Yuk, Turunkan Kolesterol dengan Konsumsi Lemak

Saat ini masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa lemak adalah salah satu nutrisi yang harus dihindari jika ingin hidup sehat.

Yuk,-Turunkan-Kolesterol-dengan-Konsumsi-Lemak

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, mengingat berbagai gangguan kesehatan seringkali terjadi akibat tingginya kadar lemak dalam tubuh. Nah, tingginya kadar lemak dalam tubuh biasanya dipengaruhi kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak tinggi.

Tidak Semua Lemak itu Jahat

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ternyata tidak semua lemak bisa merugikan kesehatan. Secara umum lemak terbagi menjadi tiga jenis, yaitu lemak jenuh, lemak tidak jenuh, dan lemak trans. Masing-masing memiliki struktur kimia dan bentuk yang berbeda.

Lemak jenuh dan lemak trans adalah lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah yang mengakibatkan plak dan sumbatan pada pembuluh darah. Jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama, monster beats studio wireless by dre maka bisa memicu penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, hingga stroke.

Sedangkan lemak tidak jenuh dikenal sebagai lemak baik karena bersifat menguntungkan bagi kesehatan. Menurut para ahli lemak jenis ini dapat meningkatkan antibodi pada tubuh, menurunkan kolesterol jahat LDL, dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Manfaat lain yang bisa didapat dengan mengonsumsi lemak sehat antara lain:

  • Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)
  • Meningkatkan Kadar (HDL) Kolesterol Baik Dalam Tubuh
  • Mencegah Penyakit Jantung
  • Mencegah Hipertensi
  • Menjaga Kesehatan Mata
  • Melindungi Tubuh Terhadap Radikal Bebas
  • Meningkatkan Fungsi Otak
  • Membantu Mengendalikan Berat Badan

Sumber Lemak Sehat yang Wajib Dikonsumsi

Berikut ini beberapa makanan sumber lemak sehat yang perlu dimasukkan ke dalam diet Anda untuk membantu menurunkan kolesterol Anda:

Ikan
Jenis-jenis ikan berlemak yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, dan sarden. Ikan-ikan ini memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang sangat tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya.

Jenis lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah, juga membantu menurunkan kolesterol darah. Untuk itu disarankan untuk memasukkan jenis ikan ini dalam menu Anda. monster beats amazon australia

Kacang-kacangan
Kacang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jika dimasukkan sebagai bagian dari menu makan sehari-hari Anda. Lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah jenis lemak tak jenuh, sehingga dapat membantu Anda mengurangi kadar kolesterol tubuh.

Almond, kacang mete, kacang tanah, dan hazelnut merupakan sumber yang baik dari jenis lemak tak jenuh tunggal. Sedangkan walnut mengandung lemak tak jenuh ganda dan Omega-3 yang cukup tinggi.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan memiliki dampak positif pada penurunan tingkat kolesterol.

Gunakan minyak zaitun saat memasak, hindari penggunaan mentega atau minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh. Saat menggunakan minyak zitun, nfl-jerseys-at-walmart-aliexpress tuangkan melalui sendok, jangan langsung menuang dari botol agar Anda tahu seberapa banyak minyak yang Anda gunakan.

Oleh karena itu, jangan menganggap semua lemak itu jahat dan merugikan kesehatan. Pilihlah sumber lemak sehat terbaik untuk menjaga kesehatan Anda. Think smart, eat smart. (dan)

BACA JUGA : Teh Vs Kopi, Mana yang Lebih Baik?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes