manfaat warna buah dan sayuran

Warna Buah & Sayuran bisa Tentukan Manfaat Sehatnya

Warna merupakan salah satu faktor yang dapat memikat mata. Hal ini juga berlaku pada buah dan sayuran yang memiliki beraneka ragam warna memikat yang sedap di pandang.

manfaat warna buah dan sayuran

Ternyata keanekaragaman warna pada sayur dan buah-buahan tersebut bisa memberikan informasi tentang kandungan gizi yang terkandung didalamnya.

Merah Tua dan Ungu

Buah dan sayuran berwarna merah tua atau cenderung ungu umumnya mengandung anthocyanin. Sejenis antioksidan yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.
manfaat sayuran dan buah berwarna merah tua dan ungu bisa Anda dapatkan dari bluberi, plum, prem, anggur, terung, apel merah, kol ungu, pir merah dan cabai.

Hijau

Warna hijau dari sayuran dan buah-buahan ini sebagian besar didapatkan dari kandungan klorofil yang tersimpan didalamnya. Klorofil bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker, meningkatkan jumlah dan kualitas sel darah merah, nfl jerseys ranked custom 2 membantu membersihkan racun dari dalam tubuh, mengurangi efek buruk dari polusi dan membantu melancarkan pencernaan.

Tidak hanya kaya akan klorofil, sayuran dan buah-buahan berwarna hijau juga diperkaya dengan magnesium, lutein dan zat besi. Magnesium berperan penting sebagai pengaktif enzim yang bekerja dalam proses metabolisme glukosa dalam tubuh.
Lutein merupakan jenis karotenoid yang mampu menjaga kesehatan mata dari risiko katarak. Sedangkan zat besi merupakan komponen pembentukan hemoglobin, metabolisme energi dan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

Merah

Warna merah mengindikasikan kandungan anthocyanin dan likopen. Anthocyanin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kamunduran fisik dan mental supaya Anda tidak mudah pikun.

Selain itu, likopen juga mencegah bermacam-macam penyakit kanker. Sedangkan warna merah pada sayuran menandakan bahwa sayuran tersebut mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai anti kanker.

Segala manfaat buah dan sayuran berwarna merah bisa Anda dapatkan dari semangka, nfl jerseys reddit for sale near me stroberi, tomat, jambu merah, bayam merah, cabai, paprika dan lain sebagainya.

Oranye dan Kuning

Buah berwarna oranye dan semua buah-buahan yang memiliki daging buah berwarna jingga atau orange kaya akan betakaroten. Dalam tubuh manusia betakaroten berfungsi menghambat proses penuaan dan meremajakan sel-sel tubuh.

Selain itu, betakaroten akan diubah menjadi Vitamin A di dalam tubuh. Bukan rahasia umum jika vitamin A adalah vitamin yang paling banyak dicari saat dihubungkan dengan kesehatan mata. Vitamin A menjaga kesehatan mata dengan cara melindungi retina dari cahaya yang ditransfer menjadi tanda-tanda saraf di retina.

Vitamin A juga membantu mengendalikan sistem kekebalan tubuh melalui limfosit, yakni sel darah putih yang melawan infeksi agar berfungsi lebih baik. Beberapa karotenoid juga terbukti berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan selanjutnya meningkatkan sistem daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Nah, michael kors ava kors ankle boots sekarang kita tahu bahwa warna pada sayuran dan buah-buahan tidak hanya sedap dipandang, tetapi memberikan manfaat kesehatan yang begitu besar bagi kesehatan. (dan)

BACA JUGA : Ingin Bebas Sakit Jantung? Makan Buah Belimbing

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes