Penuhi Nutrisi Wajib Ini Agar Tubuh Tidak Loyo Saat Latihan

Ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan mengenai nutrisi terbaik sebelum melakukan latihan. Namun yang pasti, nutrisi wajib ini sangat penting perannya untuk menjaga tubuh Anda tetap berenergi dan berstamina ketika latihan.

Nutrisi penting tersebut adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Ketiganya adalah makronutrisi atau gizi yang memberikan energi bagi tubuh dalam jumlah besar. Karbohidrat memberikan energi sebanyak 4 kalori per gramnya, protein 4 kalori, dan lemak 9 kalori.

Ketika ingin mengetahui nutrisi yang tepat untuk Anda sebelum latihan, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui program latihan seperti apa yang akan Anda lakukan. Jika Anda berniat untuk berlatih dengan keras dan intens, maka nutrisi akan sangat penting untuk menyediakan energi bagi Anda.

Selain itu, nutrisi yang tepat juga akan dapat membantu Anda mencegah nyeri otot serta mempercepat proses pemulihan. Berikut makronutrisi yang wajib Anda penuhi sebelum latihan:

Karbohidrat

Loyo2

Karbohidrat adalah makronutrisi yang sangat penting untuk memberikan energi bagi tubuh Anda. Ya, karbohidrat merupakan sumber energi yang harus Anda penuhi sebelum berlatih agar latihan Anda menjadi maksimal dan tidak loyo. Banyak manfaat lain yang juga ditawarkan oleh karbohidrat seperti menambah konsentrasi, merasa kenyang lebih lama, serta dapat mencegah kelelahan.

Selama latihan, tubuh akan menghabiskan energi termasuk karbohidrat dalam bentuk glikogen. Jika kebutuhan karbohidrat cukup, maka energi dalam tubuh juga akan tetap terjaga selama latihan.

Beberapa atlet bodybuilding menyarankan bahwa sebaiknya sebelum latihan, tambahkan konsumsi sebanyak 50 persen dari asupan karbohidrat harian. Misalnya, apabila kebutuhan karbohidrat harian Anda sebanyak 300 gram, maka tambahkan 150 gram karbohidrat sebelum dan sesudah latihan. Pilih karbohidrat cepat serap (karbohidrat kompleks) agar cepat diserap oleh tubuh Anda baik sebelum dan segera setelah latihan.

Baca Juga: Selain Protein, Nutrisi Ini Juga Tak Kalah Penting untuk Otot Anda

Protein

Loyo1

Makronutrisi penting lain yang harus Anda penuhi adalah protein. Ya, protein merupakan makanan utama bagi otot Anda. Protein membantu tubuh Anda untuk menyimpan cadangan energi yang sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan otot.

Dengan mengonsumsi jumlah protein yang tepat baik sebelum maupun setelahlatihan, maka akan sangat membantu intensitas latihan dan juga saat pemulihan tubuh Anda. Ini karena protein akan membantu tubuh Anda tetap dalam keadaan anabolik (membentuk otot).

Karena itu, sangat penting konsumsi protein sebelum latihan. Sumber protein yang dapat Anda konsumsi antara lain seperti dada ayam, daging tanpa lemak, ikan, atau putih telur. Untuk menentukan berapa jumlah protein yang sebaiknya dikonsumsi sebelum latihan, coba perhatikan asupan protein harian yang Anda targetkan. Misalnya, jika kebutuhan protein Anda 400 gram per hari, Anda bisa membaginya dalam beberapa jumlah makanan yang akan Anda konsumsi.

>> Kapan Saat yang Tepat untuk Minum Protein Shake? <<

Lemak

Loyo3

Mungkin ada beberapa fitnes mania yang ingin menurunkan berat badan terlalu phobia dengan lemak. Ya, makanan yang mengandung lemak kerap diidentikan sebagai pencipta kegemukan. Padahal tidak selalu demikian. Lemak merupakan makronutrisi penting untuk menjaga tubuh Anda tetap berenergi ketika latihan.

Ingat, sebaiknya konsumsi lemak tidak terlalu banyak sebelum. Jika memang ingin mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, maka pilih lemak yang sehat (baik). Ini karena lemak dapat memperlambat proses pencernaan. Tentu, ini akan dapat membuat latihan Anda terhambat.

Note: Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tubuh tetap berenergi saat latihan, Anda dapat melakukan suplementasi untuk menambah power dan tenaga Anda.

Selain pemenuhan makronutrisi tersebut, waktu makan juga dapat mempengarhui latihan Anda. Apabila terlalu mepet dengan jadwal latihan, bukan tidak mungkin latihan Anda akan terganggu karena perut masih terasa kenyang. Sebaliknya, jika terlalu lama dari jadwal latihan juga dapat membuat energi Anda hilang sebelum melakukan gerakan latihan.

Umumnya, waktu makan yang direkomendasikan adalah maksimal sekitar 1-2 jam sebelum latihan. Ingat, dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tepat serta timing juga pas, maka akan dapat menjaga tubuh Anda tetap prima saat melakoni latihan. Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: 5 Nutrisi Terbaik untuk Mempercepat Recovery Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes