manfaat ikan

Rajin Makan Ikan Dijamin Awet Muda & Bebas Kegemukan

Saat masih kanak-kanak, ibu selalu mengajarkan Anda untuk banyak makan ikan, meski terkadang Anda selalu menolaknya.
manfaat ikan
Kini Anda sudah dewasa dan saatnya berubah, karena ikan adalah sumber makanan yang kaya nutrisi dengan segudang manfaat sehat yang wajib Anda konsumsi.

“Dibandingkan dengan daging binatang darat, ikan mengandung kadar lemak rendah berjenis hydrosoluble dan mayoritas terdapat di hati, bukan di serat dagingnya yang biasa kita konsumsi,” terang Esperanza Torija, prfesor dan ahli nutrisi dari Universidad Complutense di Madrid.

Tapi bukan itu satu-satunya keuntungan yang didapat dari mengonsumsi ikan. Banyak manfaat lain yang dapat memaksimalkan gizi menu makan Anda sehari-hari.

Sumber Omega 3
Beberapa jenis ikan yang hidup di perairan dingin seperti salmon, makarel, dan hering memiliki kadar Omega 3 yang tinggi. Omega 3 mencegah penimbunan lemak di pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah risiko paparan penyakit kardiovaskular. Bahkan penelitian di Australia menyebutkan, ikan lemuru yang hidup di perairan selat bali juga memiliki kadar Omega 3 yang tinggi seperti yang dimilki ikan salmon.

Mencegah Stroke
Frank Accurso dari University of Colorado Hospital menyebutkan bahwa ikan terbukti mengandung asam arachidonat yang mempunyai sifat mencegah pengentalan darah. Kondisi inilah yang dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, serangan jantung, hingga stroke.

Meningkatkan Fungsi Otak
Asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu perkembangan otak Anda. Asupan omega-3 yang tepat dapat membantu meningkatkan fokus mental pada anak-anak dan orang dewasa. Sebuah studi baru menunjukkan, suplemen minyak ikan dapat meningkatkan memori pada orang dewasa. Para peneliti juga menemukan manfaat asam lemak omega-3 pada ikan dalam meningkatkan perkembangan otak bayi dan anak-anak.

Tidak Menggemukkan
Ikan pada umumnya rendah kalori, rendah lemak dan kolesterol, maka makanan sehat ini bisa dijadikan sebagai pengganti terbaik dari daging sapi atau ayam. Ikan juga mengandung protein yang tinggi. 3 ons tuna panggang, kira-kira setebal buku kwitansi, mengandung 21 gram protein, 1 gram lemak dan 100 kalori. Sebagai perbandingan, 3 ons daging steak panggang tanpa lemak mengandung 21 gram protein, 14 gram lemak dan 210 kalori.

Meremajakan kulit
Konsumsi ikan membantu menjaga kulit dalam kondisi baik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Lipid Research, asam lemak omega-3 EPA yang ditemukan dalam minyak ikan dapat membantu mencegah keriput dan menunda proses penuaan kulit. Bahkan, menurut beberapa studi terbaru, suplemen minyak ikan dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Tips Memilih Ikan

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memilih ikan segar yang sehat untuk dikonsumsi;

  • Matanya jernih tidak menggelembung
  • Sisiknya mengkilat dan melekat erat pada kulit
  • Dagingnya kuat dan kembali ke posisi semula ketika di tekan
  • Insangnya berwarna merah cerah
  • Tidak berlendir dan tidak pucat
  • Ikan segar yang sudah dipotong-potong seharusnya mempunyai daging yang kuat dan tidak menggelambir
  • Baunya segar dan tidak terlalu amis

Trik Menyimpan Ikan

Untuk memastikan keamanan dan kebersihan ikan yang akan Anda konsumsi, Anda mencoba trik-trik di bawah ini;

  • Bungkus ikan dengan pembungkus plastik dan simpan dalam lemari es
  • Sebaiknya ikan langsung diolah setelah dibeli. Jika menyimpan ikan beku di freezer, jangan simpan lebih dari 4 bulan.
  • Untuk melelehkan ikan beku, letakkan ikan yang masih terbungkus plastik ke dalam air bersuhu ruangan dan jangan didinginkan atau dibekukan ulang.
  • Cuci tangan, telenan dan peralatan dapur yang digunakan untuk mengolah ikan sampAi benar-benar bersih agar terhindar dari kontaminasi dan risiko keracunan makanan. (dan)

BACA JUGA : JANGAN TAKUT OSTEOPOROSIS SELAMA ANDA KONSUMSI MAKANAN INI

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes