Mineral Penting untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Sebagian besar zat besi dalam tubuh ditemukan pada sel darah merah. Zat besi ini penting karena merupakan komponen utama dari hemoglobin, yang membawa oksigen ke setiap sel dalam tubuh dan berperan serta memproduksi ATP (Adrenosin trifosfat, sumber energi tubuh). Kelebihan zat besi disimpan pada hati, sumsum tulang, limpa dan otot.

Fungsi Zat besi bagi Tubuh

Menurut WHO (World Health Organization), kekurangan zat besi merupakan gangguan gizi nomor 1 di dunia. Berikut manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika kebutuhan zat besi tubuh terpenuhi setiap hari.

  1. Meningkatkan Energi

    Zat besi mempunyai fungsi penting di dalam tubuh antara lain sebagai media transportasi oksigen dari paru-paru ke berbagai jaringan tubuh. Semakin tinggi kadar oksigen dalam tubuh maka energi tubuh akan mengalamai peningkatan. Terutama saat melakukan latihan intens.

  2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  3. Zat besi bekerja sama dengan vitamin dan mineral penting lainnya dalam meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan radikal bebas dan faktor lain yang mengikis sistem pertahanan tubuh.

  4. Membantu Pembentukan Tulang Rawan

    Selain sebagai pengangkut oksigen, zat besi juga menjadi komponen protein yang berperan pada proses pernapasan dan metabolisme. Zat besi juga ditemukan di dalam enzim tertentu yang berfungsi membantu pembentukan tulang rawan dan komunikasi sistem saraf.

  5. Mencegah Anemia

    Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Menurunnya sel darah merah dapat mengakibatkan anemia.  Inilah salah satu alasan mengapa suplementasi zat besi kerap diberikan kepada pasien yang mengalami anemia.

  6. Meningkatkan Kecerdasan

    Otak menggunakan lebih dari 20 persen oksigen yang ada di dalam darah. Zat besi membantu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, termasuk ke otak Anda. Jika otak mendapatkan asupan oksigen yang memadai bukan tidak mungkin Anda bisa memaksimalkan kemampuan otak Anda.

Sumber Zat besi

Sebagai sumber zat besi, terdapat 2 jenis zat besi yang dapat diperoleh dari makanan: Heme dan non-heme. Zat besi Heme lebih mudah diserap oleh tubuh. Sumber makanan zat besi heme yang terbaik adalah hati dan organ daging lainnya, daging merah tanpa lemak, unggas, ikan dan kerang (terutama tiram).

Sedangkan sumber zat besi non-heme termasuk kacang kering dan kacang polong, kacang-kacangan dan biji-bijian, gandum utuh, dan sayuran berdaun hijau.

Yuk, cukupi kebutuhan harian tubuh akan zat besi mulai sekarang!

 BACA JUGA : 5 Makanan Sehat setelah Berolahraga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes