Manfaat Ubi Jalar

Segudang Manfaat Ubi Jalar Saat Anda Memakannya

Ubi jalar atau ketela rambat atau “sweet potato” dikenal dengan nama latin Ipomoea batatas L diduga berasal dari Benua Amerika. Di Afrika, ubi jalar atau ketela rambat menjadi salah satu sumber makanan pokok yang sangat penting. Akan tetapi di Indonesia, kebanyakan orang mengonsumsinya sebagai camilan di sela-sela waktu luang.

UBI JALAR
Banyak orang yang tidak tahu bahwa ubi jalar adalah salah satu makanan lezat yang memiliki sejumlah manfaat. Ubi jalar ini memiliki beragam jenis, bentuk, dan warna yang berbeda-beda di setiap belahan dunia. Ubi jalar merupakan nutrisi yang kaya akan vitamin dan mineral. Sebaiknya Anda berpikir ulang jika memutuskan untuk tidak menyukai ubi jalar ini. Simak beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika ubi jalar tersebut Anda makan. Siapa tahu Anda akan berubah pikiran dan ingin memakannya lebih sering.
Manfaat ubi jalar yang bisa Anda dapatkan antara lain:

1. Antioksidan

Ubi jalar sangat kaya akan antioksidan. Anthocyanin dan beta karoten pada ubi jalar ungu adalah antioksidan terbaik yang dimiliki oleh ubi jalar selain dari yang ada pada buah jeruk. Anthocyanin memiliki sifat anti peradangan dan dapat membantu menangkal penyakit.

2. Mencukupi Kebutuhan Pangan Harian

Satu buah ubi jalar sedang dapat mencukupi sekitar 28% kebutuhan pangan harian Anda. Mineral yang terkandung dalam ubi jalar ini akan membantu memetabolisme karbohidrat dalam tubuh Anda. Magnesium yang terkandung dalam ubi ini juga membantu tubuh untuk menyerap nutrisi penting lebih cepat serta menjaga tulang Anda tetap sehat dan kuat.

3. Sumber Beta Karoten Terbaik

Ubi jalar merupakan sumber beta karoten terbaik. Mengonsumsi satu setengah ubi jalar berukuran besar mampu memenuhi lebih dari 200% kebutuhan harian Anda terhadap beta karoten. Seperti yang Anda ketahui bahwa beta karoten adalah nutrisi penting yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A yang membuat mata Anda sehat dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

4. Kaya Akan Quercetin

Ubi jalar banyak mengandung nutrisi, salah satunya quercetin. Quercetin merupakan nutrisi utama flavonoid yang sangat sehat dan memiliki manfaat yang luar biasa. Quercetin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi peradangan. Selain itu, quercetin berperan sebagai antihistamin yang dapat membantu memerangi alergi musiman ataupun alergi kronis.

5. Membantu Mengontrol Gula Darah

Meskipun ubi jalar mengandung karbohidrat, ubi ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda. Sejak ubi jalar diketahui dapat meningkatkan tingkat adiponektin dalam darah, ubi jalar dipercaya mampu mengubah metabolisme insulin yang dapat mengontrol kadar gula darah. Ubi jalar juga kaya akan serat yang berarti secara otomatis memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah sehingga dapat mencegah naiknya gula darah Anda.

Selain kelima manfaat ubi jalar diatas, ubi jalar ini juga kaya akan kalium dan vitamin B6. Kedua nutrisi tersebut dipercaya sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Jadi, jika Anda masih ragu untuk memakan ubi jalar ini, bisa dipastikan manfaat-manfaat yang tdai telah disebutkan tidak bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat.(mee)

BACA JUGA: Sekarang, Upgrade Nutrisi Anda Dengan Perhatikan 7 Tips Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes