang

Nasi merah

1 Dada Ayam /  tuna panggang

1 cup sayuran segar

1 gelas jus buah segar

Pre workout (sebelum latihan)

Whey Protein Shake

2 iris roti gandum

1 sdm selai kacang

Post Workout Meal (sesudah latihan)

Whey Protein Shake

2 buah pisang

1 cup anggur

Makan Malam

Dada ayam panggang

1 cup kacang panjang rebus

1 gelas jus buah segar

Jalankan menu makan tersebut di hari latihan untuk membantu membentuk otot dada impian Anda dalam waktu yang lebih singkat. (dan)

BACA JUGA : Membentuk Otot Dada dengan Latihan Dips

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes