Simple Mushroom Soup

Resep sehat kali ini, kita membuat simple soup menggunakan bahan jamur-jamuran. Selain menggunakan jamur-jamur yang sering kita gunakan dalam menu-menu sehat sebelumnya, kali ini saya menggunakan salah satu jenis edible mushroom yang disebut jamur paha ayam.

Disebut begitu karena memang bentuknya menyerupai paha ayam. Jamur paha ayam mempunyai beberapa sebutan antara lain jamur eryngii, king oyster mushroom, king trumpet mushroom, french horn mushroom, dan trumpet royale.

Jamur eryngii mempunyai nama latin Pleurotus eryngii . Jamur ini berasal dari kawasan Eropa Mediterania, Timur Tengah, dan Afrika Utara, namun banyak dibudidayakan di Asia.

Jamur eryngii masih satu genus dengan jamur tiram. Jamur ini memiliki batang putih yang tebal seperti daging dan memiliki tudung yang kecil. Jamur dipanen ketika batangnya mencapai ukuran beberapa inch, tapi jamur ini dapat tumbuh mencapai ukuran panjang 6-8 inch.

Dalam penyimpanan, jamur ini dapat mengalami perubahan warna dari putih menjadi agak coklat, tetapi tidak mempengaruhi dari segi kualitasnya. Suatu studi yang dimuat di Journal Food Science and Biotechnology (2009) yang dilakukan oleh Jung-in Kim, dkk. (2007), memperlihatkan pengaruh jamur eryngii terhadap tikus yang mengkonsumsi jamur tersebut dibandingkan dengan tikus yang tidak mengkonsumsi.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa jamur ini dapat memperbaiki sensitivitas insulin, total kolesterol, tingkat trigliserida dan meningkatkan HDL darah. Penemuan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jamur eryngii dapat mengontrol hiperglikemia dan memperbaiki kolesterol buruk pada penderita diabetes.

Suatu penelitian lain yang dilakukan oleh Nozaki, dkk yang dimuat di jurnal Biochemical and Biophysical Research Communications (Vol. 373, issue 3, 2008), menunjukkan bahwa isolate ekstrak jamur eryngii yang disebut pleureryn memiliki potential aktifitas sebagai immunomodulatory (dapat memperbaiki fungsi pertahanan tubuh).

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes