Papaya Calamansi Sorbet

Yuk, sedikit mengenal tentang sorbet. Sorbet atau terkadang disebut juga dengan sherbet adalah makanan penutup berwujud beku (frozen dessert) terbuat dari cairan yang memiliki rasa manis dan citarasa tertentu, umumnya terbuat dari jus buah atau bubur buah (fruit puree), minuman anggur dan atau minuman beralkohol lainnya.
papaya-calamansi-sorbet
Sorbet berbeda dengan es krim yang berbahan dasar susu, akan tetapi sorbet dapat menggantikan fungsi es krim sebagai makanan penutup yang sedikit atau tidak mengandung lemak.

Sorbet dan sherbet memiliki arti yang sedikit berbeda-beda di beberapa negara. Di Amerika, sorbet berbeda dengan sherbet. Sherbet umumnya terbuat dari buah dan susu dengan kandungan lemak susu berkisar antara 1-2%, sedangkan sorbet terbuat dari buah-buahan tanpa menggunakan campuran susu sama sekali.

Sorbet disini mirip dengan es Italia (Italian Ice) yang merupakan dessert yang terbuat dari buah-buahan yang diolah dengan cara yang sama dengan membuat es krim. Jika kandungan lemak susu pada sherbet berada pada kisaran 2-10% maka produk tersebut disebut “frozen dairy dessert”, dan jika kandungan lemak susunya lebih dari 10% disebut es krim.

Di Inggris, sherbet adalah bubuk soda yang digunakan dalam industri permen dan bukan merupakan makanan penutup berwujud beku (frozen dessert). Sehingga orang Inggris tidak mengenal sherbet sebagai salah satu frozen dessert tapi mereka mengenal sorbet.

Pada label makanan di Inggris dan Perancis, sherbet disebut dengan istilah sorbet laitier yang artinya dalam bahasa Inggris yaitu dairy sorbet, yang dibedakan dari sherbet yang mengandung susu dengan sorbet yang mengandung sedikit susu.

Di Asia Tengah dan Asia Barat, sherbet bukan berbentuk seperti es krim, melainkan berbentuk padat.
Sorbet juga dibuat di beberapa negara lain dan mempunyai sebutan yang berbeda. Di Italia disebut dengan granita yang memiliki tekstur lebih kasar karena ukuran kristal es-nya lebih besar. Di wilayah Afrika Utara, terdapat agraz yaitu sejenis sorbet yang terbuat dari almon, verjuice (jus yang memiliki rasa yang sangat masam yang terbuat dari anggur yang belum matang, apel liar atau buah asam lainnya) dan gula. Di Perancis terdapat givre yaitu sorbet yang disajikan di dalam tempurung kelapa beku atau kulit buah lainnya.

Pada resep sehat kali ini, saya akan berbagi resep membuat sorbet menggunakan pepaya dan sari buah jeruk kalamansi. Ingin tahu rasanya seperti apa? Yuk ikuti resep berikut.

Untuk 6 porsi

Bahan:
300 g pepaya
65 g orange marmalde
20 g sari buah jeruk kalamansi
1 butir putih telur.

Cara Membuat

  1. Haluskan papaya menggunakan blender atau food processor. Sisihkan.
  2. Campur rata pepaya dengan orange marmalade dan sari calamansi. Sisihkan.
  3. Kocok putih telur menggunakan mixer sampai kaku. Masukkan campuran pepaya tadi kemudian kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.
  4. Simpan dalam freezer selama kurang lebih 2 jam atau sampai agak beku. Keluarkan dan dikocok kembali menggunakan mixer hingga tercampur rata.
  5. Bekukan lagi selama sekitar 2 jam. Kemudian dikocok kembali menggunakan mixer. Lakukan sampai 3 kali.
  6. Simpan dalam freezer hingga saat disajikan.

Nilai gizi per porsi

Kalori: 50 kkal
Lemak: 0 g
Karbohidrat: 11 g
Serat: 1 g
Protein: 1 g

Tips dan saran

  1. Orange marmalade dapat anda gantikan dengan madu atau jenis selai buah yang lain.
  2. Anda dapat menambahkan topping atau isian lain untuk menambah citarasa sorbet ini. Misalnya menambahkan buah-buah kering atau kacang-kacangan.
  3. Anda dapat juga bereksperimen menggunakan jenis buah yang lain.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes