minum kopi sebelum latihan

Minum Kopi Sebelum Latihan, Perlu Atau Tidak?

Apa saja manfaat kopi untuk program fitness Anda? Apakah minum kopi sebelum latihan memang perlu dilakukan atau tidak?

Sudah tidak asing lagi dengan minuman ini.

Ya, kopi adalah salah satu stimulan yang paling populer di antara banyak fitnes mania.

Bagi penggemar fitnes, tentu saja kopi bisa menjadi teman yang baik saat berlatih. Tapi apakah memang perlu minum kopi sebelum latihan?

Dari hasil beberapa penelitian dikatakan bahwa memang perlu dilakukan. Fungsinya adalah agar performa latihan Anda jadi lebih maksimal karena energi semakin bertambah.

Terlepas dari perlu atau tidaknya minum kopi sebelum latihan, maka ada baiknya Anda baca manfaat dahsyat dari kopi bila memang Anda masih meragukannya.

1. Minum Kopi Sebelum Latihan adalah Untuk Menambah Tenaga

minum kopi sebelum latihan

Seperti yang sudah dikatakan di awal, kopi adalah salah satu minuman yang dapat membantu menambah energi Anda. Tak terkecuali ketika Anda ingin memulai latihan.

Kandungan kafein dalam kopi benar-benar dapat mempengaruhi performa latihan Anda.

Ketika Anda ingin segera mendapatkan goal fitness, mau tidak mau Anda juga harus intens dalam latihan. Bukan hanya kuantitas, tapi juga kualitasnya.

Latihan yang berkualitas adalah yang dilakukan dengan performa stabil. Performa ini bisa dipengaruhi oleh ketersediaan energi dalam tubuh Anda.

Laporan Journal of Strength and Conditioning Research tahun 2012 silam menguatkan, bahwa orang yang mengonsumsi 180 miligram kafein dapat meningkatkan repetisi latihan.

Sementara laporan dari Sport Medicine dikatakan bahwa kafein sebagai bantuan ergogenic yang kuat atau dapat membantu Anda berlatih lebih lama setelah mengonsumsi kafein.

Dan studi yang diterbitkan British Journal of Sport menemukan bahwa subjek yang mengonsumsi kopi sebelum berlari sepanjang 1500 meter di atas mesin treadmill, rata-rata berhasil menyelesaikan 4,2 detik lebih cepat dari pada subjek yang tidak konsumsi kopi.

Dari beberapa hasil penelitian di atas seolah memperkuat bahwa minum kopi sebelum latihan memang sangat disarankan untuk menambah energi. Yang direkomendasikan adalah konsumsi kopi 30-60 menit sebelum latihan.

2. Sangat Disarankan Bagi Anda yang Ingin Menurunkan Berat Badan

minum kopi sebelum latihan

Bagi Anda yang memiliki goal fitness turunkan berat badan, maka kopi juga bisa menjadi solusi untuk Anda.

Dan ini adalah salah satu manfaat yang paling utama kenapa disarankan minum kopi sebelum latihan, yaitu sifatnya yang membakar lemak (fat burner).

Ketika Anda mengonsumsi kopi sebelum latihan, maka minuman dahsyat ini dapat membuat sel-sel lemak dipakai oleh tubuh sebagai sumber energi, dibandingkan dengan glikogen.

Proses ini biasanya disebut dengan lipolisi. Yang mana dalam proses ini, asam lemak akan dilepaskan ke dalam aliran darah dan keseluruh tubuh untuk perlancar kinerja tubuh.

Artinya, kafein akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar kalori lebih banyak sepanjang hari. Dan minum kopi sebelum latihan akan meningkatkan efek tersebut.

Sebagai bonusnya, kafein dan senyawa lain yang ditemukan dalam kopi juga dapat bertindak sebagai penekan nafsu makan, sehingga membantu Anda mengonsumsi kalori dari makanan lebih sedikit (defisit kalori). Sangat tepat bila Anda masuk dalam program fat loss atau penurunan berat badan.

3. Meningkatkan Konsenstrasi Anda Selama Latihan

minum kopi sebelum latihan

Seiring dengan peningkatan energi selama latihan yang intens, kopi terutama kopi hitam, juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda selama latihan.

Tentu saja, mental yang kuat seperti ini akan membantu menjaga performa latihan Anda secara efektif dan maksimal.

Kafein yang ada pada kopi dikenal membantu mengurangi neurotransmitter seperti dopamin dan juga serotonin, keduanya bisa membuat Anda merasa lebih cepat lelah dan mengantuk.

Ini juga sudah disebutkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, yaitu kafein bisa meningkatkan reaksi atlet pada olahraga yang membutuhkan reaksi cepat. Misalnya olahraga sepak bola, bola basket, atau baseball.

4. Mengurangi DOMS

minum kopi sebelum latihan

Beberapa dari Anda mungkin masih awam dengan istilah ini, meskipun Anda sering mengalaminya, apalagi setelah latihan yang keras.

Ya, DOMS adalah kependekan dari Delayed Onset Muscle Soreness atau nyeri otot pasca latihan.

Mengapa bisa demikian?

Kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi aktivitas adenosinem yaitu zat dalam tubuh yang berkaitan dengan rasa lelah yang lebih cepat saat latihan atau cedera.

Penelitian dari University of Illinois menemukan bahwa subjek yang minum kopi sebelum latihan akan mengalami nyeri otot yang lebih ringan daripada subjek yang tidak mengonsumsi kopi.

Dengan demikian, apabila DOMS yang dirasakan semakin kecil atau rendah, tentu akan dapat membantu meningkatkan performa latihan Anda. Selain itu, Anda juga semakin termotivasi karena tubuh selalu dalam keadaan siap untuk diajak berlatih intensif.

5. Minum Kopi Sebelum Latihan juga Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh

minum kopi sebelum latihan

Memang, untuk manfaat yang satu ini tidak berdampak langsung pada performa latihan Anda. Tapi percayalah, minum kopi sebelum latihan dengan dosis yang sesuai, juga akan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

Keuntungan lain dari mengonsumsi kopi adalah membantu melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Hal ini dikarenakan kopi mengandung anti oksidan yang cukup besar sehingga membantu melindungi tubuh dari dampak radikal bebas.

Menurut hasil studi yang diterbitkan dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition tahun 2011 lalu, dikatakan bahwa konsumsi kopi secukupnya dapat membantu menurunkan potensi sejumlah penyakit berbahaya seperti diabetes, parkinson, alzheimer, bahkan beberapa jenis kanker.

Sementara penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute menyebutkan, rutin konsumsi kopi sebanyak 1-3 cangkir per hari, akan membantu menurunkan risiko melanoma hingga 10 persen. Namun dengan catatan, kopi yang dinikmati tersebut adalah kopi hitam yang tidak ditambahkan dengan gula.

So, Bagaimana Cara Mendapatkan Manfaat Maksimal dari Kopi?

minum kopi sebelum latihan

Pada penjelasan diatas sudah disinggung bahwa minum kopi sebelum latihan memang direkomendasikan. Hal ini dikarenakan kopi dapat dijadikan sebagai power booster selama Anda berlatih.

Yang sangat dianjurkan adalah konsumsi kopi hitam.

Karena selain menjadi penambah tenaga, juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tentu, manfaat kopi akan didapat secara maksimal apabila dikonsumsi sesuai dengan yang dianjurkan.

Rekomendasinya adalah konsumsi kafein 1-2 miligram per pon berat badan Anda 30-60 menit sebelum latihan. Namun, sebaiknya jangan sampai mengonsumsi 400 miligram per hari atau sekitar lebih dari 4 cangkir per hari.

Adakah produk kopi di Tanah Air yang seperti demikian? ADA. Yakni JavaPrime Coffee, Kopi Bakar Lemak No.1 di Indonesia.

Yang menjadikan kopi ini spesial adalah selain rendah gula dan lemak, kopi ini juga mengandung L-Carnitine.

L-Carnitine sendiri adalah zat yang berfungsi mengangkut asam lemak dalam tubuh untuk diubah menjadi energi.

Bila Anda melakukan program fat loss, maka JavaPrime Coffee adalah teman yang PAS saat latihan.

Manfaat dari JavaPrime Coffee:

  • Aroma & Cita Rasa Normal
  • Bebas Gula
  • Rendah Kalori & Lemak
  • Bantu Bakar Lemak
  • Tidak Bikin Gemuk

Minum kopi sebelum latihan memang dianjurkan agar performa latihan jadi lebih optimal. Sudah minum kopi hari ini?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes