air kencing

Panggil Dokter Jika Air Kencing Anda Seperti Ini!

Ketika Anda memasuki toilet, pernahkan Anda memperhatikan bagaimana warna dan bau itu terlihat? Jika belum pernah, inilah saat yang tepat untuk memulainya. Hal ini sangat disarankan karena warna, bau, dan tingkat konsentrat dari urin Anda bisa menjadi pertanda apa yang sedang terjadi dalam tubuh Anda. Inilah ke tujuh tanda yang wajib Anda waspadai pada urin Anda:

Kencing

1. Urin Memiliki Aroma Yang Manis

Terjadinya hal ini tidak ada hubungannya dengan kebiasaan makan Anda. Menurut spesialis kesehatan dan kontributor medis di New York, Holly Philips, MD, kencing berbau manis merupakan sebuah tanda penting dalam diagnosis diabetes. Dan bagi orang-orang yang tahu bahwa mereka menderita diabetes, bau manis dapat menunjukkan bahwa kadar gula darah mereka tidak di dapat dikontrol sebagaimana mestinya.

2. Urin Berwarna Keruh

Jika urin Anda berwarna keruh, hal ini bisa mengindikasikan bahwa Anda mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Kekeruhan pada urin ini berasal dari ekskresi bakteri dan leukosit, yang merupakan sel-sel yang melawan infeksi. Bahkan jika Anda sedang merasa sehat dan tidak menunjukkan gejala ISK, malah hal ini bisa menjadi satu-satunya tanda bahwa infeksi telah mengakar.

3. Urin Berwarna Kemerahan Atau Merah Muda

Hal ini bisa saja terjadi karena warna merah makanan yang Anda makan. Namun, warna merah ini juga bisa mengindikasikan pertanda tidak baik. Warna merah urin Anda bisa menjadi gejala infeksi saluran kemih, batu ginjal, atau kanker ginjal.

4. Urin Berbau Busuk

Urin memanglah tidak semestinya berbau seperti bunga mawar, tetapi jika urin Anda berbau busuk, maka anggaplah bahwa urin Anda sedang memperingatkan bahwa Anda sedang mengalami infeksi penyakit yang serius.

5. Terasa Sakit Saat Kencing

Menyengat atau merasa sakit saat buang air kecil dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau PMS pada wanita seperti klamidia atau gonore.

6. Merasa Ingin Terus-terusan Buang Air Kecil

Hal ini adalah tanda klasik dari infeksi saluran kemih, yang menyebabkan lapisan kandung kemih dan uretra menjadi meradang dan teriritasi. Karena inilah, Anda akan merasa terus-terusan ingin buang air kecil. Hal ini juga bisa menjadi gejala dari interstitial cystitis, sebuah kondisi yang sulit untuk mendiagnosa yang menghasilkan tekanan kandung kemih yang kronis.

7. Buang Air Kecil Lebih Sering Dari Biasanya

Hal ini menandakan bahwa Anda mungkin sedang hamil. Hal ini merupakan tanda awal yang dipicu oleh perubahan hormon yang mempercepat aliran darah dari ginjal. Jika Anda tidak hamil, mungkin hal ini bisa terjadi karena konsumsi alkohol atau minuman berkafein. Namun jika Anda tidak mengonsumsi minuman tersebut, segera periksakan ke dokter Anda karena bisa hal ini bisa menjadi pertanda diabetes atau tumor.

Nah, sudah tahu kapan Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda? Selalu jaga kesehatan Anda dengan tetap berolahraga dan menjaga pola hidup dan pola makan Anda. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: 6 Makanan Peningkat Sistem Kekebalan Tubuh

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes