resep lebaran

Resep Puding Sehat Spesial Lebaran

Tidak terasa sebentar lagi Lebaran. Setelah beribadah puasa sebulan penuh dengan menu-menu yang sehat, tentunya kita ingin merayakan Lebaran dengan menu yang sehat juga. Sebenarnya selama menjalankan ibadah puasa kita diajarkan untuk tetap menjaga makan dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan sehingga tidak mengganggu pada saat beribadah dan kesehatan tetap terjaga. Makan berlebihan dan tidak terkontrol memang menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai macam penyakit. Apalagi jika tidak diimbangi dengan berolahraga.

resep lebaran

Oleh karena itu setelah bulan puasa berlalu, hendaklah kita selalu untuk tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dalam jumlah yang cukup serta menjalankan pola hidup sehat. Dengan tubuh yang sehat maka ibadah pun Insya Allah lancar. Pada saat momen Lebaran pun kita sebaiknya tetap menjaga makan dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan. Tidak apa-apa kita mengkonsumsi menu-menu Lebaran yang umumnya memang agak tinggi kandungan kalori dan lemaknya, akan tetapi diingat untuk tidak selalu berlebihan.

Low Sugar Egg White Cheese Pudding with Sweetened Peach Topping

Untuk mengimbangi hal tersebut, pada resep sehat kali ini saya akan berbagi resep menu yang dapat Anda sajikan pada saat Lebaran. Menu ini memiliki kandungan gula dan kalori yang cukup rendah. Resep kita kali ini yaitu less sugar egg white cheese pudding with sweetened peach topping. Salah satu bahan dalam pembuatan puding yaitu agar-agar.

Agar-agar, agar atau agarosa berasal dari beberapa jenis rumput laut alga merah (red algae) seperti Gigartina dan Gracilaria. Agar-agar termasuk jenis karbohidrat komplek, memiliki kalori yang rendah dan merupakan sumber serat pangan yang baik. Agar-agar dapat ditemukan di pasaran dalam bentuk bubuk, batangan, dan lembaran. Ketiganya mengandung 100% agar-agar. Yang membedakannya yaitu cara pembuatannya. Secara umum proses ektraksi agar-agar dari rumput laut melalui beberapa tahapan yaitu 1) tahapan pencucian dan pembersihan (untuk memisahkan bahan pengotor), 2) perendaman dan pemucatan (untuk melunakkan dan menghilangkan warna), 3) pelembutan (untuk memudahkan ekstraksi), dan 4) pemasakan (proses ekstraksi). Setelah pemasakan agar-agar kemudian diproses lanjutan sesuai dengan yang diinginkan misalnya dalam bentuk bubuk, batangan atau lembaran.

Untuk membuat dalam bentuk bubuk bahan yang telah dimasak tadi kemudian melalui tahapan penyaringan, pendinginan dan pengepresan dengan kain sehingga menghasilkan lembaran-lembaran yang kemudian dikering-anginkan. Lembaran-lembaran ini kemudian dipotong-potong, digiling dan disaring.

Agar-agar batangan dan lembaran diperoleh melalui proses yang lebih panjang lagi. Setelah proses pemasakan kemudian dilakukan penyaringan dan pengepresan. Setelah itu dilanjutkan dengan pengaturan nilai pH larutan. Larutan kemudian dipanaskan kembali sampai mendidih selanjutnya dituang ke dalam cetakan dan dibiarkan menjadi dingin dan membeku. Ampas hasil pengepresan masih dapat digunakan lagi untuk membuat agar batangan. Ampas yang tidak dapat digunakan lagi digunakan sebagai makanan ternak. Proses pendinginan agar-agar dalam cetakan dilakukan selama 4-5 hari sehingga terjadi pemadatan. Kemudian agar-agar dikeluarkan dari cetakan dalam bentuk batangan. Agar batangan ini dapat dipotong-potong setebal 0,5 cm untuk menjadi agar-agar lembaran.

Nah, baik agar-agar bubuk, batangan atau lembaran semuanya sama-sama terbuat dari 100% agar-agar. Hanya saja proses pembentukan batangan dan lembaran lebih lama dibandingkan dengan bentuk bubuk. Sebelum kita membuat resep sehat ini, saya ingin mengucapkan juga:

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436 H
Taqobalallah mina wa minkum shiyamana wa shiyamakum
Mohon Maaf Lahir Batin

resep lebaran

Untuk 8 potong

Bahan

600 ml susu cair rendah lemak
1/8 sdt garam
1 bungkus (7 g) bubuk agar-agar putih
75 g keju edam (diparut)
150 g putih telur
35 g gula pasir
Manisan basah buah persik (peach) untuk topping

Cara membuat

1. Campur rata susu cair, garam dan agar-agar bubuk. Panaskan sambil diaduk dengan api kecil-sedang hingga mendidih. Masukkan keju dan panaskan kembali hingga mendidih. Angkat. Sisihkan.
2. Kocok putih telur hingga mengembang dan masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang dan kaku.
3. Masukkan rebusan puding sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu sampai tercampur rata. Tuang ke dalam loyang cetakan. Dinginkan sampai mengeras.
4. Keluarkan dari cetakan ke piring saji. Beri hiasan dengan manisan buah persik. Potong-potong. Sajikan.

Nilai gizi per potong

Kalori: 89,4 kkal
Lemak: 3,1 g
Karbohidrat: 8,7 g
Serat: 0,7 g
Protein: 6,6 g

Tips dan saran:

1. Anda dapat menggunakan agar-agar berwarna kuning agar lebih terlihat seperti keju.
2. Jika anda ingin kejunya lebih terasa, tambahkan sekitar 25g lagi dari berat di resep.
3. Anda dapat menggunakan keju cheddar jika tidak memperoleh keju edam.

BACA JUGA: Black Chocolate Egg White Pudding With Passion Fruit Sauce and Strawberry Jam

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes