Selain Mengenyangkan, Makanan ini Juga Ampuh Cegah Penyakit Jantung

Berbagai penelitian telah mengidentifikasi manfaat kacang-kacangan bagi kesehatan, terutama bagi kesehatan jantung Anda.

Selain-Mengenyangkan,-Makanan-ini-Juga-Ampuh-Cegah-Penyakit-Jantung

Kacang-kacangan mengandung asam lemak tak jenuh dan nutrisi penting lainnya. Kacang merupakan makanan ringan yang mengenyangkan. Selain murah, kacang-kacangan juga mudah disimpan dan dikonsumi kapan saja dan di mana saja.

Beberapa jenis kacang mengandung lemak baik yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kenari, almond, hazelnut, dan jenis kacang lainnya sangat mudah ditemukan dalam kemasan-kemasan yang ada di pasaran, tentunya dengan kombinasi nutrisi tambahan. Jika Anda memiliki penyakit jantung, mengonsumsi kacang bisa menjadi pola diet sehat untuk memperbaiki kesehatan jantung Anda.

Manfaat Kacang Bagi Jantung

Penelitian yang dilakukan pada orang yang makan kacang-kacangan, sebagai bagian dari diet jantung sehat, menunjukkan bahwa kacang menurunkan LDL (lemak jahat), dan kadar kolesterol dalam darah. LDL tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung, sehingga kemampuan kacang untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung Anda.

Konsumsi kacang mampu mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah sebagai penyebab serangan jantung hingga kematian mendadak. Kacang juga dapat meningkatkan kesehatan dinding arteri jantung. Itulah sebabnya banyak iklan produk kacang-kacangan yang menyebutkan bahwa “kacang baik untuk jantung”.

Kandungan Nutrisi dalam Kacang

Meskipun jenis kacang bervariasi, para ahli gizi menyebutkan setidaknya setiap jenis kacang mengandung beberapa zat yang membantu kesehatan jantung:

  • Asam Lemak Omega-3. Membantu menjaga kesehatan pembuluh darah Anda, mencegah detak jantung Anda terlalu cepat yang berbahaya dan bisa menyebabkan serangan jantung.
  • L-arginin. Zat yang membantu meningkatkan kesehatan dinding arteri jantung Anda.
  • Serat. Membantu menurunkan kolesterol dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.
  • Sterol Plant. Beberapa jenis kacang mengandung sterol, suatu zat yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol.

Berapa Porsi Kacang yang Harus Dikonsumsi?

Kacang-kacangan banyak mengandung lemak, sebanyak 80 persen dari kacang adalah lemak. Meskipun sebagian besar lemak dalam kacang adalah lemak sehat, tetapi kacang banyak mengandung kalori, ini membuat Anda harus mengontrol jumlah konsumsi kacang-kacangan.

Mengonsumsi segenggam kacang atau setara dengan 1,5 ons, atau 42,5 gram perhari, dapat menjauhkan Anda dari risiko terkena penyakit jantung.

Jenis Kacang-kacangan

Kenari adalah salah satu kacang terbaik dengan jumlah Omega-3 yang tinggi. Kacang macadamia Almond, hazelnut dan pecans adalah jenis kacang-kacangan yang juga membantu kesehatan jantung.

Perlu diingat, hindari produk yang mengkombinasikan kacang dengan coklat, gula atau garam karena akan menghilangkan manfaat kacang. Konsumsilah kacang secara terkontrol untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Berikut adalah beberapa informasi gizi pada jenis umum kacang. Semua pengukuran kandungan kalori dan lemak adalah untuk 1 ons, atau 28,4 gram kacang tawar.

Jenis Kacang Kalori Total Lemak (Jenuh/ Tak Jenuh)
Almond, mentah 163 14 g (1,1 g/12,2 g)
Almond, dipanggang kering 169 15 g (1,1 g/13,1 g)
Kacang Brazil, mentah 186 19 g (4,3 g/12,8 g)
Mete, panggang kering 163 13,1 g (2,6 g/10 g)
Chestnut, panggang 69 0,6 g (1 g / 5 g)
Hazelnut, mentah 178 17 g (1,3 g/15,2 g)
Hazelnut, kering panggang 183 17,7 g (1,3 g/15,6 g)
Kacang macadamia, mentah 204 21,5 g (3,4 g/17,1 g)
Kacang macadamia, kering panggang 204 21,6 g (3,4 g/17,2 g)
Kacang tanah, sangrai kering 166 14 g (2g/11,4 g)
Pecans, kering panggang 201 21 g (1,8 g/18,3 g)
Pistachio, panggang kering 162 13 g (1,6 g/10,8 g)
Kenari, dibelah dua 185 18,5 g (1,7 g/15,9 g)

BACA JUGA : Yuk, Turunkan Kolesterol dengan Konsumsi Lemak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes