lebaran

Nikmati Suasana Lebaran dengan Pizza

Masih di suasana lebaran seperti sekarang, pastinya akan banyak tersaji makanan yang menggugah selera Anda. Tapi, sebaiknya pilihlah menu makanan yang sehat. Salah satunya bisa dengan pizza.

Pizza adalah salah satu makanan yang populer di banyak wilayah di dunia termasuk di Indonesia. Rasanya yang khas dan gurih dengan isian yang beraneka ragam menjadi sensasi tersendiri bagi penikmat pizza. Makanan ini juga dapat Anda jadikan sebagai salah satu menu favorit dan sehat saat Lebaran.

Pizza adalah sebutan untuk roti datar (flatbread) yang diberi topping saus tomat dan keju yang dipanggang dalam oven. Selain itu umumnya pizza juga ditambahkan topping lain seperti daging, sayuran dan rempah-rempah.

Sebutan “Pizza” pertama kali tercatat pada naskah latin dari Gaeta di Italia Tengah abad ke-10. Sedangkan pizza modern ditemukan di Naples, Italia. Sebagai makanan khas dari Italia pada tahun 2009 atas permintaan Italia, Pizza Neapolitan (berasal dari Naples) dilindungi oleh European Union sebagai menu Traditional Speciality Guarenteed.

Di Indonesia, Pizza dapat dengan mudah diperoleh di beberapa restoran cepat saji. Selain dalam bentuk fresh, pizza juga dijual dalam bentuk beku di beberapa supermarket.

lebaran

Terkait dengan masalah kesehatan, beberapa jeniz pizza yang dijual di restoran cepat saji telah mendapat kritikan karena mengandung bahan-bahan yang tidak seimbang dari segi gizi, seperti tinggi sodium, lemak, dan kalori. USDA melaporkan seperti yang tercantum dalam National Nutrient Database for Standard Reference bahwa kandungan sodium rata-rata pada pizza berdiameter 36 cm yang dijual di restoran cepat saji yaitu sebesar 5,101 mg.

Ada beberapa perhatian mengenai pengaruh negatif pizza tersebut terhadap kesehatan seperti yang dimuat pada survey pizza yang dilakukan oleh Food Standard Agency UK mengenai kandungan sodiumnya.

lebaran

Akan tetapi berbeda dengan hasil yang ditemukan di Italia, konsumen pizza yang secara frekuentif mengkonsumsi pizza ditemukan memiliki insiden yang rendah terhadap penyakit jantung dan kanker saluran pencernaan relatif terhadap pemakan pizza yang tidak frekuentif, meskipun hubungan antara pizza dan manfaatnya masih belum jelas.

Konsumsi pizza di Italia adalah hal yang terkait pada pola diet Mediterania yang telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu yang terkait dalam manfaat kesehatan dari pizza yaitu kandungan likopen (sejenis antioksidan yang terkandung dalam tomat) yang terdapat dalam saus pizza, yang dari penelitian mengindikasikan perannya dalam melindungi dari penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker.

Pastinya, manfaat dari pizza juga akan bisa Anda dapat dengan mengonsumsinya waktu Lebaran seperti saat ini.

Dan sepertinya di Italia, Pizza kebanyakan dijual di restoran pizza tradisional dan dibuat di rumah yang tidak cepat saji sehingga bahan-bahan yang digunakan lebih alami. Selain itu tradisional pizza memiliki lapisan roti (crust) yang lebih tipis (tipe Neapolitan Pizza) dibandingkan dengan yang dijual pada restoran cepat saji (Chicago Style).

Di Italia juga, mengkonsumsi pizza pun ada aturannya yaitu dikonsumsi pada malam hari di Pizeria, berbeda dengan di Amerika atau di Indonesia yang mengkonsumsi pizza bisa kapan dan dimana saja sehingga beresiko adanya kalori, lemak dan garam yang berlebihan.

Healthy Tuna Pizza untuk Lebaran Anda

lebaran

Bulan puasa telah berlalu, tetapi apa yang baik yang kita peroleh selama bulan tersebut dapat kita terapkan di bulan-bulan selanjutnya. Termasuk juga dengan penerapan pola makan sehat dan pemilihan menu sehatnya.

Menu sehat kali ini adalah berbahan dasar pizza dengan cara yang cukup sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang baik untuk kesehatan. Pastinya, ini akan membuat suasana Lebaran Anda menjadi semakin meriah.

Seperti apa dan bagaimana resepnya?

Untuk 8 potong
Bahan kulit pizza:
150 g tepung terigu protein sedang
½ sdt gula palem
¼ sdt ragi instan
1 sdt garam
1 sdm minyak zaitun
75 ml susu cair hangat rendah lemak

Bahan topping:
1 sdm minyak zaitun
2 siung bawang putih (cincang halus)
50 g bawang bombay (potong dadu)
50 g tomat (potong dadu)
50 g Brokoli
50 g Kembang kol
½ sdt oregano kering
½ sdt basil kering
1 sdt gula palem
¼ sdt garam
½ sdt lada bubuk
1 sdm saus tomat
½ sdm saus sambal
50 g Jamur enoki (potong-potong)
150 g tuna kaleng (tuna in salt water) (buang airnya)
30 g keju cheddar (diparut)

Cara membuat topping:
1. Panaskan minyak dan tumis bawang putih dan bawang bombay hingga wangi.
2. Masukkan tomat, brokoli dan kembang kol. Aduk hingga rata. Tumis sebentar.
3. Tambahkan oregano, basil, gula palem, garam, lada, saus tomat dan saus sambal. Aduk rata. Tumis sebentar. Angkat dan sisihkan.

Cara membuat kulit Pizza:
Campur rata tepung terigu, gula palem, ragi instan dan garam. Buat lubang di bagian tengah dan campur rata. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diadon menggunakan tangan sampai adonan tidak melekat di tangan. Bulatkan adonan. Tutup adonan dengan plastik dan diamkan hingga mengembang sekitar 30 menit.

Cara menyiapkan Pizza
1. Panaskan oven pada suhu 180-200oC.
2. Siapkan loyang oven anti lengket diamater 22 cm yang sudah diolesi dengan sedikit minyak.
3. Siapkan adonan. Pipihkan adonan setebal 3-4 mm menggunakan penggiling. Letakkan adonan ke dalam loyang oven.
4. Masukkan bahan topping dan ratakan. Tambahkan potogan tuna kaleng dan jamur enoki. Taburi dengan parutan keju.
5. Panggang dalam oven selama sekitar 20 menit.
6. Angkat, potong dan sajikan.

Nilai gizi per potong
Kalori: 135 kkal
Karbohidrat: 16,7 g
Serat: 1,15 g
Lemak: 3,9 g
Protein: 8,3 g

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes