Tak Hanya Protein, Tubuh juga Butuh Nutrisi Ini untuk Membangun Otot

Asupan nutrisi yang cukup merupakan salah satu syarat tercapainya hasil optimal dalam program menambah berat badan dan massa otot.

Tak-Hanya-Protein,-Tubuh-juga-Butuh-Nutrisi-Ini-untuk-Membangun-Otot

Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk membentuk otot. Pada dasarnya, zat gizi yang diperlukan tubuh terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu makronutrien dan mikronutrien.

Disebut sebagai makronutrien karena tubuh membutuhkan jenis nutrisi ini dalam jumlah besar setiap harinya, berbeda dengan mikronutrien yang dibutuhkan dalam jumlah yang jauh lebih kecil. Tanpa konsumsi kedua nutrisi tersebut dalam jumlah cukup, tubuh tidak akan mampu menambah berat badan dan membangun otot dengan baik.

Peran Makronutrien dalam Program Muscle Building

Makronutrien adalah sumber energi utama bagi tubuh dan tidak hanya bertugas untuk membantu kinerja otot, nutrisi ini juga membantu perbaikan dan pertumbuhan otot.

Makronutrien memainkan berbagai peran penting dalam pembentukan otot. Berikut ini adalah 4 makronutrien penting beserta perannya dalam program menambah berat badan dan massa otot Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Karbohidrat
Tubuh Anda menyimpan karbohidrat dalam bentuk glikogen, baik di hati maupun di jaringan otot. Glikogen adalah sumber energi utama selama Anda berlatih beban, sehingga membuat nutrisi ini menjadi salah satu nutrisi kunci dalam menambah berat badan dan massa otot Anda.

Konsumsi karbohidrat yang cukup akan memastikan tubuh Anda mendapatkan energi yang dibutuhkannya selama menjalani program latihan yang berat dan intensif.

Contoh sumber karbohidrat yang baik untuk Anda adalah buah dan sayuran (pisang, buah beri, semangka, alpukat, jeruk, apel, brokoli, bayam, lettuce, wortel, dan lain-lain) serta oatmeal, roti gandum utuh, pasta gandum, nasi merah, ataupun umbi-umbian seperti ubi jalar, singkong, dan sebagainya.

Protein
Secara langsung bertanggung jawab untuk menumbuhkan dan menjaga jaringan otot Anda. Tubuh dapat mengubah berbagai asam amino dalam protein yang Anda konsumsi menjadi jaringan otot. Mengonsumsi makanan tinggi protein yang tepat akan memastikan tubuh Anda mendapatkan semua asam amino yang dibutuhkannya untuk menjalankan proses pembentukan otot.

Contohnya adalah telur, daging sapi bagian sirloin atau ternderloin, ayam, ikan salmon, tuna, sarden, maupun protein nabati seperti kacang-kacangan, tempe, tahu, dan sebagainya.

Lemak
Selain menjadi sumber energi cadangan bagi tubuh, lemak dan asam lemak esensial juga memiliki peran sangat penting dalam sel tubuh yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot.

Lemak juga memainkan peran penting dalam produksi hormon yang Anda butuhkan untuk menumbuhkan otot. Contoh sumber lemak sehat ini bisa berupa ikan, kacang-kacangan, minyak canola, minyak zaitun, alpukat, ataupun biji-bijian.

Air
Banyak orang yang mengesampingkan fungsi nutrisi penting ini ketika menjalankan program menambah berat badan dan membentuk ototnya. Padahal air bertanggung jawab pada begitu banyak fungsi tubuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot.

Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan massa otot, kurang cairan atau dehidrasi dapat membuat pertumbuhan otot Anda terhambat.

Jadi, sangat penting untuk mengonsumsi lebih banyak air minum karena untuk menambah berat badan dan massa otot, semua kebutuhan nutrisi Anda akan meningkat, termasuk kebutuhan akan air.

Mencukupi semua nutrisi yang diperlukan tubuh secara seimbang sangat penting untuk pertumbuhan otot Anda. Selain membutuhkan makronutrien untuk pertumbuhan otot, tubuh Anda juga memerlukan mikronutrien dengan komposisi seimbang.

Mikronutrien adalah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah kecil untuk melaksanakan fungsi-fungsi fisiologis, tetapi tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh.

Peran Mikronutrien Dalam Program Muscle Building

Meskipun diperlukan oleh tubuh Anda dalam jumlah kecil, namun kekurangan mikronutrien juga akan menghambat program pembentukan otot dan peningkatan berat badan Anda. Nutrisi ini terdiri atas vitamin dan mineral. Berikut ini beberapa mikronutrien yang memiliki manfaat besar untuk memastikan tubuh Anda membentuk otot lebih optimal.

Vitamin
Sel-sel dalam tubuh kita, termasuk sel otot, bergantung pada reaksi biokimia tertentu untuk menjalankan metabolisme, pertumbuhan, dan pemeliharaan sel dengan baik. Reaksi ini sendiri pun bergantung pada vitamin tertentu untuk dapat berlangsung dengan baik. Vitamin A misalnya, selain berperan dalam kesehatan penglihatan, juga terlibat dalam produksi glikogen yang merupakan sumber energi bagi tubuh Anda.

Selain itu vitamin A juga merupakan antioksidan yang berperan untuk mempercepat recovery setelah Anda berlatih intensif. Vitamin B juga merupakan vitamin yang penting untuk produksi energi dalam tubuh. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan kuat yang penting untuk mempercepat pemulihan serta menjaga daya tahan tubuh Anda sehingga performa dan hasil latihan Anda pun akan lebih optimal.

Vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor, yang penting untuk kontraksi otot Anda. Vitamin E juga tak boleh Anda lupakan, karena selain melindungi sel tubuh Anda dari kerusakan, juga berperan dalam meningkatkan performa latihan dan mempercepat pemulihan Anda.

Mineral
Pada dasarnya ada banyak mineral yang memiliki pengaruh besar bagi otot Anda. Kalsium, kalium, fosfor, natrium, dan magnesium penting untuk kontraksi otot Anda sehingga Anda bisa berlatih dengan maksimal. Selain itu, fosfor juga membantu metabolisme energi dari protein, karbohidrat, dan lemak.

Selain itu, ada juga mineral zinc (seng) yang merupakan mineral penting untuk membantu tubuh memelihara suplai darah dengan optimal serta menjaga daya tahan tubuh. Zinc juga membantu tubuh untuk menggunakan karbohidrat, protein, dan lemak serta mempercepat recovery setelah latihan berat.

Semua nutrisi tersebut menyediakan energi bagi tubuh serta blok pembangun dari pertumbuhan otot untuk meningkatkan pertumbuhan otot Anda.

Jadi, pastikan agar pola makan Anda senantiasa terdiri dari nutrisi yang lengkap, makronutrien dan mikronutrien, dalam jumlah cukup agar Anda bisa menambah berat badan dan menumbuhkan otot bebas lemak dengan hasil yang optimal. (dan)

BACA JUGA : Kejutkan Otot & Dapatkan Perkembangan Otot Lebih Maksimal

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes