turunkan berat badan

Selain Turunkan Berat Badan, Makanan Tinggi Serat Ampuh Lawan Penyakit Jantung

Jika ingin membentuk tubuh lean atau ramping ideal, maka memperhatikan asupan protein adalah jawabannya. Apakah sudah cukup hanya dengan protein saja? Bagaimana dengan serat?

turunkan berat badan

Pada umumnya, fitnes mania lebih sering akan terkonsentrasi pada makronutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak ketika melakukan program menurunkan berat badan atau pembentukan tubuh.

Protein biasanya identik dengan isolate vs concentrate, dan protein cepat vs lambat rilis.

Sementara karbohidrat adalah tentang indek glikemik dan karbohidrat sederhana vs karbohidrat kompleks.

Namun, tidak sedikit yang kerap melupakan salah satu nutrisi penting yang memiliki banyak manfaat bagi perkembangan goal fitnes Anda. SERAT.

Menurut Karakteristiknya, Serat Dibagi Menjadi 2 Bagian

turunkan berat badan

Serat tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan, penyerapan di usus halus, dan mengalami fermentasi di usus besar. Jenis serat dibagi menjadi dua, yaitu: [Baca Juga: Inilah Manfaat Makanan Berserat pada Metabolisme Tubuh]

1. Serat Larut (soluble fiber)

Serat larut dapat menciptakan efek probiotik dari hasil fermentasi menjadi asam lemak. Beberapa asam lemak yang dibentuk oleh fermentasi serat larut akan diserap dalam darah dan dapat digunakan sebagai energi untuk membantu pembentukan otot baru.

Salah satu asam lemak ini adalah asam butirat atau asam butanoat. Seperti dikutip dari FlexOnline, butirat ditengarai dapat memberikan manfaat metabolik seperti oksidasi lemak dan meningkatkan toleransi insulin, yang kemudian membantu membangun otot dengan presentasi lemak yang lebih rendah.

2. Serat Tidak Larut (insoluble fiber)

Jenis serat ini dapat memperlambat pengosongan perut yang mengakibatkan perasaan kenyang lebih lama, serta membantu menurunkan berat badan dengan mengorbankan lemak tubuh untuk penambahan massa otot.

Sangat Mudah Menemukan Makanan Sumber Serat

turunkan berat badan

Sumber serat terbaik adalah dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan yang menjadi sumber serat antara lain kacang-kacangan, gandum, oat, apel, kembang kol, brokoli, jagung, wortel, zucchini, dan masih banyak lagi.

>> Kacang Polong, Sumber Protein Nabati Yang Kaya Serat <<

Tidak seperti nutrisi lainnya yang dipecah menjadi lemak dan gula sederhana dalam usus (sehingga meningkatkan kadar glukosa, kadar lemak, dan tekanan darah), serat tidak dapat dipecah dalam usus.

Sudah diketahui oleh umum bahwa makanan yang mengandung serat memiliki sejumlah manfaat penting bagi tubuh. Seperti membantu menurunkan berat badan hingga membantu pembentukan otot bebas lemak.

Saat ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan rekomendasi tentang jumlah harian konsumsi serat. WHO menganjurkan bahwa kita sebaiknya mengonsumsi 20-38 gram serat per hari, tergantung dari beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas.

Apa Saja Manfaat Lain dari Serat?

turunkan berat badan

1. Menjaga Berat Badan Agar Tubuh Tetap Ideal

Ya, salah satu manfaat penting dari serat yang sudah diketahui banyak orang adalah membantu menurunkan berat badan. Serat dapat memperbesar volume makanan tanpa menambah kalori sehingga dapat menyebabkan rasa kenyang lebih lama.

2. Mengontrol Gula Darah dan Mencegah Risiko Diabetes

Selain menekan nafsu makan sehingga dapat membantu menurunkan berat badan, makanan yang kaya akan serat juga dapat membantu mengontrol gula darah. Serat dapat mengurangi tingkat glukosa dan insulin bagi para penderita diabetes serta menurunkan risiko terkena diabetes.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Serat dapat menurunkan kolesterol total (kolesterol jahat/ LDL). Dengan penurunan kadar kolesterol dalam darah, berarti hal ini akan membantu tubuh seseorang terhindar dari risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

4. Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Risiko Kanker Usus

Serat membantu memperlancar jalannya makanan dalam sistem pencernaan serta menyeimbangkan pH pencernaan serta merangsang fermentasi pencernaan untuk memproduksi asam lemak yang lebih sederhana. Sehingga, ini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker usus.

5. Mengurangi Risiko Sakit Gigi

Makanan yang manis dan berlemak dapat menyebabkan sakit gigi karena makanan tersebut sangat disukai oleh bakteri pada gigi. Dengan konsumsi makanan yang mengandung serat, akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan di gigi sehingga aman dan bebas bakteri. [Baca Juga: Manfaat Serat, Cegah Sakit Gigi hingga Jantung Koroner]

turunkan berat badan

Pada dasarnya, makanan yang mengandung serat adalah kombinasi dari serat larut dan serat tidak larut. Hanya saja, komposisi keduanya tidak seimbang. Karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sumber serat lainnya secara bijak dan seimbang.

Selain konsumsi makanan yang tinggi serat, jangan lupa imbangi dengan latihan rutin dan istirahat yang cukup untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sudahkah Anda mengonsumsi makanan berserat hari ini?

BACA JUGA: Kafein, Menambah Daya Ingat Hingga Maksimalkan Pembakaran Lemak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes