Super Kebal dengan Kolostrum

Susu mengandung kolostrum diklaim lebih baik daripada susu sapi biasa. Sebenarnya apa itu kolostrum dan apa pula manfaatnya?

F

Kolostrum adalah sejenis susu berwarna kuning kental yang dikeluarkan oleh mamalia termasuk manusia saat masa akhir kehamilan hingga 24-36 jam pertama setelah melahirkan (paska-persalinan). Kolostrum merupakan cairan sangat komplek kaya protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral, serta beberapa molekul aktif.

Ada lebih dari 90 bahan bioaktif alami dalam kolostrum. Komponen utamanya dikelompokkan menjadi dua yaitu faktor imun dan faktor pertumbuhan. Kolostrum mengandung beberapa antibodi bernama immunoglobulin seperti IgA, IgG, dan IgM. Kolostrum juga mengandung berbagai faktor pertumbuhan (IGfs).

Karena kolostrum manusia tidak selalu tersedia setiap saat, maka kita bisa mendapatkannya dari sumber lain seperti dari susu sapi (bovine colostrum). Kolostrum sapi dapat ditemukan dalam berbagai macam suplemen makanan berupa susu dari whey sapi.

Ketika kita bertambah tua, terjadi penurunan produksi faktor-faktor imun untuk mencegah penyakit dan infeksi. Suplementasi dengan kolostrum dapat mengganti kurangnya produksi faktorfaktor imun ini.

Manfaat kolostrum bagi kesehatan diantaranya adalah :

  • Memberi suplai beragam nutrisi dan elemen biologis untuk berbagai kebutuhan tubuh.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh sehingga berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, antijamur dan antitoksin.
  • Memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan jaringan tubuh serta merangsang hormon pertumbuhan termasuk pertumbuhan dan proses perbaikan otot.
  • Menangkal berbagai macam penyakit dan infeksi akibat pathogen.
  • Membantu mengatasi berbagai gangguan usus dan penyakit terkait dengan kekebalan tubuh.
  • Membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.
  • Memberi sumber energi untuk meningkatkan kekuatan fisik. (aan)

BACA JUGA : Penelitian, Susu Sapi Bisa Melawan HIV

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes