Otak yang Menakjubkan Butuh Nutrisi yang Menakjubkan

Otak manusia merupakan salah satu organ yang memiliki kemampuan menakjubkan. Otak mengambil banyak peranan sebagai pusat pengendali seluruh aktivitas tubuh.

nutrisi-untuk-otak

Berat keseluruhan otak manusia dewasa tidak lebih dari 1,5 kg (atau hanya 1300-1400 gram) dengan sel-sel (neuron) mencapai 100 miliar hingga 1 triliun. Berat otak hanya sekitar 2,5 persen dari berat keseluruhan manusia, namun 25 persen pasokan makanan harus dialihkan ke otak.

Nah, agar fungsi otak Anda selalu berada pada tingkat terbaik, nutrisi inilah yang wajib Anda penuhi:

Lemak yang cerdas

Disebut dengan asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 untuk menjaga kecerdasan otak,termasuk asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Menurut penelitian, DHA dapat memperbaiki penglihatan dan perkembangan fungsi-fungsi syaraf kognitif. Asam lemak ini bisa didapatkan dari minyak ikan,tuna, sarden, kacang mete, kacang merah, kacang tanah, dan biji bunga matahari.

Asthaxanthin

Berasal dari udang,kerang, dan kepiting. Astaxanthin ini adalah flavonoid yang pertama kali diekstrak dari sumber yang bukan tumbuhan atau alga. Mengandung phospholipid yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi penting untuk otak.

Zat Hidrat Arang

Menyebabkan otak melepaskan serotonin, zatkimia yang akan meningkatkan kesehatan otak melalui stimulasi kenyamanan dan ketenangan. Zat hidrat arang banyak didapatkan dari nasi, pasta, dan kentang.

Lesitin

Kuning telur mengandung lesitin yang dianggap penting sebagai makanan otak, berfungsi untuk daya ingat dan konsentrasi. Tetapi ingat, batasi konsumsi kuning telur karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Asam Amino Tryptophan

Merupakan prekursor melatonin (hormon perangsang tidur), serotonin (transmiter pada sistem saraf), dan niasin (suatu vitamin). Tryptophan dapat diperoleh dari ayam kalkun dan susu.

Mineral Fe

Berfungsi meningkatkan jumlah sel darah merah dalam darah, sehingga suplai oksigen ke otak juga akan maksimal. Mineral Fe bisa didapatkan dari kacang merah dan bayam merah.

Vitamin

Vitamin C mampu menyerap zat besi untukpeningkatan asupan oksigen dalam otak. Juga sebagai penghasil serotonin dan dopamine yang meningkatkan tenaga mental. Vitamin B mampu memperbaiki fungsi-fungsi kognitif. Vitamin D dan E membuat perasaan lebih antusias, terinspirasi,tidak mudah lupa, dan lebih waspada. Semua vitamin ini bisa didapatkan dari konsumsi buah-buahan, sayur mayur, kacang-kacangan, susu, hati, ikan, dan telur.

Kafein

Membantu meningkatkan konsentrasi, fokus, dan tidakmudah lelah. Bisa didapatkan dari kopi dan teh hijau.

Ginko biloba

Ekstrak dari pohon Gymnospermus (tumbuhanberbiji terbuka) berfungsi meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan.

Suplemen makanan

Suplemen makanan sudah mengandung nutrisi spesifik untuk otak secara lengkap dalam jumlah besar,sehingga membantu dalam setiap fungsi organ-organ vital dan kerja sistem tubuh. (dan)

BACA JUGA : ZMA TINGKATKAN KEKUATAN OTOT 2,5 KALI LIPAT

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes