Tofu Cake with Banana

Dalam rangka Chinese New Year 2565 maka resep sehat kita kali ini akan menggunakan bahan makanan yang berasal dari negeri China yaitu tahu atau dalam bahasa Inggris disebut juga tofu atau bean curd.

Tofu-cake-with-banana

Tahu dibuat dari susu kedelai yang digumpalkan dan dipadatkan sehingga menghasilkan bentuk seperti balok yang berwarna putih. Kedelai adalah satu dari lima jenis makanan yang oleh Bangsa China dianggap sebagai bahan makanan yang keramat selain beras, gandum, barley dan millet. Meskipun istilah “tofu” berasal dari Jepang, akan tetapi tahu itu sendiri berasal dari China sekitar 2000 tahun yang lalu yang disebut “doufu”. Legenda China menyebutkan bahwa tahu merupakan penemuan dari Pangeran Liu An (179-122 BC).

Ada banyak jenis tahu yang dapat kita temui di pasaran yang secara umum dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu tahu segar dan tahu olahan. Tahu segar dapat dibagi menjadi 3 jenis utama yang dibagi menurut kadar airnnya yaitu tahu sutra, tahu padat (tahu pada umumnya), dan tahu extra padat (extra firm tofu).

Sedangkan tahu olahan contohnya yaitu tahu fermentasi (pikel tahu dan stinky tofu), flavored tofu (tahu yang memiliki rasa seperti manis dan gurih), tahu kering, tahu goreng, dan tahu beku. Pada proses pembuatan tahu dihasilkan juga hasil samping seperti tofu skin (kembang tahu) dan okara (padatan sisa hasil perasan susu kedelai).

Dalam dunia kuliner tahu dikenal juga dengan sebutan culinary chameleon (bunglon kuliner) karena memiliki citarasa yang lembut dan cenderung tawar sehingga dapat digunakan pada berbagai olahan makanan mulai dari appertizer sampai dessert bahkan juga untuk membuat snack. Pada resep kali ini saya akan menggunakan tahu sutra (soft/smooth/silken tofu) untuk membuat cake sebagai bahan untuk menggantikan sebagian lemak (mentega).

Tahu memiliki citarasa yang tidak kuat sehingga tidak mempengaruhi citarasa cake yang dibuat. Tahu sutra berbeda dengan tahu padat. Tahu sutra dibuat dengan cara menggumpalkan protein kedelai tapi tanpa melalui proses pemadatan. Tahu sutra yang dipasarkan umumnya memiliki dua jenis tekstur yaitu “soft” dan “firm”. Kedua jenis ini dapat kita gunakan pada resep ini.

Tahu sutra memiliki kandungan gizi yang sangat baik, rendah lemak dan sodium. Dalam 100 g tahu sutra terkandung kalori sebanyak 55 kkal, karbohidrat 2,9 g, protein 4,8 g, lemak 2,7 g (74% nya adalah lemak tak jenuh) dan sodium 5 mg.

Tahu secara umum merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik karena memiliki susunan asam amino esensial yang lengkap. Dalam 172 g tahu reguler (padat) memiliki kandungan protein yang setara dengan ½ dada ayam. Sehat bukan? Yuk sekarang kita bikin cake sehat untuk merayakan Tahun Baru China 2565. Saya juga ingin mengucapkan bagi merayakannya:

Selamat Tahun Baru China 2565

Gong Xi Fat Cai
May good health, peace, prosperity, happines, and longetivity be with you and great success in making better & greater things happen.

Untuk 16 potong

Bahan
250 g soft tofu (tahu sutra)
200 g pisang
250 g tepung terigu
1 butir telur
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue
75 g butter
½ sdt garam
150 g gula
1 sdt vanila
Almon, choco chip, atau muesli untuk topping

  1. Campurkan semua bahan (tahu sutra, pisang, terigu, telur, baking powder, soda kue, butter, garam, gula dan vanila)
  2. Kocok menggunakan mixer kecepatan tinggi selama kurang lebih 2-3 menit.
  3. Masukkan dalam cetakan yang telah dialasi dengan kertas roti/anti lengket dan diolesi sedikit minyak.
  4. Beri topping sesuai selera.
  5. Panggang pada suhu 180oC selama kurang lebih 45 menit.

Nilai gizi per potong

Kalori: 157 kkal
Lemak: 5,9 g
Karbohidrat: 22,9 g
Serat: 1 g
Protein: 3,2 g

Tips dan saran

  1. Buah pisang dapat anda gantikan dengan buah jenis lainnya untuk mendapatkan citarasa yang berbeda seperti nangka, cempedak, sukun matang, buah naga (dragon fruit) atau bahkan pepaya.
  2. Gula pasir dapat anda gantikan dengan gula palem.

BACA JUGA : Cauliflower & Spinnach Saute with Oyster Sauce

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes