meningkatkan kesehatan jantung

Meningkatkan Kesehatan Jantung dengan Makanan Ini

Olahraga rutin, menjaga pola makan, dan gaya hidup yang sehat adalah syarat utama untuk meningkatkan kesehatan jantung. Termasuk dengan makanan ini.

Benar sekali. Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, maka secara otomatis juga dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Tidak hanya jantung, melainkan juga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Gaya hidup sehat tersebut antara lain dengan rutin melakukan olahraga minimal 150 menit dalam seminggu, menjaga pola makan dengan kaya nutrisi dan seimbang, serta mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Dalam artikel kali ini akan dijelaskan salah satu makanan yang terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.
Namun sebelum itu, alangkah baiknya untuk mengenali beberapa faktor risiko yang menyebabkan jantung Anda bermasalah.

Faktor Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

meningkatkan kesehatan jantung

Sebelum mengetahui makanan apa yang terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda, tidak ada salahnya jika Anda terlebih dahulu mengetahui faktor risiko penyakit jantung.

1. Hipertensi

Risiko penyakit jantung dan pembuluh darah meningkat sejalan dengan peningkatan tekanan darah.

Hal ini seperti yang dipaparkan dalam hasil penelitian Framingham Heart Study di Amerika Serikat menunjukkan bahwa orang yang memiliki tekanan darah sistolik 130-139 mmhg atau diastolik 85-89 mmhg memiliki risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah 2 kali lipat dibandingkan orang yang memiliki tekanan darah 120/80 mmhg.

Hipertensi merupakan penyebab tersering penyakit jantung koroner dan stroke, serta faktor utama dalam gagal jantung kongestif. Tentunya inilah yang menjadi ‘pembunuh’ paling berbahaya di dunia.

2. Merokok

meningkatkan kesehatan jantung

Sudah umum diketahui bahwa aktivitas yang satu ini benar-benar MERUGIKAN kesehatan Anda, baik yang perokok aktif maupun pasif (menghirup asap rokok).

Zat-zat kimia beracun seperti nikotin dan karbon monoksida yang dihisap dari sebatang rokok akan masuk ke dalam aliran darah dan merusak lapisan dalam (endotel) pembuluh darah arteri, mengakibatkan terjadinya arteroskelorosis dan tekanan darah tinggi.

Risiko penyakit jantung koroner pada perokok 2-4 kali lebih besar daripada yang bukan perokok.

3. Penyakit Diabetes

Diabetes Melitus adalah kumpulan gejala akibat peningkatan kadar gula darah (glukosa) akibat kekurangan hormon insulin.

Berdasarkan hasil penelitian Framingham Heart Study, satu dari dua orang penderita DM akan mengalami kerusakan pembuluh darah dan peningkatan risiko serangan jantung.

4. Metabolisme Lemak yang Kurang Normal (Dislipidemia)

Risiko penyakit jantung dan pembuluh darah akan meningkat seiring dengan meningkatnya kadar lemak dalam darah.

Untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, maka nilai kolesterol total harus dibawah 190 mg/dl.

5. Obesitas

meningkatkan kesehatan jantung

Kegemukan (obesitas) didefinisikan sebagai peningkatan berat badan lebih dari 20 persen dari berat badan normal atau dari indeks masa tubuh (IMT).

IMT adalah suatu angka yang didapat dari hasil pengukuran berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter kuadrat. Berat badan dikatakan normal apabila IMT berada pada rentang 18,5 -22,9 Kg/m2, overweight apabila IMT 23-24,9 Kg/m2, dan obesitas apabila IMT ≥ 25 Kg/m2.

6. Kurang Aktifitas Fisik

Seseorang yang mempunyai kebiasaan kurang gerak mempunyai risiko mengalami gangguan penyakit jantung koroner lebih besar dibanding yang mempunyai pola hidup aktif.

Kurang gerak akan menurunkan kapasitas fisik seseorang, denyut nadi istirahat cenderung meningkat, serta isi sekuncup jantung menurun. Kondisi ini dapat menyebabkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh menurun yang memberikan efek seseorang merasa lelah atau tidak bugar.

Bagi Anda yang bekerja dengan lebih banyak duduk, sebaiknya selalu bergerak atau jalan-jalan sebentar setiap satu jam sekali. Tentu saja hal ini untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

7. Pola Makan

meningkatkan kesehatan jantung

Pada saat ini, perubahan pola makan menjurus ke makanan siap saji yang telah lama disebut sebagai makanan yang kurang baik bagi kesehatan. Kenapa? Hal ini karena makanan cepat saji tidak seimbang mengandung kalori tinggi namun rendah serat pangan.

Jenis makanan ini membawa konsekuensi terhadap perubahan status gizi lebih (kelebihan berat badan) yang memicu berkembangnya penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan pembuluh darah khususnya penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Makanan Yang Digoreng Tingkatkan Risiko Gagal Jantung

8. Stres

Stres tidak hanya membawa dampak yang kurang baik pada mental Anda, melainkan stres juga dapat merugikan kesehatan jantung Anda. Tak percaya?

Stres akan memicu tubuh untuk melepaskan adrenalin yang menimbulkan dampak pada peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang terpapar stres secara konstan dan dalam waktu yang panjang berisiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah.

Rutin Konsumsi Biji Rami untuk Bantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

meningkatkan kesehatan jantung

Biji rami disebut sebagai salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Tentunya, ini sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Berikut beberapa alasan mengapa biji rami sangat baik untuk kesehatan Anda:

1. Menjaga Tekanan Darah

Apabila Anda ingin menjaga tekanan darah Anda tetap normal, biji rami mungkin bisa jadi pilihan tepat.

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa peningkatan konsumsi biji rami, terutama dalam jangka waktu empat bulan atau lebih, dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap normal.

Hal ini disinyalir karena adanya kombinasi dari bahan-bahan yang ada dalam biji rami seperti lemak sehat, serat makanan, dan juga lignan – kelompok unik dari phytochemical.

Anda akan cenderung merasa lebih sehat dengan mengonsumsi biji rami (bukan minyak biji rami) karena mengandung lebih banyak lignan dan serat.

2. Sebagai Anti-Inflamasi Pasca Latihan

meningkatkan kesehatan jantung

Keseimbangan yang tepat dari asam lemak omega 6 dan omega 3 dalam tubuh, akan dapat membantu mendukung respon inflamasi yang sehat.

Orang-orang barat biasanya mengonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak asam omega 6. Karena itu, omega 3 harus lebih ditingkatkan lagi.

Biji rami ditemukan dalam rasio 1-4 dari Omega 6 dengan Omega 3, yang dapat membantu percepat proses pemulihan.
Menambahkan Omega 3 sangat disarankan untuk dikonsumsi dengan program fitnes Anda.

3. Membantu Memangkas Lemak Tubuh

Rata-rata, asupan serat harian di Amerika untuk pria dan wanita adalah masing-masing 18 dan 15 gram. Sementara asupan yang dianjurkan adalah 38 gram untuk pria dan 25 gram untuk wanita.

Serat memiliki efek yakni membuat Anda merasa kenyang dan membantu mengatur kadar gula darah tetap sehat. Hal ini adalah dua variabel penting untuk menjaga kadar lemak tubuh Anda.

Solusi praktis untuk menambah asupan serat harian adalah dengan mengonsumsi lebih banyak biji rami.

Setiap sendok biji rami mengandung serat 2 gram. Bahkan, hampir semua karbohidrat dalam biji rami adalah dari serat.

Tentu saja, dengan menambahkan biji rami dalam diet Anda akan dapat membantu mengontrol berat badan Anda.

>> 3 Alasan Kenapa Whey Protein Penting untuk Turunkan Berat Badan <<

4. Menjaga Kesehatan Usus Anda

Untuk membantu menjaga kesehatan usus Anda, makanlah lebih banyak biji rami.

Menambahkan biji rami dalam diet Anda ternyata berperan cukup penting untuk mendukung kesehatan usus Anda.
Studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menjelaskan bahwa suplementasi biji rami setelah enam minggu dapat menyebabkan bakteri baik.

Bakteri baik ini akan lebih banyak ketika Anda mengonsumsi serat dari biji rami sebagai tenaga tubuh.

5. Baik untuk Jantung Anda

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan olahraga secara rutin adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Namun, dengan menambahkan biji rami dalam diet harian Anda adalah alternatif yang mudah untuk menambah jantung Anda menjadi lebih sehat.

Konsumsi harian biji rami sangat disarankan karena membantu menurunkan kadar kolesterol dengan menjaga tekanan darah. Kombinasi dari serat dan lignan yang ada dalam biji rami menawarkan kesehatan jantung yang lebih baik.

Makanan Lain untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

meningkatkan kesehatan jantung

Apakah Anda kesulitan untuk mendapatkan biji rami?

Tidak usah khawatir, masih banyak makanan-makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Yang pasti, sebaiknya makanan-makanan tersebut mengandung tinggi serat karena dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Tentunya dengan penurunan kadar kolesterol jahat dalam darah akan membantu tubu Anda terhindar dari risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Berikut beberapa makanan yang membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan yang merupakan sumber lemak sehat.

Menurut penelitian yang dilakukan Pennsylvania State University, makan satu buah alpukat per-hari dapat menurunkan kolesterol jahat dan tentu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler seperti jantung.

Sama seperti ikan berminyak, minyak zaitun, dan kacang-kacangan, alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Para peneliti percaya bahwa konsumsi alpukat memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti diet Mediterania.

2. Kayu Manis

meningkatkan kesehatan jantung

Efek stimulan dari kayu manis telah dilaporkan dalam beberapa buku kesehatan. Kayu manis terbukti membantu dalam pengurangan kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Hal ini juga membantu untuk meningkatkan resistensi insulin, sehingga sangat bermanfaat dalam manajemen penyakit diabetes.

Salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat terbaik dari rempah jenis ini, tambahkan kayu manis dalam teh hangat Anda.

3. Anggur

Ini bukan minuman, tapi makanan atau buah.

Ya, buah anggur ternyata juga memiliki efek yang baik bagi kesehatan jantung Anda.

Penelitian yang dilakukan departemen ilmu gizi University of Connecticut menyebutkan bahwa konsumsi anggur mengakibatkan penurunan signifikan pada tekanan darah, meningkatkan aliran darah (vasodilatasi yang lebih besar), dan penurunan senyawa yang terkait dengan peradangan.

Hal ini semakin mendukung bukti yang sudah terkumpul bahwa anggur secara positif bisa mempengaruhi kesehatan jantung.

4. Belimbing

meningkatkan kesehatan jantung

Dalam 100 gr buah belimbing terdapat kandungan nutrisi seperti; karbohidrat 6,73 g, Gula 3.98 g, serat 2,8 g, Protein 1,04 g, Asam pantotenat (B5) 0,39 mg (8%), Folat (Vit. B9) 12 mg (3%), Vitamin C 34,4 mg (57%), Fosfor 12 mg (2%), Kalium 133 mg (3%), Seng 12 mg (1%).

Dengan nutrisi yang kaya tersebut, konsumsi buah belimbing yang cukup akan membantu Anda untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya, termasuk penyakit jantung karena belimbing mengandung serat yang tinggi.

Tentu, masih ada beberapa makanan lagi yang memiliki tujuan untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Bagaimana dengan Suplementasi Omega 3 untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung?

meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa orang menyebut bahwa suplementasi omega 3 turut membantu menjaga kesehatan jantung.

BENAR karena omega 3 mengandung asam lemak esensial EPA dan DHA yang telah terbukti dapat menurunkan trigliserida, meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan menurunkan tekanan darah.

Omega 3 sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung. Ini dikarenakan omega 3 dapat membuat organ arterial menjadi lebih elastis. Manfaat ini juga diberikan suplemen seperti Omega 3 dari Ultimate Nutrition.

Suplementasi omega 3 yang sesuai dosis akan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda keseluruhan karena lemak sehat juga dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kinerja kognitif, hingga membantu menurunkan risiko kanker usus dan prostat.

BANTU MENJAGA KESEHATAN JANTUNG ANDA

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
  • Mengurangi Kolesterol Jahat
  • Meningkatkan Fungsi Otak
  • Menurunkan Risiko Stroke

Perhatian! Jika Anda adalah orang yang benar-benar ingin meningkatkan kesehatan jantung, ini adalah produk yang tepat untuk Anda. BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes