Pentingnya Protein dalam Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan masalah klasik yang hingga saat ini masih menjadi momok bagi banyak orang. Hal ini tidak terlepas dari cara atau perlakuan dalam merawat rambut.

Secara umum, umur rata-rata sehelai rambut berkisar antara 3-4 tahun. Setelah itu, rambut akan mulai rontok dan akan berganti rambut baru dalam waktu 6 bulan. Penggunaan hairdryer, menyisir rambut, dan cuaca panas, adalah beberapa faktor yang juga turut menyebabkan rambut rontok. Penelitian lebih lanjut juga menyatakan bahwa tubuh yang kekurangan protein cenderung mengalami rambut rontok dibandingkan tubuh yang mendapatkan asupan protein dalam jumlah cukup.

Mengapa Rambut butuh Protein?

Seperti bagian tubuh Anda yang lain, rambut pun memerlukan nutrisi yang cukup untuk membuatnya tumbuh sehat. Kurangnya nutrisi yang baik untuk rambut dapat menimbulkan efek melambatnya pertumbuhan rambut dan masalah kerontokan rambut. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan rambut adalah protein. Struktur rambut terdiri dari 97% protein. Maka, kekurangan asupan protein dapat menyebabkan rambut rontok.

Sumber Protein Penting

Makanan yang mengandung protein akan membantu perkembangan sel-sel alami di dalam tubuh, termasuk rambut dan kulit kepala. Sumber protein bisa didapat dari makanan hewani ataupun nabati. Daging ayam, ikan, dan telur adalah contoh sumber protein hewani yang dapat memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Unggas dan telur merupakan pilihan yang sangat baik untuk mengatasi rambut rontok. Selain kaya akan protein, telur juga diperkaya dengan biotin dan vitamin B12, yang diperlukan untuk kesehatan rambut, kuku dan kulit. Vitamin juga diperlukan untuk memperkuat rambut agar tidak mudah patah.

Selain mendapatkan asupan protein dari sumber hewani, Anda juga bisa mendapatkan protein nabati. Kandungan protein nabati banyak terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, kacang panjang, almond, dan sebagainya. Tak hanya mengandung protein yang cukup, makanan ini juga dapat menyuplai tubuh Anda dengan vitamin dan mineral penting yang terkandung di dalamnya.

Konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dan pola makan yang sehat akan membuat rambut menjadi sehat, indah, dan bercahaya. Mengkonsumsi minimal 100 gr protein perhari, baik dari sumber hewani ataupun nabati berguna untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh akan protein dan berguna untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok.

Dengan memenuhi kebutuhan protein harian, tubuh Anda akan tercukupi kebutuhan gizinya sekaligus membantu Anda untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok dengan cara yang alami.

BACA JUGA : Kanker Payudara Sembuh dengan Virus Cacar Air?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes