Sauteed Bok Choy & Yellow Bell Pepper

Sauteed Bok Choy & Yellow Bell Pepper

Paprika atau bell pepper (Capsicum anuum) mengandung sejumlah fitonutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Terdapat lebih dari 30 senyawa karotenoid, termasuk di dalamnya likopen, alfa-karoten, kriptoxantin, beta-karotene, lutein, dan zeaxantin, dan mengandung sejumlah senyawa flavonoid seperti luteolin, hesperidin, apigenin dan quercetin, paprika layaknya seperti sebuah bahan makanan dengan sekumpulan antioksidan.

Sauteed Bok Choy & Yellow Bell Pepper

Kombinasi antioksidan dengan kandungan yang tinggi dari asam folat, vitamin A, serat pangan, vitamin E dan vitamin B6 menjadikan paprika sebagai senjata yang efektif untuk melawan kanker, penyakit kardiovaskular, gangguan mata, dan diabetes.

Pada resep sehat kali ini saya akan sedikit membahas mengenai salah satu manfaat kandungan fitonutrisi dari paprika yaitu dalam melawan kanker payudara. Dua jenis senyawa fitonutrisi yang terkandung dalam paprika yaitu apigenin dan quercetin ternyata memiliki kemampuan untuk melawan kanker payudara. Beberapa penelitian berikut memberikan hasil yang positif dari fungsi tersebut.

Apigenin adalah salah satu senyawa flavonoid yang banyak terdapat dalam paprika yaitu sebanyak 272,0 mg/kg (Miean, KH dan Mohamed S, Journal Agriculture Food Chemistry. 2001 Jun;49(6);3106-12). Apigenin pada beberapa penelitian menunjukkan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan HER2 (sel kanker payudara neu-overexpressing) dan secara umum dapat mengurangi risiko munculnya kanker payudara. Studi yang dilakukan oleh Eun-Young Kim, dkk (Nutrition Research & Practice. 2007 Autumn; 1(3): 237–242) menemukan adanya hubungan antara konsumsi paprika dan kanker payudara, dimana terlihat bahwa pasien penderita kanker payudara hanya mengkonsumsi lebih sedikit sayuran dan bijian-bijian yang kaya akan antioksidan seperti pada paprika, dibandingkan dengan subjek kontrol.

Quercetin termasuk juga dalam jenis senyawa flavonoid. Studi mengenai quercetin telah menunjukkan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan kanker payudara, usus, prostat, ovarian, endometrial, dan tumor paru-paru. Terdapat sekitar 34 mikrogram/g quercetin dalam paprika merah (Sun T, dkk., Journal Food Science.2007 Mar;72(2):S98-102). Suatu penelitian yang dilakukan secara in vitro oleh Xiao-Hui Deng, dkk yang dimuat di Experimental Therapeutic Medicine. 2013 Nov; 6(5): 1155–1158, menemukan bahwa quercetin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Penelitian yang serupa juga yang dilakukan oleh Duo J, dkk (Molecular Medicine Report. 2012 Jun;5(6):1453-6. doi: 10.3892/mmr.2012.845. Epub 2012 Mar 22) menemukan bahwa quercetin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dimana studi dilakukan secara in vivo dan in vitro. Meski demikian, penelitian mengenai manfaat quercetin masih terus dilanjutkan untuk mendapatkan hasil yang lebih valid.

Mengkonsumsi paprika tentu tidak lepas dari komponen-komponen zat gizi yang terkandung di dalamnya. Manfaat yang diperoleh pun akan lebih dari hanya sekedar melawan sel kanker payudara. Resep sehat berikut dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengolah paprika menjadi menu sehat kita.

Untuk 2-3 porsi

Bahan

200 g pak choi/sawi hijau (potong-potong menyamping)
200 g paprika kuning (potong dadu)
1 batang daun bawang (potong-potong)
2 siung bawang putih (cincang halus)
1 sdt garam
2 sdt kaldu ayam bubuk non MSG
1 sdt lada
2 sdm minyak

Cara membuat

1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan daun bawang sampai wangi.
2. Masukkan paprika. Tumis sebentar.
3. Masukkan pak choy. Aduk rata.
4. Tambahkan garam, kaldu ayam, dan lada. Aduk rata dan tumis hingga matang.
5. Angkat dan sajikan.

Nilai gizi per porsi

Kalori: 78, 4 kkal
Lemak: 6,8 g
Karbohidrat: 2,5 g
Serat:1,8 g
Protein: 1,6 g

BACA JUGA: Menikmati Lezatnya Daging Kambing dengan Aman dan Sehat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes