Seaweed: A Miracle from the Sea (Bagian 2)

Seperti yang telah kita kupas dalam artikel ‘Seaweed: A Miracle from the Sea (Bagian 1)’, rumput laut memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang diberikan rumput laut bagi kesehatan antara lain, sebagai anti kanker, peningkat sistem kekebalan tubuh, dan mencegah anemia.


Selain berguna untuk melawan penyakit, rumput laut juga memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah, sehingga tak heran jika rumput laut dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh Anda. Kandungan nutrisi yang terdapat pada rumput laut di antaranya adalah:

Vitamin
Spirulina mengandung berbagai vitamin yang lengkap, mulai dari vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Spirulina dianggap sebagai satu-satunya tumbuhan yang mengandung vitamin B kompleks terlengkap. Setiap 100 gram spirulina kering mengandung 2,4 mg vitamin B1 (thiamin) atau memenuhi 159% kebutuhan harian; 3,7 mg vitamin B2 (riboflavin) atau memenuhi 216% kebutuhan harian; 12,8 mg vitamin B3 (niacin) atau memenuhi 64% kebutuhan harian; 3,5 mg asam pantotenat (35% kebutuhan harian); 94 mcg folat (23% kebutuhan harian); serta 0,4 mg vitamin B6 (piridoksin) atau memenuhi 18% kebutuhan harian.

Peran vitamin B sangat penting dalam menunjang aktivitas tubuh. Mulai dari menghasilkan energi dan daya pikir, dibutuhkan untuk kesehatan mata, kulit, kuku, dan rambut, penting untuk sirkulasi dan fungsi normal sistem saraf, serta terlibat dalam produksi antibodi tubuh dan pembentukan asam amino.

Tiap 100 gram spirulina kering juga mengandung 25,5 mcg vitamin K (32% kebutuhan harian), yang penting untuk pembentukan protein, mengendalikan pengumpalan darah, dan menjaga kesehatan tulang.

Vitamin E yang terkandung dalam spirulina mencapai 5 mg dalam tiap 100 gram berat keringnya. Vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan, yang melindungi tubuh dari oksidan yang berbahaya, mempercepat penyembuhan luka, serta meningkatkan kesehatan kulit dan fertilititas (kesuburan). Selain itu, vitamin yang berperan sebagai antioksidan kuat, yaitu vitamin C dalam spirulina pun cukup tinggi, mencapai 10,1 mg (17% kebutuhan harian) dalam tiap 100 gram spirulina kering.

Vitamin A dalam spirulina yang mencapai 570 IU per 100 gram bahan keringnya (11% kebutuhan harian) memiliki fungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan sel-sel tubuh, dan menjaga fungsi dan kesehatan mata.
Cukupi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Harian Anda Di Sini!
Mineral
Rumput laut, terutama jenis Spirulina, merupakan sumber mineral yang baik. Tiap 100 gram spirulina kering mengandung 6,1 mg tembaga (305% kebutuhan harian); 28,5 mg zat besi (158% kebutuhan harian); 1,9 mg mangan (95% kebutuhan harian); 195 mg magnesium (49% kebutuhan harian); 1363 mg kalium (39% kebutuhan); 2 mg seng (13% kebutuhan harian); 120 mg kalsium (12% kebutuhan harian); 118 mg fosfor (12% kebutuhan harian) serta 7,2 mg selenium (10% kebutuhan harian).

Kandungan mineral-mineral dalam spirulina sangat penting untuk menunjang fungsi tubuh yang optimal. Misalnya kalsium selain membantu menjaga kesehatan tulang, juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Department of Pharmacy, University of South Carolina, Amerika Serikat, juga menyatakan bahwa mineral lain yang terkandung dalam spirulina juga memiliki peran tak kalah penting. Tubuh butuh mineral untuk pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, fungsi saraf dan sistem pembuluh darah jantung yang sehat, juga berperan sebagai koenzim untuk memungkinkan tubuh melakukan fungsinya dengan optimal.

Protein
Rumput laut pada umumnya memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, terutama spirulina. Spirulina mengandung sekitar 57% kadar protein dari berat keringnya atau 57 gram protein dalam tiap 100 gram spirulina kering. Protein dalam spirulina merupakan protein lengkap, yang mengandung semua asam amino esensial, serta merupakan salah satu sumber protein unggulan dari produk makanan nabati. Bagi Anda yang membutuhkan sumber protein nabati untuk pembentukan otot Anda, rumput laut bisa menjadi pilihan yang tepat.

Asam Lemak Esensial
Rumput laut kaya asam gamma-linolenat (GLA/Gamma-Linolenic Acid), dan juga mengandung asam alfa linolenat (ALA/Alpha-Linolenic Acid), asam linoleat (LA/Linoleic Acid), asam stearidonat (SDA/Stearidonic Acid), asam eikosapentanoat (EPA/Eicosapentaenoic Acid), asam dokosaheksanoat (DHA/Docosahexaenoic Acid), dan asam arakhidonat (AA/Arachidonic Acid). Masing-masing asam lemak esensial memiliki fungsi tersendiri, namun secara umum memiliki fungsi sebagai komponen semua tubuh, menentukan sifat-sifat biokimia dan sebagai prekursor senyawa biologis aktif.

Serat
Rumput laut merupakan salah satu sumber serat yang baik. Begitu juga dengan spirulina. Dalam tiap 100 gram spirulina kering mengandung 4 gram serat atau mencukupi sekitar 14% kebutuhan serat harian kita. Itulah sebabnya spirulina seringkali dijadikan suplemen serat dalam diet.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, maka konsumsi berbagai makanan sehat mutlak diperlukan dalam pola diet sehari-hari. Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang terkandung dalam rumput laut dan manfaat pentingnya bagi kesehatan Anda, maka jadikan rumput laut sebagai salah satu menu makanan sehat dalam diet Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes