Jenis Muffin

Purple Sweet Potato Muffin

Sebelum kita membuat resep sehat kita kali ini saya akan berbagi sedikit tentang jenis makanan yang satu ini. Di artikel-artikel resep sehat sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai ubi ungu dan manfaatnya bagi kesehatan. Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang muffin dan cupcake.

Ubi Ungu

Mungkin kita sudah sering melihat ataupun mengonsumsi kedua jenis kue ini. Tapi pernahkah anda berpikir kalau yang anda makan adalah cupcake atau muffin. Secara sekilas kedua produk ini serupa tapi tak sama. Apakah perbedaannya? Yuk kita lihat penjelasan berikut ini.

Muffin dan cupcake memang terlihat hampir mirip akan tetapi jika diperhatikan lebih teliti lagi, maka sebenarnya ada beberapa perbedaan pada kedua jenis tersebut. Muffin dan cupcake keduanya dibuat dalam ukuran saji individual. Muffin yang berasal dari Inggris yang merupakan salah satu jenis quick bread yaitu produk kue yang menggunakan bahan pengembang selain ragi atau telur. Sedangkan cupcake merupakan bentuk mini dari cake. Dari teknik pembuatan, muffin dibuat menggunakan metode muffin di mana bahan basah dan bahan kering dipisahkan dalam dua mangkuk yang berbeda. Kedua bahan ini nantinya akan dicampurkan dengan sedikit pengadukan untuk mencegah pengembangan gluten.

Proses ini menghasilkan tekstur muffin yang beremah kasar. Sedangkan cupcake dibuat dengan cara yang sama seperti dalam pembuatan cake seperti menggunakan metode creaming, metode genoise, metode chiffon, dan lain-lain. Hal ini menjadikan tekstur remah cupcake menjadi lebih halus dibandingkan dengan muffin.

Emulsi merupakan hal yang penting dalam pembuatan cupcake sehingga menghasilkan adonan yang halus. Sedangkan muffin tidak terlalu membutuhkan emulsi karena semua tepung dicampur dengan pengadukan biasa sehingga adonan muffin lebih kental.

Muffin memiliki tekstur yang lebih padat sedangkan cupcake memiliki tekstur yang lebih ringan karena perbedaan penggunaan tepung. Muffin umumnya menggunakan minyak, sedangkan cupcake umumnya menggunakan mentega atau margarin. Dari segi rasa, muffin memiliki rasa yang lebih gurih, sedangkan cupcake memiliki rasa yang cenderung lebih manis. Muffin umumnya tidak menggunakan toping, sedangkan cupcake umumnya menggunakan topping seperti butter cream, dan lain-lain. Bagian permukaan muffin biasanya melebihi bahkan seakan-akan mau tumpah dari bagian atas wadahnya sehingga memberikan bentuk seperti jamur, sedangkan bagian permukaan cupcake tidak melebihi bagian atas wadahnya. Muffin memiliki tekstur yang agak renyah dan garing terutama bagian permukaan, berbeda dengan cupcake yang lebih lembut.

Nah, sudah tahu ‘kan perbedaan kedua jenis kue ini? Sekarang yuk kita coba buat resep sehat kita berikut ini. Is it really muffin or just a cupcake? Let’s find out.

Untuk 8 buah

Bahan
400 g ubi ungu yang sudah dikukus
50 g gula palem
3 butir telur
50 g minyak canola
1/4 sdt garam
45 g tepung terigu

Topping: kacang almond (pilihan)

Cara membuat

1. Haluskan ubi ungu. Sisihkan.
2. Siapkan mangkuk-mangkuk kertas untuk cetakan muffin. Sisihkan.
3. Campur gula palem dan telur menggunakan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang.
4. Turunkan kecepatan mixer ke rendah. Masukkan ubi ungu sedikit demi sedikit sampai semuanya tercampur rata.
5. Masukkan minyak canola sambil terus di aduk dengan mixer.
6. Masukkan terigu sambil terus diaduk dengan mixer sampai rata. Matikan mixer.
7. Panaskan oven pada suhu 160oC.
8. Bagi rata adonan ke dalam mangkuk-mangkuk kertas cetakan muffin.
9. Taburkan irisan kacang almond diatasnya.
10. Panggang dalam oven selama kurang lebih 35 menit.
11. Angkat dan dinginkan sebentar. Sajikan.

Nilai gizi per buah

Kalori: 178 kkal
Lemak: 8 g
Karbohidrat: 22 g
Serat: 2 g
Protein: 4 g

Tips dan saran

1.Ubi ungu dapat digantikan dengan jenis ubi yang lain atau dapat juga menggunakan bahan lain yang dihaluskan seperti jagung, kacang merah, ataupun kacang hijau sehingga anda dapat memperoleh jenis muffin yang lain.

2.Anda dapat menambahkan Prostar 100% Whey Protein rasa vanilla untuk menambahkan kadar proteinnya. Tambahkan sekitar 20-30 g untuk resep diatas.

3.Umumnya muffin tidak menggunakan topping, tapi anda dapat menambahkan topping dengan berbagai variasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

BACA JUGA: Baked Fish with Mango-ginger Sauce

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes