Yuk Bikin Sandwich untuk Diet. Ini Komposisinya!

Bosan dengan menu makan siang Anda? Cobalah pilihan menarik ini, sandwich. Kami akan beritahukan bahannya, beberkan manfaatnya, dan Anda bisa membuat sandwich sendiri untuk dijadikan bekal makan siang yang lezat dan mendukung program diet Anda.

membuat sandwich sehat

Roti Gandum

Dialah raja dari segala roti tawar. Roti ini sepenuhunya terbuat dari tepung gandum. Dibandingkan roti tawar putih, roti gandum mengandung serat hampir 4 kali lipat, zat seng 3 kali lipat dan zat besi 2 kali lipat.
Roti gandum mengandung karbohidrat komplek yang bersifat lambat cerna. Artinya, makanan ini akan membuat perut Anda kenyang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

Mengonsumsi roti gandum dapat membantu tubuh mengontrol gula darah serta membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Roti gandum mengandung banyak serat, Sehingga proses penyerapan oleh usus tidak semudah seperti halnya roti putih, nasi, atau gula.

Jumlah kalori dalam roti gandum tergolong kecil, sehingga tidak akan mengganggu program diet. Roti gandum mengandung kadar gula yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh. Dan dipercaya dapat menekan keinginan untuk ngemil.

Tapi perlu anda ketahui juga, dengan menjadikan roti gandum sebagai menu diet, bukan berarti tubuh anda tidak memerlukan nutrisi lainnya sepertiu vitamin, protein, dan mineral. Untuk itu, agar kebutuhan tubuh akan nutrisi tersebut terpenuhi, anda bisa memadukan roti gandum dengan roti putih yang ditambahkan selai kacang atau buah-buahan.

Tuna

Rendah lemak, tinggi protein, dan kaya asam lemak Omega 3, fakta yang tidak perlu dikritik lagi dari tuna. nfl jerseys reddit for sale near me Jika Anda memilih tuna kalengan yang direndam dalam minyak nabati, Anda memang mendapat rasa yang lebih gurih, tapi Anda harus menebusnya dengan kalori ekstra.

Nah, agar lebih aman bagi diet Anda, sebaiknya pilih tuna segar agar Anda terbebas dari kalori tambahan.
Dilihat dari komposisi gizinya, tuna mempunyai nilai gizi yang sangat luar biasa. Kadar protein pada ikan tuna hampir dua kali kadar protein pada telur yang selama ini dikenal sebagai sumber protein utama. Kadar protein per 100 gram ikan tuna dan telur masing-masing 22 g dan 13 g.

Ikan tuna juga kaya berbagai mineral penting yang esensial bagi tubuh. Kandungan iodium pada ikan tuna mencapai 28 kali kandungan iodium pada ikan air tawar. Iodium sangat berperan penting untuk mencegah penyakit gondok dan meningkatkan kecerdasan anak. Selain itu, ikan tuna juga kaya akan selenium.

Konsumsi 100 gram ikan tuna cukup untuk memenuhi 52,9 persen kebutuhan tubuh akan selenium. Selenium mempunyai peran penting di dalam tubuh, yaitu mengaktifkan enzim antioksidan glutathione peroxidase. Enzim ini dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab berbagai jenis kanker.

Dada Ayam

Pilihan tepat bagi Anda yang ingin membentuk otot. Kandungan proteinnya baik untuk merangsang pertumbuhan otot. Dada ayam mengandung 19 jenis protein dan asam amino yang tinggi. Protein inilah yang dibutuhkan untuk membangun dan memulihkan sel otot.

Daging dada ayam juga punya kadar lemak yang lebih rendah dibanding daging paha ayam. Itu berarti dia pas dikonsumsi oleh Anda yang ingin mendapat otot maksimal.

Dibanding daging sapi, dada ayam lebih bebas lemak sehingga Anda bisa mengonsumsinya tanpa khawatir menimbun lemak.

Selada

Kita semua tahu, sepiring penuh selada tidak akan membuat Anda melonggarkan ikat pinggang. Semua jenis selada rendah kandungan kalorinya. Daun selada mendandung antioksidan penghancur kanker dan serat, kecuali jenis selada iceberg yang kandungan antioksidan dan seratnya jauh lebih rendah.

Selada merupakan sayuran yang kaya akan vitamin. Selada segar mengandung banyak vitamin A dan beta karoten. Vitamin A membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit dan juga penglihatan Anda.

Selada mengandung zeaxanthin yang memiliki sifat antioksidan. Zat ini selain mampu mencegah penuaan dini juga mampu mencegah penyakit katarak. ugg outlet australia auckland Selain itu, kandungan flavonid di dalamnya mampu menghindarkan Anda dari serangan kanker paru-paru dan kanker mulut.

Bahkan, kandungan vitamin K di dalamnya mampu memperkuat tulang karena vitamin K akan meningkatkan produktivitas hormon osteotrophic dalam tulang yang mampu mencegah osteoporosis. Vitamin K juga mampu mencegah kerusakan otak neuronal dan mencegah penyakit alzheimer.

Tomat

Satu sajian tomat mentah (sekitar 150 gram) mengandung vitamin A, C, K, folat, dan kalium. Tomat secara alami rendah akan sodium, lemak jenuh, kolesterol, dan kalori. Tomat juga mengandung tiamin, niasin, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan tembaga, di mana semua kandungan tersebut sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Selain itu, seporsi tomat menyediakan 2 gram serat, yang merupakan 7 persen dari jumlah asupan serat harian yang disarankan. Tomat juga memiliki kandungan air yang relatif tinggi.

Kompleksitas nutrisi membantu Anda menstabilkan tekanan darah. Fakta lain, tomat membantu Anda menangkal kanker.
Beta-karoten yang terkandung dalam buah tomat (juga ditemukan pada wortel dan ubi jalar), membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Buah tomat juga mengandung likopen, di mana senyawa ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, penyebab utama garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Taburan Keju

Keju merupakan hasil olahan susu. Dan ternyata kandungan gizi keju lebih tinggi dari susu. Karena tahap pemadatan dan fermentasi dalam proses pembuatan keju meningkatkan nilai gizi keju. Contoh, kandungan protein pada 100 gram keju rata-rata 22, nfl jerseys reddit for sale near me 8 gram, sedangkan dalam 100 gram susu segar hanya mengandung 3,2 gram protein. Dan, pada 100 gram keju terdapat 777 mg kalsium, sementara pada susu segar hanya sekitar 143 mg.

Keju juga mengandung karbohidrat, lemak, zat besi, vitamin A, seng, magnesium, selenium, dan fosfor yang cukup tinggi. Kandungan mineral keju baik untuk melindungi gigi dari pengeroposan, serta sebagai antioksidan. Keju juga meningkatkan produksi air liur yang dapat menghilangkan asam dan gula dan sebagai antibakteri dalam mulut.

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet rendah lemak bisa memilih keju rendah lemak. Walaupun sebagian orang berpendapat keju rendah lemak kurang gurih, unsur gizinya tetap tinggi. Jadi, tak ada salahnya Anda mengonsumsi keju yang bisa dikombinasikan dengan hidangan favorit Anda sebagai pengganti susu segar. (dan)

BACA JUGA : 7 HARI BEBASKAN TUBUH DARI RACUN

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes