lemak baik

Sumber ‘Lemak Baik’ untuk Bentuk Tubuh Lebih Baik

Bagi sebagian besar orang yang memiliki tubuh tambun, lemak adalah musuh terbesar mereka. Jika Anda juga menyalahkan lemak sebagai penyebab tubuh Anda menjadi melar, maka Anda salah. Gaya hidup Anda lah yang menyebabkan berat badan Anda menjadi naik.

Lemak Baik

Jelas, bahwa mengonsumsi lemak secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti jantung, kanker, dan stroke. Namun begitu, tubuh kita tetap memerlukan lemak. Jika lemak tubuh tak tercukupi, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Untuk itu, Anda harus dapat membedakan antara lemak baik dan lemak jahat. Seperti namanya, lemak jahat dapat menyebabkan berbagai macam penyakit bagi tubuh Anda. Sedangkan lemak baik justru dapat menjadi bermanfaat bagi tubuh Anda. Bahkan, dengan lemak baik, Anda dapat menurunkan berat badan Anda dengan cukup cepat.

Berikut ini adalah enam jenis makanan yang mengandung lemak baik bagi tubuh Anda.

1.) Alpukat

Selain manfaatnya yang biasanya digunakan untuk produk kecantikan, ternyata buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) yang baik untuk tubuh dan bisa merendahkan kadar kolestrol tubuh Anda. Bagaimana tidak, satu buah alpukat dengan ukuran sedang saja mengandung 30 gram lemak baik.

2.) Minyak Zaitun

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa minyak zaitun sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Satu sendok minyak zaitun saja mengandung 100 kalori. Minyak zaitun juga dikenal bisa mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah, dan beberapa jenis kanker. Berdasarkan penelitian menemukan, bahwa memasak minyak zaitun dan menggunakannya sebagai campuran salad dapat membuat Anda terhindar dari penyakit stroke.

3. Kacang

Kacang kenari dan almond mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Jika kenari kaya akan asam lemak omega-3, maka kacang almond kaya akan vitamin E yang bagus untuk mempertahankan kesehatan kulit Anda. Kedua kacang ini juga mempunyai kandungan lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan kacang lainnya.

4.) Telur

Banyak orang sudah tahu, bahwa telur merupakan makanan dengan sumber protein yang tinggi. Bukan pada satu telur bulat, melainkan protein tinggi terdapat pada putih telurnya. Sedangkan lemak terbanyak terdapat pada kuning telur. Itulah sebabnya, mengapa orang-orang yang sedang melakukan program diet lebih memilih telur sebagai menu makanan berprotein tinggi.

5.) Ikan

Makanan dari hasil laut merupakan sumber protein terbaik bagi tubuh Anda. Misalnya, ikan salmon, tuna, sarden dan masih banyak lagi ikan lainnya mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh Anda. Berdasarkan penelitian dari American Heart Association, manusia perlu mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan laut setiap minggunya. Hal ini untuk menutupi kekurangan asupan protein pada tubuh Anda.

6.) Mentega Kacang

Siapa yang tak suka mengolesi roti dengan mentega. Misalnya mentega kacang, yang digemari karena rasanya. Banyak manfaat jika Anda sering mengonsumsi mentega kacang. Selain mengandung protein, mentega kacang juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Namun, jika Anda hendak membeli mentega kacang, pilihlah secara cermat. Jangan sampai Anda mengambil atau mengonsumsi mentega kacang yang mengandung gula tambahan. Pilihlah mentega kacang yang mengandung sedikit bahan campuran.

Nah sudah tahu kan apa saja makanan yang mengandung lemak baik? Tetap selektif dan jangan sembarangan memilih makanan ya. Karena, tubuh bukan hanya dibentuk di gym, melainkan juga di mulut Anda. (gie)

BACA JUGA: ‘Lemak Baik’ Bisa Bantu Lawan Obesitas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes