mineral nutrisi penting

Mineral: Nutrisi Penting Untuk Tubuh!

Mineral adalah regulator dan inisiator dari banyak proses yang terjadi dalam tubuh. Mineral sangat penting untuk kontraksi otot, struktur tubuh, dan keseimbangan cairan dalam sel dan komunikasi sistem saraf. Mineral memberikan kekuatan dan struktur gigi, tulang, otot, darah, dan jaringan tubuh Anda.

Mineral adalah materi anorganik yang tidak dapat dihancurkan dengan dimasak atau dipanaskan. Nutrisi penting ini diserap ke dalam usus Anda dan kemudian diangkut, disimpan atau dimanfaatkan oleh tubuh Anda dengan cara yang berbeda. Beberapa perjalanan melalui aliran darah atau diekskresikan dalam urin atau bahkan disimpan oleh tubuh Anda menjadi racun jika terlalu banyak dikonsumsi. Hindari konsumsi suplemen mineral yang berlebihan.

Biasanya mineral dibagi menjadi dua kategori terpisah, yaitu mineral utama atau mayor mineral dan trace mineral. Mineral utama meliputi natrium, klorida, kalium, fosfor, magnesium dan kalsium. Anda membutuhkan mineral ini dalam jumlah yang lebih besar dari trace mineral.

Mineral Utama

Elektrolit: Natrium, Kalium, dan Klorida

Sodium membantu mengatur tekanan darah, gerakan cairan masuk dan keluar dari sel, transmisi saraf dan relaksasi otot Anda. Mineral ini ditemukan dalam makanan olahan, garam meja dan sejumlah kecil dalam makanan alami. Terlalu banyak sodium dalam diet Anda dapat menyebabkan retensi cairan dan pembengkakan jika tubuh Anda tidak mampu mengekskresikan kelebihan sodium tersebut. Muntah berkepanjangan, diare atau masalah ginjal dapat mengakibatkan kekurangan natrium, menyebabkan kram otot, mual dan pusing.

Kalium sendiri membantu dalam mengatur mineral dan keseimbangan cairan baik di dalam dan di sekitar luar sel Anda. Kalium juga digunakan untuk mengatur dampak sodium pada tekanan darah, membantu kontraksi otot dan mengirimkan sinyal pada saraf. Kalium ini ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, daging, kacang-kacangan dan produk susu. Tubuh Anda mengeksresi kalium dalam jumlah berlebih, namun pada orang-orang dengan masalah ginjal mungkin perlu membatasi kalium dalam dietnya, karena kelebihan kalium pada penderita ginjal akan menimbulkan masalah jantung dan bahkan kematian mendadak.

Klorida mengatur cairan yang masuk dan keluar dari sel-sel tubuh, mengirimkan impuls saraf dan membantu tubuh Anda mencerna makanan dengan menyerap nutrisi sebagai komponen asam lambung. Klorida banyak ditemukan dalam garam (NaCl).

Mineral Utama Lainnya

Magnesium, Fosfor, Kalsium

Magnesium merupakan bagian dari 300 enzim yang mengatur tubuh Anda dalam membuat energi, protein,dan kontraksi otot, serta banyak fungsi lainnya. Magnesium merupakan bagian dari tulang. Mineral ini membantu mengirimkan sinyal pada otot untuk bersantai dan berkontraksi serta memelihara sel-sel tubuh pada otot dan saraf. Magnesium dapat ditemukan pada biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Kalsium terkenal karena perannya dalam membangun tulang dan jaringan yang kuat dan panjang. Kalsium juga membantu dalam pembekuan darah dan mendukung fungsi saraf. Defisiensi kalsium dapat menyebabkan pertumbuhan pada anak-anak terganggu dan mempengaruhi tinggi badan. Bahkan kekurangan kalsium dalam jumlah kecil dalam jangka panjang dapat mempengaruhi kepadatan tulang dan sekaligus meningkatkan risiko osteoporosis.

Yodium, Fluoride, Chromium, Tembaga, Besi, Mangan, Selenium, Zinc, Molybdenum

Yodium bekerja sebagai bagian dari hormon tiroid Anda untuk mengatur bagaimana tubuh Anda menggunakan energi. Yodium ditemukan secara alami pada ikan asin dan kentang, tapi kebanyakan orang mendapatkan kebutuhan sehari-hari dengan mengonsumsi garam beryodium. Orang yang kekurangan yodium mungkin mengalami kenaikan berat badan dan menderita gondok.

Fluoride melindungi gigi dari pembusukan, mengeraskan enamel gigi dan menguatkan tulang. Fluoride yang tidak memadai dapat menyebabkan enamel gigi semakin lemah tapi kelebihannya dapat menyebabkan bintik-bintik gigi, atau noda. Flouride banyak ditemukan dalam teh, ikan dan air minum.

Kromium membantu insulin dalam tubuh Anda untuk menggunakan glukosa. Namun, Anda tidak mungkin untuk mengonsumsinya secara berlebihan dari sumber makanan tapi kekurangan mineral ini bisa jelas terlihat, contohnya akan diabetes. Kromium banyak ditemukan di seluruh biji-bijian, keju, kacang polong, telur, dan daging.

Tembaga berfungsi sebagai bagian dari banyak enzim. Mineral ini membantu tubuh Anda membuat hemoglobin dan jaringan ikat serta berperan dalam memproduksi energi dalam sel Anda. Tembaga ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, daging organ dan makanan laut.

Besi merupakan bagian penting dari hemoglobin, yang diperlukan untuk mengangkut oksigen ke setiap sel tubuh dan enzim. Hal ini diperlukan untuk perkembangan otak yang sehat dan fungsi kekebalan tubuh. Kekurangan mineral ini dapat menyebabkan anemia, kelelahan, dan infeksi. Di sisi lain, mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan pembesaran hati, pewarna kulit, diabetes, dan kerusakan internal.

Mangan membantu dalam pembentukan tulang dan metabolisme energi dari makanan. Mineral ini ditemukan dalam produk gandum, kacang, dan beberapa buah-buahan (nanas dan stroberi) dan sayuran (kangkung). Sedangkan molibdenum merupakan bagian dari enzim yang bekerja dengan riboflavin untuk membantu penggunaan besi dalam membuat sel-sel darah merah.

Selenium bekerja dengan vitamin E sebagai antioksidan, mampu melindungi sel-sel dan mendukung fungsi kekebalan tubuh. Selenium ini ditemukan dalam biji-bijian, makanan laut, daging, dan telur.

Zinc membantu tubuh Anda dalam menggunakan makanan, mendukung reaksi enzimatik dan meningkatkan sel reproduksi serta pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Zinc ditemukan dalam produk gandum, daging, telur, kacang polong, kacang-kacangan dan biji-bijian. Kekurangan zinc dapat mengganggu pertumbuhan pada anak-anak dan menyebabkan cacat lahir selama kehamilan.

Setelah mengetahui berbagai macam mineral, berarti Anda sudah tahu betapa pentingnya nutrisi ini bagi tubuh Anda. Dapatkan jumlah mineral yang cukup dari makanan yang bergizi. (mee)

BACA JUGA: Tanyakan Hal Ini Sebelum Mengonsumsi Suplemen

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes