Palm Sugar Fruit Cocktail

Yuk mari lengkapi Lebaran dengan palm sugar fruit cocktail. Istilah koktail (cocktail) disini sama sekali tidak ada hubungannya dengan minuman beralkahol ataupun mengandung alkohol.

Koktail itu sendiri adalah minuman beralkohol yang terdiri dari dua atau lebih bahan yang mana salah satu bahannya mengandung alkohol (minuman keras), dan biasanya campuran dasar koktail yaitu minuman keras, gula, air, dan bitters (minuman beralkohol yang mengandung esens herbal).

Sedangkan fruit cocktail atau koktail buah adalah sebutan lain dari fruit salad (salad buah). Salad buah adalah campuran beberapa jenis buah yang disajikan dalam air buah yang dapat dalam bentuk jus atau sirup. Salad buah yang disajikan sebagai dessert atau appetizer disebut dengan koktail buah (fruit cocktail) atau fruit cup. Istilah koktail pada koktail buah mengacu pada definisi kedua dari koktail, yaitu appetizer yang dibuat dengan mengkombinasikan potongan makanan seperti buah atau seafood.

Koktail buah biasanya dijual dalam bentuk kalengan, tetapi dapat juga diolah langsung dari bahan segar. Koktail buah cocok disajikan pada saat pesta atau acara-acara tertentu. Makanan ini dapat dibuat dari berbagai macam buah seperti nenas, mangga, apel, cherry, strawberry, raspberry, dan lain-lain. Koktail buah kalengan oleh SNI (Standar Nasional Indonesia) dibagi menjadi 2 jenis yaitu koktail buah subtropis (misalnya campura persik, pir, anggur, cherry) dan koktil buah tropis (misalnya campuran pepaya dan nenas).

Beberapa jenis buah yang memiliki tekstur yang agak mudah hancur dalam larutan harus diperlakukan terlebih dahulu dalam larutan kapur sirih (CaCO3 – kalsium karbonat). Pemberian kapur sirih ini bertujuan sebagai firming agent untuk memperkuat permukaan potongan buah, sehingga bentuknya tidak hancur jika direndam dalam larutan koktail. CaCO3 adalah salah satu bahan tambahan pangan yang digunakan sebagai bahan penguat tekstur (firming agent).

Kalsium karbonat memiliki E-number E170 dan penggunaannya dalam makanan disetujui telah disetujui di beberapa negara seperti EU (European Union), USA, Australia, New Zealand, dan Indonesia. Calcium karbonat juga digunakan sebagai salah satu sumber suplemen kalsium (dietary calcium) yang murah. Bahan tambahan pangan ini tidak memiliki nilai ADI (Acceptable Daily Intake), akan tetapi penggunaannya pun tetap harus diperhatikan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes