Sumber Protein Pilihan Bagi Vegetarian

Jantung koroner, hipertensi, kanker dan diabetes merupaka penyakit yang berkaitan erat dengan berat badan. Berat badan tak terkontrol dapat terjadi akibat pola makan yang tidak sehat dan jarang berolahraga.

Itulah alasan mengapa pola diet vegetarian mulai banyak diminati dengan tujuan mengurangi risiko penyakit tersebut. Namun, pemenuhan kebutuhan protein bagi vegetarian terkadang cukup sulit, sehingga harus mengasup protein dari sumber nabati.

Protein dalam kedelai atau yang dikenal sebagai soy protein seperti yang terdapat pada susu kedelai menawarkan banyak manfaat terutama dengan kandungan antioksidannya. Mampu melindungi tubuh dari serangan kanker dan merupakan protein lengkap dengan asam amino esensial.

Kedelai telah dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kesehatannya selama berabad-abad, dan saat ini olahan kedelai menjadi susu kedelai adalah bentuk yang praktis untuk memenuhi asupan protein para vegetarian.

Terdapat 20 jenis asam amino yang diperlukan tubuh manusia. Asam amino berperan dalam pengembangan dan pemeliharaan setiap jaringan seperti otot, kulit dan jaringan tulang serta kesehatan seluruh tubuh.

Dari 20 asam amino itu, 9 di antaranya tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga disebut sebagai “asam amino esensial”, yang berarti bahwa mereka harus diperoleh melalui diet. Mungkin kita berpikir bahwa vegetarian tidak dapat memenuhi kebutuhan protein dan asam amino karena tidak mengkonsumsi sumber protein hewani. Tetapi kedelai merupakan sumber protein nabati yang berisi semua asam amino esensial dan merupakan sumber protein terbaik di antara produk-produk nabati lainnya.

Soy protein juga memiliki manfaat bagi kesehatan tidak dimiliki oleh produk protein nabati lainnya. Kedelai juga mengandung fitokimia yaitu isoflavon, seperti daidzein, genistein dan glycitein yang bertindak sebagai fitohormon untuk melindungi tubuh terhadap penyakit.

Isoflavon yang terkandung dalam kedelai juga dapat membantu mencegah gangguan terhadap fungsi otak seperti penyakit Alzheimer. Bahkan mengonsumsi susu kedelai berkualitas secara rutin dapat melindungi tubuh dari osteoporosis.

Dalam membantu program diet Anda, susu kedelai juga sangat membantu membakar lemak tubuh. Jadi, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan menerapkan pola diet vegetarian, susu kedelai dengan kualitas terbaik bisa menjadi sumber protein pilihan Anda.

BACA JUGA : Miliki Tubuh Seksi dan Bugar ala Eva Mendes

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes