Peran Kalsium bagi Pembentukan Tubuh Anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa mengonsumsi makanan yang kaya kalsium memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar, terutama untuk perkembangan tulang dan gigi.

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh terutama bagi Anda yang berlatih intensif untuk membentuk tubuh, sehingga tak heran jika kalsium mendapat predikat sebagai “nutrisi kunci” dalam ilmu gizi.

Kalsium dan Mineral Lain
Tubuh memerlukan jumlah kalsium yang tinggi sebagai priotitas utama untuk metabolisme tubuh dibandingkan dengan minerallain. Jika Anda mengkonsumsi kalsium, zinc dan besi secara bersamaan, tubuh akan memprioritaskan untuk mengolah kalsium daripada zinc dan besi. Itulah sebabnya menyarankan supaya para atlet dan untuk mengonsumsi zat besi dan zinc pada saat Anda sedang tidak mengkonsumsi kalsium.

Kalsium dalam Bodybuilding
Kalsium dikenal sebagai sumber nurtisi yang bermanfaat untuk menciptakan tulang yang sehat dan kuat. Selain itu, kalsium juga memiliki beberapa manfaat lain bagi tubuh Anda. Di antaranya:

  1. Berperan penting untuk meningkatkan performa saat melakukan latihan dan aktivitas fisik lainnya.
  2. Kekurangan kalsium dapat membuat otot tegang. Relaksasi yang buruk dapat mengakibatkan energi potensial Anda berkurang dan dan menyebabkan kontraksi otot tidak maksimal. Buruknya kontraksi akan berdampak pada hasil latihan Anda. Dengan meningkatkan relaksasi otot, maka Anda akan terhindar dari kram, cedera dan kejang saat latihan.
  3. Kalsium sangat penting dalam metabolisme lemak, jadi seharusnya tidak ada lagi orang yang menyebut susu sebagai penyebab kegemukan.
  4. Dianjurkan untuk mengonsumsi kalsium antara 500-1500 mg perhari, tergantung dari usia, jenis kelamin dan kebutuhan masing-masing individu. Cara terbaik untuk mendapatkan asupan kalsium adalah dengan mengonsumsi susu atau suplementasi kalsium.
  5. Kalsium berguna untuk mengangkut sejumlah besar asam amino dan creatine bagi tubuh Anda.
  6. Kalsium tidak bereaksi secara baik dengan fosfor, sodium, kopi dan tepung putih. Semua zat ini dapat membuang kalsium dari tubuh.
  7. Terlalu banyak nutrisi tertentu (baik itu protein, lemak atau karbohidrat) dapat menghambat penyerapan kalsium. Jadi, konsumsilah semua nutrisi dalam jumlah seimbang sesuai kebutuhan Anda.

Nah, setelah mengetahui pentingnya kalsium, mulai sekarang pastikan konsumsi kalsium Anda tercukupi setiap hari.

BACA JUGA : Bagaimana BCAA Membantu Pembentukan Tubuh Anda?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes