Merasa Cepat Lelah? Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini!

Daya tahan tubuh yang melemah dapat menyebabkan tubuh Anda merasa cepat lelah dan letih, terlebih di saat musim hujan seperti sekarang.

Memasuki musim penghujan, kondisi tubuh sangat rentan dengan berbagai penyakit karena daya tahan tubuh yang menurun. Tiga langkah mudah untuk menjaga agar daya tahan tubuh Anda tetap terjaga adalah dengan olahraga rutin, menjaga pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup.

Menjaga pola makan sehat adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi agar tubuh Anda tetap bugar dan fit. Selain itu, Anda juga harus menghindari beberapa makanan yang dapat membuat Anda merasa cepat lelah dalam menjalani aktivitas. 5 makanan dan minuman berikut sebaiknya Anda hindari agar Anda tidak merasa mudah lelah sepanjang hari.

1. Makanan Cepat Saji, Sangat Gurih Tapi…

Lelah2

Lantaran hujan yang tak kunjung reda, Anda memilih untuk memesan makanan (delivery order) dari restoran cepat saji. Namun, beberapa penelitian menyebut bahwa makanan cepat saji memiliki sejumlah manfaat yang kurang baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara terus menerus.

Makanan cepat saji juga dapat menjadi salah satu penyebab utama rasa lelah yang Anda alami. Selain gizi yang kurang, makanan cepat saji tidak memberikan energi bagi tubuh Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Makanan cepat saji atau olahan mengandung banyak gula, moncler jacket acorus 2 tepung, dan garam. Meski rasanya gurih, namun bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang. Seperti sembelit dan juga bertambahnya berat badan. Tentu hal ini akan dapat membuat Anda merasa lebih lamban dan lesu.

Baca Juga: Bagaimana Memilih Makanan Cepat Saji untuk Diet Lebih Sehat

2. Makanan yang Mengandung Lemak Tinggi

Lelah3

Makan gorengan mungkin sudah menjadi hobi bagi Anda untuk menemani hari-hari Anda. Terlebih pada musim hujan seperti sekarang, ngemil gorengan adalah salah satu cara ampuh mengatasi kebosanan. Meskipun Anda tahu bahwa makanan gorengan yang berlemak bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Salah satunya adalah bisa menyebabkan berat badan melar.

Karena gorengan mengandung lemak yang tinggi, tubuh kita akan berjuang untuk menghancurkan makanan tersebut. Ini karena lemak mengandung kalori paling tinggi yaitu 9 kalori, dibanding makronutrien lainnya (karbohidrat dan protein masing-masing 4 kalori per gram). Akibatnya, lebih banyak energi tubuh kita digunakan untuk mencerna makanan tersebut sehingga energi dapat terkuras.

Cara terbaiknya adalah dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak yang tinggi serta pilih makanan yang mengandung lemak sehat.

3. Nikmatnya Makanan Manis

Lelah4

Ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, moncler armoise albizia 2 secara otomatis kadar gula kita juga akan melonjak. Akibatnya, insulin akan terpompa dalam aliran darah dan membuat energi Anda meledak sehingga membuat Anda merasa lebih baik.

Namun yang perlu diketahui, kenaikan insulin yang mendadak juga dapat menurunkan gula darah Anda. Yang terjadi kemudian adalah Anda merasa kelelahan. Terlebih lagi, hormon insulin juga merupakan sinyal untuk menyimpan lemak sehingga dapat menambah berat badan Anda.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi makanan yang manis. Coba ganti dengan konsumsi karbohidrat kompleks untuk membantu memberikan energi tubuh Anda secara kontinyu. Simak juga artikel tentang “Gula, si Manis yang Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh!

4. Makanan yang Mengandung Indek Glikemik Tinggi

Karbohidrat sederhana atau yang dikenal dengan gula sederhana, juga memiliki dampak buruk pada energi tubuh Anda. Makanan ini memiliki indeks glikemik yang tinggi, artinya dapat menaikkan kadar gula darah Anda dengan lebih cepat.

Sumber makanan yang termasuk karbohidrat sederhana antara lain roti putih, pasta, nasi putih, atau manisan. Hindari makanan tersebut dan beralih pada makanan yang termasuk karbohidrat kompleks yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Alkohol yang Bisa Mengganggu Tidur Anda

monster beats audio adidas jpg” alt=”Lelah5″ width=”710″ height=”335″ class=”aligncenter size-full wp-image-55722″ />

Sudah umum diketahui bahwa minum-minuman mengandung alkohol memiliki sejumlah dampak yang kurang baik bagi kesehatan Anda. Selain itu, alkohol juga dapat membuat tingkat energi tubuh Anda menurun.

Alkohol sendiri adalah depresan, yaitu secara alami akan membuat Anda merasa lebih lelah. Ini dikarenakan alkohol dapat memperlambat produksi neurotransmitter. Akibatnya, impuls saraf akan membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai otak sehingga Anda akan merasa lebih lamban, lesu, dan lelah.

Alkohol juga dapat mengganggu jadwal tidur Anda, serta mengganggu proses kimia tubuh untuk tidur malam yang baik, sehingga dapat berakibat pada kekurangan pasokan energi keesokan harinya. Jika terbiasa minum-minuman yang beralkohol, maka segeralah berhenti dan temukan perbedaan yang membuat Anda jauh lebih baik.

>> Ini Sebabnya Anda Tak Lagi Butuh Rokok & Alkohol <<

#Dukung dengan Asupan Vitamin C yang Cukup

Daya tahan tubuh yang menurun tidak hanya dapat membuat tubuh kita merasa cepat lelah dan lemah, tapi juga rentan terhadap berbagai macam penyakit. Apabila Anda seseorang yang aktif berolahraga dan beraktivitas, ditambah dengan datangnya musim hujan seperti sekarang, maka kebutuhan vitamin juga akan meningkat, terutama vitamin C.

Vitamin C sendiri memiliki fungsi yang tidak ada habisnya bagi kesehatan tubuh Anda. Selain menjaga kebugaran tubuh, vitamin C juga dapat membantu metabolisme kolesterol, melawan radikal bebas, michael kors abbey backpack access review

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes